RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMPN Satap 1 Babakanmindi
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 2
Standar Kompetensi : 7.
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan inter-personal lisan
pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 7.1 Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional ( to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan
Alokasi Waktu : 2 x
40 menit
1. Tujuan
Pembelajaran
Pada
akhir pembelajaran, peserta didik mampu :
· Merespon ungkapan
kesantunan
· Mengidentifikasi makna
ungkapan kesantunan
· Melakukan perintah
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2. Materi
Pembelajaran
· Contoh ungkapan kesantunan
·
Contoh ungkapan melakukan perintah
3. Metode
Pembelajaran : Three-Phase Technique
4. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang expressions politeness)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang manfaat expressions politeness)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti
§
Eksplorasi
F Peserta didik membaca dialog yang di dalamnya terdapat expressions politeness dengan tekun dan teliti.
F Peserta didik
dengan bimbingan guru membahas isi dialog dan menentukan politeness yang terdapat dalam dialog tersebut.
§
Elaborasi
F Peserta didik merespon dialog rumpang yang diberikan
guru dengan cara melengkapinya menggunakan expressions
politeness.
F Peserta didik mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru.
§
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang melengkapi dialog rumpang
yang telah dilakukannya.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada
pertemuan yang akan datang, yaitu merespons expressions
giving news.
5. Sumber
belajar
·
Priyana, dkk.
2008. Scaffolding English for Junior High
School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade IX Junior
High School. Bandung : Disdik Jabar
·
Script
percakapan yang memuat expressions politeness.
6. Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
·
Merespon ungkapan kesantunan
·
Mengidentifikasi makna ungkapan kesantunan
·
Melakukan perintah
|
Tes lisan
Tes tulis
Tes tulis
Unjuk kerja
|
Uraian singkat
Pilihan Ganda
Melengkapi
percakapan
Benar/salah
Uji Petik melakukan perintah guru
|
Who are
involved in the conversation?
Choose the
right answer/response
for the
following question/state
ment
Fill in the
blank spaces with the right expressions
State
whether the following statement is True or False .
Would you
mind opening the door please?
|
Pedoman Penilaian
Nilai Peserta didik = 

Mengetahui,
Kepala
SMPN Satap 1 Babakanmindi,
Abdul
Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP 19630305 198602 1 005
|
|
Curugkembar, Januari 2016
Guru
Mata Pelajaran,
Dadan
Suandi, S.Pd.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
: SMPN Satap 1 Babakanmindi
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 2
Standar Kompetensi : 7 Memahami makna
dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan
pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 7.2 Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur memberi berita yang
menarik perhatian, dan memberi komentar terhadap berita
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
1. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu :
·
merespon ungkapan memberi
berita yang menarik perhatian.
·
merespon ungkapan memberi komentar terhadap berita
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2. Materi
Pembelajaran
Ø Contoh ungkapan memberi berita yang menarik perhatian.
Expressions
to tell interesting news
1. Guess
what!
2.
Surprise!
3.
Funnily enough…
4.
Normally …
5.
Believe it or not, …
Responding
to interesting news or information
1. You
know what? The story is really interesting.
2.
Excellent!
3. How
great!
4. Wow,
I can’t believe it.
5. This
is the most marvelous news I’ve ever read, Sir/Ma’am
6. I
believed that news is really interest you much, Sir/Ma’am
Ø
Contoh ungkapan memberi komentar terhadap berita
Andi : I got 10 for the English test
Indra : Really ?? That’s fantastic!
3. Metode
Pembelajaran: Three-Phase Technique
4. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang ungkapan memberi berita yang menarik perhatian dan memberi komentar terhadap berita)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang manfaat ungkapan memberi berita yang menarik perhatian dan memberi komentar terhadap berita)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti
§
Eksplorasi
F Peserta didik membaca dialog yang di dalamnya terdapat ungkapan memberi berita
yang menarik perhatian dan memberi komentar terhadap
berita dengan tekun dan teliti.
F Peserta didik
dengan bimbingan guru membahas isi dialog dan menentukan ungkapan memberi berita
yang menarik perhatian dan memberi komentar terhadap
berita yang terdapat dalam dialog tersebut.
§
Elaborasi
F Peserta didik merespon dialog rumpang yang diberikan
guru dengan cara melengkapinya menggunakan ungkapan memberi berita yang
menarik perhatian dan memberi komentar terhadap
berita.
F Peserta didik mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru.
§
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang melengkapi dialog rumpang
yang telah dilakukannya.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada
pertemuan yang akan datang, yaitu iklan dan surat pribadi.
5. Sumber belajar
·
Priyana, dkk.
