Skip to main content

SILABUS KTSP BAHASA INGGRIS KELAS IX SMT 2


Silabus


Nama Sekolah                       : SMPN Satap 1 Babakanmindi
Mata Pelajaran                    : Bahasa Inggris
Kelas /Semester                    : IX (Sembilan )2 (Dua)

Standar Kompetensi : Mendengarkan
7.       Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan  pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
7.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan


Ungkapan kesantunan dan perintah

1        Membaca dialog  yang di dalamnya terdapat ungkapan kesantunan dan perintah
2        Merespon ungkapan kesantunan
3        Mengidentifikasi makna ungkapan kesantunan
4        Melakukan perintah

·         Merespon ungkapan kesantunan




·         Mengidentifikasi makna ungkapan kesantunan



·         Melakukan perintah

Tes lisan

Tes tulis



Tes tulis




Unjuk kerja
Uraian singkat

Pilihan Ganda



Melengkapi
percakapan
Benar/salah


 Uji Petik melakukan perintah guru
Who are involved in the conversation?
Choose the right answer/response for the following question/state
ment
Fill in the blank spaces with the right expressions

State whether the following statement is True or False .
Would you mind opening the door please?
2 x 40
·       Priyana, dkk. 2008. Scaffolding English for Junior High School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·       Wardiman, dkk. 2009. English in Focus for Grade IX Junior High School. Bandung : Disdik Jabar
·       Script percakapan yang memuat ungkapan kesantunan dan perintah
v  Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )





7.2    Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur memberi berita yang menarik perhatian, dan memberi komentar terhadap berita
 Ungkapan memberi berita yang menarik perhatian

Ungkapan memberi komentar tentang berita

1.       Membaca dialog  dialog yang di dalamnya terdapat ungkapan memberi berita yang menarik perhatian dan ungkapan memberi komentar tentang berita
2.       Merespon ungkapan memberi berita yang menarik perhatian
3.       Merespon ungkapan memberi komentar terhadap berita
·         Merespon ungkapan memberi berita yang menarik perhatian

·         Merespon ungkapan memberi komentar terhadap berita
Tes Lisan



Tes Tulis

Merespon ungkapan


Melengkapi
Listen to the statement and give your response.


Listen to the conversation and complete the blank spaces.
2 x 40
·       Priyana, dkk. 2008. Scaffolding English for Junior High School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·       Wardiman, dkk. 2009. English in Focus for Grade IX Junior High School. Bandung : Disdik Jabar
·       Script percakapan yang memuat ungkapan memberi berita yang menarik perhatian dan Ungkapan memberi komentar tentang berita
v  Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )






Standar Kompetensi : Mendengarkan
8.       Memahami makna   dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
8.1    Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

Teks fungsional pendek berbentuk
advertisement and personal letter



1.       Membaca teks fungsional pendek berbentuk advertisement and personal letter
2.       Mengidentifikasi makna dalam teks lisan fungsional pendek (iklan dan surat pribadi)
3.       Mengidentifikasi ciri-ciri kebahasaan iklan dan surat pribadi
4.       Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek (iklan dan surat pribadi)
·      Mengidentifikasi makna dalam teks lisan fungsional pendek (iklan dan surat pribadi)
·      Mengidentifikasi ciri-ciri kebahasaan iklan dan surat pribadi
·      Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek (iklan dan surat pribadi)
Tes Tulis



Tes Tulis


Tes Tulis

Jawaban singkat


Uraian


Pilihan ganda


Listen to the text, answer the questions.


What is characteristic of advertisement and personal letter?

Listen to the text and choose the right answer
4 x 40
·       Priyana, dkk. 2008. Scaffolding English for Junior High School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·       Wardiman, dkk. 2009. English in Focus for Grade IX Junior High School. Bandung : Disdik Jabar
·       Teks fungsional pendek berbentuk advertisement and personal letter

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )





8.2. Merespon makna  yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report   
Teks monolog berbentuk narrative/report
·         Tujuan komunikatif  
·         Langkah retorika
·         Ciri-ciri kebahasaan
1.       Membaca teks monolog berbentuk narrative/report
2.       Mengidentifikasi makna dalam teks monolog berbentuk narrative/report
3.       Mengidentifikasi tujuan komunikatif dan langkah retorika teks monolog berbentuk narrative/report
4.       Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks narrative/report
5.       Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks monolog berbentuk narative/report
·         Mengidentifikasi makna dalam teks monolog berbentuk narrative/report
·         Mengidentifikasi tujuan komunikatif dan langkah retorika teks monolog berbentuk narrative/report
·         Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks narrative/report
·         Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks monolog berbentuk narative/report

Tes lisan



Tes tulis



Tes tulis


Tes tulis
Pertanyaan



Uraian



Uraian singkat


Melengkapi rumpang
1.Answer the questions orally



2.What is communicative purpose and generic structure of narrative/report text?

3.Mention all the
   verbs in the text!

4. Complete the  following sentences based on the text
4x40
·       Priyana, dkk. 2008. Scaffolding English for Junior High School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·       Wardiman, dkk. 2009. English in Focus for Grade IX Junior High School. Bandung : Disdik Jabar
·       Teks narrative/report

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )





 

Standar Kompetensi : Berbicara
9.       Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dan monolog pendek sederhana berbentuk  narrative dan report untuk berinteraksi dalam
 konteks kehidupan  sehari-hari
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
9.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan
    Percakapan 
    memuat ungkapan
    kesantunan,
    contoh:
A.       Could you please ...?
B.      With pleasure.


1.         Membaca contoh-contoh dialog yang di dalamnya terdapat ungkapan kesantunan
2.         Bertanya dan menjawab menggunakan ungkapan kesantuanan berdasarkan situasi yang sebenarnya