2008. Scaffolding English for Junior High
School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade IX Junior
High School. Bandung : Disdik Jabar
·
Script
percakapan yang memuat ungkapan memberi berita yang menarik perhatian dan memberi komentar terhadap berita
6. Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
·
Merespon ungkapan memberi berita yang menarik perhatian
·
Merespon ungkapan memberi komentar
terhadap berita
|
Tes Lisan
Tes Tulis
|
Merespon ungkapan
Melengkapi
|
Listen to
the statement and give your response.
Listen to
the conversation and complete the blank spaces.
|
Pedoman Penilaian
Nilai Peserta didik = 

Mengetahui,
Kepala
SMPN Satap 1 Babakanmindi,
Abdul
Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP 19630305 198602 1 005
|
|
Curugkembar, 2016
Guru
Mata Pelajaran,
Dadan
Suandi, S.Pd.
|
.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMPN Satap 1 Babakanmindi
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX(Sembilan) / 2
Standar Kompetensi : 8. Memahami
makna dalam teks lisan fungsional dan
monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi
dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 8.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan
fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2 xpertemuan )
1. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Pada
akhir pembelajaran, peserta didik mampu:
- Mengidentifikasi makna dalam teks lisan fungsional pendek (iklan)
- Mengidentifikasi ciri-ciri kebahasaan iklan
- Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek (iklan)
Pertemuan Kedua
Pada
akhir pembelajaran, peserta didik mampu:
- Mengidentifikasi makna dalam teks lisan fungsional pendek (surat pribadi)
- Mengidentifikasi ciri-ciri kebahasaan iklan
- Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek (surat pribadi)
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2. Materi
Pembelajaran
·
Advertisement (iklan)
·
Personal letter (surat
pribadi)
3. Metode
Pembelajaran: Three-Phase Technique
4. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan pertama
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang advertisement)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang manfaat advertisement)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti
§
Eksplorasi
F Peserta didik membaca teks funsional pendek berbentuk advertisement dengan tekun dan teliti.
§
Elaborasi
F Peserta didik mengidentifikasi makna dalam teks lisan fungsional
pendek (iklan/ advertisement).
F Peserta didik mengidentifikasi ciri-ciri kebahasaan iklan/ advertisement
F Peserta didik mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks
fungsional pendek (iklan/ advertisement).
§
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang advertisement.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada
pertemuan yang akan datang, yaitu surat pribadi.
Pertemuan kedua
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang personal letter)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang manfaat personal letter)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti
§
Eksplorasi
F Peserta didik membaca teks funsional pendek berbentuk personal letter dengan tekun dan teliti.
§
Elaborasi
F Peserta didik mengidentifikasi makna dalam teks lisan fungsional
pendek (surat pribadi/ personal letter).
F Peserta didik mengidentifikasi ciri-ciri kebahasaan surat pribadi/ personal
letter
F Peserta didik mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks
fungsional pendek (surat pribad/ personal letter).
§
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang personal letter.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada
pertemuan yang akan datang, yaitu teks monolog berbentuk narrative.
5. Sumber belajar
·
Priyana, dkk.
2008. Scaffolding English for Junior High
School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk. 2009.
English in Focus for Grade IX Junior High
School. Bandung : Disdik Jabar
·
Advertisement and
personal letter
6. Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
1. Mengidentifikasi makna
dalam teks lisan fungsional pendek (iklan dan surat pribadi)
2. Mengidentifikasi
ciri-ciri kebahasaan iklan dan surat pribadi
3. Mengidentifikasi
berbagai informasi dalam teks fungsional pendek (iklan dan surat pribadi)
|
Tes Tulis
Tes Tulis
Tes Tulis
|
Jawaban singkat
Uraian
Pilihan ganda
|
Listen to
the text, answer the questions.
What is characteristic of advertisement
and personal letter?
Listen to
the text and choose the right answer
|
Pedoman Penilaian
Nilai Peserta didik = 

Mengetahui,
Kepala
SMPN Satap 1 Babakanmindi,
Abdul
Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP 19630305 198602 1 005
|
|
Curugkembar, 2016
Guru
Mata Pelajaran,
Dadan
Suandi, S.Pd.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMPN Satap 1 Babakanmindi
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 8. Memahami
makna dalam teks lisan fungsional dan
monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi
dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 8.2 Merespon makna
yang terdapat dalam monolog
pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2 x pertemuan )
1. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Pada
akhir pembelajaran, peserta didik mampu:
· Mengidentifikasi makna
dalam teks monolog berbentuk narrative/report
· Mengidentifikasi tujuan
komunikatif dan langkah retorika teks monolog berbentuk narrative/report
Pertemuan Kedua
Pada
akhir pembelajaran, peserta didik mampu:
· Mengidentifikasi ciri
kebahasaan teks narrative/report
· Mengidentifikasi
berbagai informasi dalam teks monolog berbentuk narative/report
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
2. Materi
Pembelajaran
Teks monolog berbentuk narative/report
·
Tujuan
komunikatif
·
Langkah retorika
·
Ciri kebahasaan
3. Metode
Pembelajaran: Three-Phase Technique
4. Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan pertama
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang narrative/report text)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang manfaat narrative/report text)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti
§
Eksplorasi
F Peserta didik membaca narrative/report text dengan tekun dan teliti.
§
Elaborasi
F Peserta didik mengidentifikasi ciri kebahasaan teks narrative/report
F Peserta didik mengidentifikasi tujuan komunikatif dan langkah
retorika teks monolog berbentuk narrative/report
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang tujuan komunikatif dan
langkah retorika teks monolog berbentuk narrative/report.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada
pertemuan yang akan datang, yaitu ciri kebahasaan teks monolog berbentuk
narrative/report.
Pertemuan kedua
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang narrative/report text)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang manfaat narrative/report text)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti
§
Eksplorasi
F Peserta didik membaca narrative/report text dengan tekun dan teliti.
§
Elaborasi
F Peserta didik mengidentifikasi makna dalam teks monolog berbentuk narrative/report
F Peserta didik mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks monolog berbentuk narative/report
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang ciri
kebahasaan dan informasi yang terdapat teks monolog berbentuk narrative/report.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada
pertemuan yang akan datang, yaitu expressions politeness.
5. Sumber belajar
·
Priyana, dkk.
2008. Scaffolding English for Junior High
School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade IX Junior
High School. Bandung : Disdik Jabar
·
Narrative and
report text
6. Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
1. Mengidentifikasi makna
dalam teks monolog berbentuk narrative/report
2. Mengidentifikasi tujuan
komunikatif dan langkah retorika teks monolog berbentuk narrative/report
3. Mengidentifikasi ciri
kebahasaan teks narrative/report
4. Mengidentifikasi
berbagai informasi dalam teks monolog berbentuk narative/report
|
Tes lisan
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Pertanyaan
Uraian
Uraian singkat
Melengkapi rumpang
|
1.Answer
the questions orally
2.What
is communicative purpose and generic structure of narrative/report text?
3.Mention
all the
verbs in the text!
4. Complete
the following sentences based on the text
|
Pedoman Penilaian
Nilai Peserta didik = 

Mengetahui,
Kepala
SMPN Satap 1 Babakanmindi,
Abdul
Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP 19630305 198602 1 005
|
|
Curugkembar, 2016
Guru
Mata Pelajaran,
Dadan
Suandi, S.Pd.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMPN Satap 1 Babakanmindi
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 2
Standar Kompetensi : 9. Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal dan monolog pendek sederhana berbentuk
narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 9.1 Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
1. Tujuan
Pembelajaran
Pada
akhir pembelajaran, peserta didik mampu bertanya dan menjawab tentang mengungkapkan
kesantunan
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2. Materi
Pembelajaran
Expressions
politeness
3. Metode
Pembelajaran: Three-Phase Technique
4. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang membuat dialog pendek yang di dalamnya
memuat expressions politeness)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang cara membuat dialog pendek yang di dalamnya memuat expressions politeness)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
F Peserta didik membaca contoh-contoh dialog yang di dalamnya terdapat expressions politeness dengan tekun dan teliti.
§
Elaborasi
F Peserta didik secara berpasangan membuat dialog sesuai ilustari yang di dalamnya terdapat expressions politeness.
§
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang membuat dialog yang telah
dilakukannya.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada
pertemuan yang akan datang, yaitu membuat dialog tentang expressions memberi berita yang menarik perhatian.
5. Sumber
belajar
·
Priyana, dkk. 2008.
Scaffolding English for Junior High
School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
· Wardiman, dkk. 2009. English in Focus for Grade IX Junior High School. Bandung : Disdik Jabar.
· Script percakapan yang memuat expressions politeness
6. Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
· Bertanya dan menjawab
tentang mengungkapkan kesantunan
|
Unjuk Kerja
|
Uji Petik
Bermain Peran
|
Create
a dialogue based
on the situation given
|
Pedoman Penilaian
Nilai Peserta didik = 

Mengetahui,
Kepala
SMPN Satap 1 Babakanmindi,
Abdul
Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP 19630305 198602 1 005
|
|
Curugkembar, 2016
Guru
Mata Pelajaran,
Dadan
Suandi, S.Pd.
|
.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMPN Satap 1 Babakanmindi
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 2
Standar Kompetensi : 9. Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal dan monolog pendek sederhana berbentuk
narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 9.2 Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
yang melibatkan tindak tutur: memberi berita yang menarik perhatian dan memberi
komentar terhadap berita
lokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2 x pertemuan )
1. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Pada
akhir pembelajaran, peserta didik mampu bertanya dan menjawab tentang memberi berita yang
menarik perhatian
Pertemuan Kedua
Pada
akhir pembelajaran, peserta didik mampu bertanya dan menjawab tentang memberi komentar
terhadap berita
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2. Materi
Pembelajaran
Contoh
dialog
tentang memberi berita yang menarik perhatian dan memberi komentar terhadap berita
3. Metode
Pembelajaran: Three-Phase Technique
4. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan pertama
Kegiatan
Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang membuat dialog pendek yang di dalamnya
memuat expressions memberi
berita yang menarik perhatian)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang cara membuat dialog pendek yang di dalamnya memuat expressions memberi berita yang menarik perhatian
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
F Peserta didik membaca contoh-contoh dialog yang di dalamnya terdapat expressions memberi berita yang menarik perhatian dengan tekun dan teliti.
§
Elaborasi
F Peserta didik secara berpasangan membuat dialog sesuai ilustari yang di dalamnya terdapat expressions memberi berita yang menarik perhatian.
§
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang membuat dialog yang telah
dilakukannya.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada
pertemuan yang akan datang, yaitu membuat dialog tentang expressions memberi komentar terhadap berita.
Pertemuan kedua
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang membuat dialog pendek yang di dalamnya
memuat expressions memberi komentar terhadap berita)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang cara membuat dialog pendek yang di dalamnya memuat expressions memberi komentar terhadap
berita)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
F Peserta didik membaca contoh-contoh dialog yang di dalamnya terdapat expressions memberi komentar terhadap
berita dengan tekun dan teliti.
§
Elaborasi
F Peserta didik secara berpasangan membuat dialog sesuai ilustrasi yang di dalamnya terdapat expressions memberi komentar terhadap berita.
§
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang membuat dialog yang telah
dilakukannya.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada
pertemuan yang akan datang, yaitu schedule dan labels.
5. Sumber
belajar
·
Priyana, dkk. 2008.
Scaffolding English for Junior High
School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
· Wardiman, dkk. 2009. English in Focus for Grade IX Junior High School. Bandung : Disdik Jabar.
· Script percakapan yang memuat expressions memberi
berita yang menarik perhatian dan memberi
komentar terhadap berita
6. Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
· Bertanya dan menjawab
tentang memberi berita yang menarik perhatian
· Bertanya dan menjawab
tentang memberi komentar terhadap berita
|
Tes Lisan
Tes Lisan
|
Bermain peran
Bermain peran
|
Create a
dialogue based on the role cards and perform it in front of the class.
Create a
dialogue based on the role cards and perform it in front of the class.
|
Pedoman Penilaian
Nilai Peserta didik = 

Mengetahui,
Kepala
SMPN Satap 1 Babakanmindi,
Abdul
Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP 19630305 198602 1 005
|
|
Curugkembar, 2016
Guru
Mata Pelajaran,
Dadan
Suandi, S.Pd.
|
.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMPN Satap 1 Babakanmindi
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 2
Standar Kompetensi : 10. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog
pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 10.1 Mengungkapkan makna dalam teks lisan
fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
1. Tujuan
Pembelajaran
Pada
akhir pembelajaran, peserta didik mampu:
- Mengungkapkan jadwal kegiatan (schedule)
- Mengungkapkan berbagai informasi terkait labels dan jadwal (schedule)
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
2. Materi
Pembelajaran
Schedule dan Labels
3. Metode
Pembelajaran: Three-Phase Technique
4. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang informasi yang terdapat dalam schedule dan labels)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang cara menentukan informasi yang terdapat dalam schedule dan labels)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
F Peserta didik membaca contoh schedule
dan labels dengan tekun dan
teliti.
§
Elaborasi
F Peserta didik mengungkapkan jadwal
kegiatan (schedule).
F Peserta didik mengungkapkan berbagai
informasi terkait labels dan jadwal (schedule)
§
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang informasi
yang terdapat dalam labels dan jadwal (schedule)
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada
pertemuan yang akan datang, yaitu melakukan
monolog dalam bentuk narrative.
5. Sumber
belajar
·
Priyana, dkk. 2008.
Scaffolding English for Junior High
School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
· Wardiman, dkk. 2009. English in Focus for Grade IX Junior High School. Bandung : Disdik Jabar.
· Schedule dan
labels
6. Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
1.
Mengungkapkan
jadwal kegiatan
2.
Mengungkapkan
berbagai informasi
terkait label dan
jadwal
|
Unjuk Kerja
Unjuk Kerja
|
Uji Petik
Berbicara
Uji Petik
Berbicara
|
1. Mention the
schedule of your class on Monday
2. Tell Us about
the labels of certain product
|
Pedoman Penilaian
Nilai Peserta didik = 

Mengetahui,
Kepala
SMPN Satap 1 Babakanmindi,
Abdul
Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP 19630305 198602 1 005
|
|
Curugkembar, 2016
Guru
Mata Pelajaran,
Dadan
Suandi, S.Pd.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMPN Satap 1 Babakanmindi
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 2
Standar Kompetensi : 10. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog
pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 10.2 Mengungkapkan makna dalam monolog
pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar,
dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari berbentuk
narrative dan report
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2 x pertemuan )
1. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu melakukan monolog singkat
dalam bentuk narrative/report
Pertemuan Kedua
Pada akhir
pembelajaran, peserta didik mampu menceritakan
kembali teks naratif yang dibaca
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2. Materi
Pembelajaran
Teks
narrative/report
3. Metode
Pembelajaran: Three-Phase Technique
4. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan pertama
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang monolog)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang manfaat monolog
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
F Peserta didik mendengarkan pembacaan narrative/report text secara monolog yang dilakukan oleh guru atau
seorang siswa dengan tekun.
F Peserta didik membahas pembacaan monolog tersebut.
§
Elaborasi
F Peserta didik melakukan monolog dalam bentuk narrative/report
sesuai dengan ilustrasi yang disampaikan guru.
§
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang monolog
yang telah dilakukannya.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada
pertemuan yang akan datang, yaitu menceritakan kembali teks narrative/report
yang telah dibaca.
Pertemuan kedua
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang menceritakan kembali teks narrative/report)
F Motivasi (Peserta didik
diberi masukan tentang menceritakan kembali teks narrative/report)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
F Peserta didik membaca teks narrative/report
dengan tekun dan teliti.
§
Elaborasi
F Peserta didik menceritakan kembali teks narrative/report yang telah dibacanya.
§
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang isi
teks narrative/report.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada
pertemuan yang akan datang, yaitu schedule dan labels.
5. Sumber
belajar
·
Priyana, dkk. 2008.
Scaffolding English for Junior High
School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade IX Junior
High School. Bandung : Disdik Jabar
·
Teks narrative/report
6. Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
1. Melakukan monolog singkat dalam bentuk narrative/report
2. Menceritakan
kembali teks naratif yang dibaca
|
Unjuk kerja
Unjuk kerja
|
Performance
Uji Petik
menceritakan kembali
|
1. Report a certain kind of plants or
animals
orally
2.Read the
story
and retell it
|
Pedoman Penilaian
Nilai Peserta didik = 

Mengetahui,
Kepala
SMPN Satap 1 Babakanmindi,
Abdul
Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP 19630305 198602 1 005
|
|
Curugkembar, 2016
Guru
Mata Pelajaran,
Dadan
Suandi, S.Pd.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMPN Satap 1 Babakanmindi
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 2
Standar Kompetensi : 11. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek
sederhana berbentuk narrative dan report
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 11.1 Membaca nyaring bermakna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk narrative dan
report dengan ucapan, tekanan dan
intonasi yang berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
1. Tujuan
Pembelajaran
Pada
akhir pembelajaran, peserta didik mampu membaca nyaring dan bermakna teks fungsional pendek
berbentuk schedule dan labels
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2. Materi
Pembelajaran
Teks fungsional pendek berbentuk schedule dan labels
3. Metode
Pembelajaran: Three-Phase Technique
4. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang teks fungsional pendek berbentuk schedule dan labels)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran manfaat teks fungsional pendek berbentuk schedule dan labels)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
F Peserta didik mencermati teks fungsional pendek berbentuk schedule dan labels dengan tekun dan teliti.
§
Elaborasi
F Peserta didik mampu membaca nyaring dan bermakna teks
fungsional pendek berbentuk schedule dan labels
§
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang makna
teks
fungsional pendek berbentuk schedule dan labels.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada
pertemuan yang akan datang, yaitu mengidentifikasi informasi yang terdapat
dalam teks
fungsional pendek berbentuk schedule dan labels.
5. Sumber
belajar
·
Priyana, dkk. 2008.
Scaffolding English for Junior High
School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade IX Junior
High School. Bandung : Disdik Jabar
·
Teks fungsional pendek berbentuk schedule dan labels
6. Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
Membaca nyaring dan bermakna teks fungsional
pendek berbentuk schedule dan labels
|
Tes Lisan
|
Membaca nyaring
|
Read the
text aloud
|
Pedoman Penilaian
Nilai Peserta didik = 

Mengetahui,
Kepala
SMPN Satap 1 Babakanmindi,
Abdul
Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP 19630305 198602 1 005
|
|
Curugkembar, 2016
Guru
Mata Pelajaran,
Dadan
Suandi, S.Pd.
|
.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMPN Satap 1 Babakanmindi
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 2
Standar Kompetensi : 11. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek
sederhana berbentuk narrative dan report
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 11.2 Merespon makna dalam teks tulis
fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
1. Tujuan
Pembelajaran
Pada
akhir pembelajaran, peserta didik mampu :
·
mengidentifikasi makna
dalam teks fungsional pendek berbentuk schedules dan labels
·
mengidentifikasi berbagai
informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk schedule dan
labels
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2. Materi
Pembelajaran
Teks fungsional pendek berbentuk schedule dan
labels
3. Metode
Pembelajaran: Three-Phase Technique
4. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang teks fungsional pendek
berbentuk schedule dan
labels)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran manfaat teks fungsional pendek
berbentuk schedule dan
labels)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
F Peserta didik membaca teks fungsional pendek berbentuk schedule dan
labels dengan tekun dan teliti.
§
Elaborasi
F Peserta didik mengidentifikasi makna dalam teks fungsional pendek
berbentuk schedule dan
labels.
F Peserta didik mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk schedule dan
labels.
§
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang makna dan informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk schedule dan
labels.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada
pertemuan yang akan datang, yaitu teks narrative/report..
5. Sumber
belajar
·
Priyana, dkk. 2008.
Scaffolding English for Junior High
School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade IX Junior
High School. Bandung : Disdik Jabar
·
Teks fungsional pendek berbentuk schedule dan
labels
6. Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
·
Mengidentifikasi makna dalam teks fungsional pendek
schedules, dan surat labels
·
Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek
-
Schedule
-
Labels
|
Tes Tulis
Tes Tulis
|
Uraian
Pilihan ganda
|
Answer the
questions based on the text.
Choose the
best answer based on the text
|
Pedoman Penilaian
Nilai Peserta didik = 

Mengetahui,
Kepala
SMPN Satap 1 Babakanmindi,
Abdul
Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP 19630305 198602 1 005
|
|
Curugkembar, 2016
Guru
Mata Pelajaran,
Dadan
Suandi, S.Pd.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMPN Satap 1 Babakanmindi
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 2
Standar Kompetensi : 11. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek
sederhana berbentuk narrative dan report
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 11.3 Merespon makna dan langkah
retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative
dan report
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
1. Tujuan
Pembelajaran
Pada
akhir pembelajaran, peserta didik mampu :
·
mengidentifikasi makna
dalam teks monolog berbentuk narrative
and report.
·
mengidentifikasi berbagai
informasi dalam teks monolog berbentuk narrative and report.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2. Materi
Pembelajaran
Teks monolog berbentuk narrative and report
3. Metode
Pembelajaran: Three-Phase Technique
4. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang teks monolog berbentuk narrative and report)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran manfaat teks monolog berbentuk narrative and report)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
F Peserta didik membaca teks monolog berbentuk narrative and report dengan
tekun dan teliti.
§
Elaborasi
F Peserta didik mengidentifikasi makna dalam teks monolog berbentuk narrative and report.
F Peserta didik mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks monolog berbentuk narrative and report
§
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang makna dan informasi dalam teks monolog berbentuk narrative and report .
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada
pertemuan yang akan datang, yaitu membaca nyaring teks narrative/report.
5. Sumber
belajar
·
Priyana, dkk. 2008.
Scaffolding English for Junior High
School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade IX Junior
High School. Bandung : Disdik Jabar
·
Teks monolog berbentuk narrative and report
6. Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
·
Mengidentifikasi makna dalam teks monolog berbentuk narrative and report.
·
Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks monolog berbentuk narrative and report.
|
Tes Tulis
Tes Tulis
|
Uraian
Pilihan ganda
|
Answer the
questions based on the text.
Choose the
best answer based on the text
|
Pedoman Penilaian
Nilai Peserta didik = 

Mengetahui,
Kepala
SMPN Satap 1 Babakanmindi,
Abdul
Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP 19630305 198602 1 005
|
|
Curugkembar, 2016
Guru
Mata Pelajaran,
Dadan
Suandi, S.Pd.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMPN Satap 1 Babakanmindi
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 2
Standar Kompetensi : 11. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek
sederhana berbentuk narrative dan report
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 11.4 Membaca nyaring
bermakna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk narrative dan
report dengan ucapan, tekanan dan
intonasi yang berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
1. Tujuan
Pembelajaran
Pada
akhir pembelajaran, peserta didik mampu:
·
membaca nyaring dan
bermakna teks monolog berbentuk narrative/report
·
mengidentifikasi berbagai
informasi dalam teks monolog berbentuk narrative/report
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2. Materi
Pembelajaran
Teks monolog berbentuk narrative/report
3. Metode
Pembelajaran : Three Phase Technique
4. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang teks narrative/report)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran manfaat teks narrative/report)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
F Peserta didik membaca nyaring teks narrative/report dengan tekun dan teliti.
§
Elaborasi
F Peserta didik mengidentifikasi informasi yang terdapat
dalam teks monolog berbentuk narrative/report.
§
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang informasi
yang terdapat pada teks narrative/report.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada
pertemuan yang akan datang, yaitu menulis teks fungsional pendek berbentuk
labels.
5. Sumber
belajar
·
Priyana, dkk. 2008.
Scaffolding English for Junior High
School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade IX Junior
High School. Bandung : Disdik Jabar
·
Teks narrative/report
5. Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
1.Membaca
nyaring dan bermakna teks monolog berbentuk ; narrative/ report
2.Mengidentifikasi berbagai
informasi dalam teks monolog
|
Unjuk kerja
Tes tulis
|
Uji petik kerja
Uraian
singkat
|
Read the
text loudy
Give short
answers !
|
Pedoman Penilaian
Nilai Peserta didik = 

Mengetahui,
Kepala
SMPN Satap 1 Babakanmindi,
Abdul
Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP 19630305 198602 1 005
|
|
Curugkembar, 2016
Guru
Mata Pelajaran,
Dadan
Suandi, S.Pd.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMPN Satap 1 Babakanmindi
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 2
Standar Kompetensi : 12 Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional dan
esei pendek sederhana berbentuk
narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 12.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk
teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
1. Tujuan
Pembelajaran
Pada
akhir pembelajaran, peserta didik mampu:
§ Menulis kalimat-kalimat
sederhana.
§ Menulis teks fungsional
pendek berbentuk jadwal dan labels
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2. Materi
Pembelajaran
Teks
fungsional pendek berbentuk schedule
dan labels
3. Metode
Pembelajaran: Three-Phase Technique
4. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang schedule dan
labels)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran manfaat schedule dan
labels)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
F Peserta didik membaca contoh schedule dan labels dengan tekun dan
teliti.
§
Elaborasi
F Peserta didik menulis kalimat-kalimat sederhana tentang schedule
dan labels.
F Peserta didik menulis schedule dan labels sesuai
ilustrasi yang diberikan.
§
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang menulis
schedule dan labels yang telah dilakukannya.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada
pertemuan yang akan datang, yaitu menulis teks narrative/report.
5. Sumber
belajar
·
Priyana, dkk. 2008.
Scaffolding English for Junior High
School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade IX Junior
High School. Bandung : Disdik Jabar
·
Schedule dan
labels
6. Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§ Menulis kalimat-kalimat
sederhana.
§ Menulis teks fungsional
pendek berbentuk jadwal dan labels
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Uraian
Uraian
|
Write a
schedule based on the text given
Write label
of a certain product
|
Pedoman Penilaian
Nilai Peserta didik = 

Mengetahui,
Kepala
SMPN Satap 1 Babakanmindi,
Abdul
Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP 19630305 198602 1 005
|
|
Curugkembar, 2016
Guru
Mata Pelajaran,
Dadan
Suandi, S.Pd.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
sekolah : SMPN Satap 1
Babakanmindi
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 2
Standar Kompetensi : 12. Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional dan
esei pendek sederhana berbentuk
narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar :12.2
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative
dan report
Alokasi Waktu : 10 x 40 menit ( 5 x pertemuan )
1. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pada akhir pembelajaran, peserta didik
mampu menulis kalimat-kalimat deskripsi yang sederhana berbentuk narrative/report
Pertemuan kedua
Pada akhir pembelajaran, peserta didik
mampu menyusun kalimat acak menjadi
teks essay berbentuk narrative
Pertemuan
ketiga
Pada akhir pembelajaran, peserta didik
mampu menyusun kalimat acak menjadi
teks essay berbentuk report.
Pertemuan
keempat
Pada
akhir pembelajaran, peserta didik mampu menulis teks essay berbentuk narrative
Pertemuan
kelima
Pada
akhir pembelajaran, peserta didik mampu menulis teks essay berbentuk report
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
2. Materi
Pembelajaran
Ø Narrative text
Ø Report text
3. Metode
Pembelajaran: Three-Phase Technique
4. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan pertama
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang menulis kalimat-kalimat
deskripsi yang sederhana berbentuk narrative/report)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang cara menulis kalimat-kalimat
deskripsi yang sederhana berbentuk narrative/report)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
F Peserta didik membaca contoh-contoh kalimat-kalimat deskripsi yang sederhana berbentuk narrative/report dengan tekun dan teliti.
§
Elaborasi
F Peserta didik menulis kalimat-kalimat deskripsi yang sederhana berbentuk narrative/report.
F Peserta didik mengumpulkan hasil kerjanya.
§
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang contoh kalimat-kalimat deskripsi
sederhana berbentuk narrative/report yang tepat.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada
pertemuan yang akan datang, yaitu menyusun kalimat acak menjadi teks essay berbentuk narrative.
Pertemuan kedua
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang menyusun kalimat acak menjadi teks essay berbentuk narrative)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang cara menyusun kalimat acak menjadi teks essay berbentuk narrative)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
F Peserta didik membaca kalimat-kalimat yang diberikan guru untuk disusun menjadi teks essay berbentuk narrative dengan tekun dan teliti.
F Peserta didik mengartikan kalimat-kalimat tersebut.
§
Elaborasi
F Peserta didik menyusun kalimat-kalimat acak menjadi
teks essay berbentuk narrative dengan runtut dan
jelas.
F Peserta didik mengumpulkan hasil kerjanya.
§
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang susunan
kalimat lengkap berbentuk teks essay berbentuk
narrative yang sebelumnya
diacak.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada
pertemuan yang akan datang, yaitu menyusun kalimat acak menjadi teks report.
Pertemuan ketiga
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang menyusun kalimat acak menjadi teks essay berbentuk report)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang cara menyusun kalimat acak menjadi teks essay berbentuk report)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
F Peserta didik membaca kalimat-kalimat yang diberikan guru untuk disusun menjadi teks essay berbentuk report dengan tekun dan teliti.
F Peserta didik mengartikan kalimat-kalimat tersebut.
§
Elaborasi
F Peserta didik menyusun kalimat-kalimat acak menjadi
teks essay berbentuk report dengan runtut dan jelas.
F Peserta didik mengumpulkan hasil kerjanya.
§
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang susunan
kalimat lengkap berbentuk teks essay berbentuk report yang sebelumnya diacak.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada
pertemuan yang akan datang, yaitu menulis teks essay berbentuk
narrative.
Pertemuan keempat
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang narrative
text)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang cara menulis narrative
text)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
F Peserta didik membaca contoh narrative
text dengan tekun dan teliti.
F Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang narrative text yang telah dibacanya.
F Peserta didik mendengarkan informasi dari guru tentang inti cerita/ilustrasi yang
akan ditulis menjadi narrative text.
§
Elaborasi
F Peserta didik menulis narrative text berdasarkan
ilustrasi/inti cerita yang telah disampaikan guru dengan runtut dan jelas.
F Peserta didik mengumpulkan hasil kerjanya.
§
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru menulis narrative text yang telah dilakukannya.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada
pertemuan yang akan datang, yaitu menulis teks essay berbentuk teks report.
Pertemuan kelima
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang teks
report)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang cara menulis teks
report)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
F Peserta didik membaca contoh teks
report dengan tekun dan teliti.
F Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang teks report yang telah dibacanya.
F Peserta didik mendengarkan informasi dari guru tentang inti cerita/ilustrasi yang
akan ditulis menjadi teks report.
§
Elaborasi
F Peserta didik menulis teks report berdasarkan ilustrasi/inti
cerita yang telah disampaikan guru dengan runtut dan jelas.
F Peserta didik mengumpulkan hasil kerjanya.
§
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru menulis teks report yang telah dilakukannya.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada
pertemuan yang akan datang, yaitu menulis teks essai dalam bentuk teks
report.
5. Sumber
belajar
o
Priyana, dkk. 2008.
Scaffolding English for Junior High School
Students Grade IX Jakarta : Depdiknas
o
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade IX Junior
High School. Bandung : Disdik Jabar
o
Narrative text
and report
6. Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
·
Menulis kalimat-kalimat desripsi yang sederhana
·
Menyusun kalimat acak menjadi teks essay berbentuk narrative/report
·
Menulis teks essay
berbentuk narrative/report
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Uraian
Jumbled
sentences
Essay bebas
|
Write sentences about teks essay
berbentuk narrative/report
Rearrange
the following sentences into a good
paragraph!
Write a
report about a certain animal or plant!
Write a
simple short story in your words.
|
Pedoman Penilaian
Nilai Peserta didik = 

Mengetahui,
Kepala
SMPN Satap 1 Babakanmindi,
Abdul
Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP 19630305 198602 1 005
|
|
Curugkembar, 2016
Guru
Mata Pelajaran,
Dadan
Suandi, S.Pd.
|
Comments
Post a Comment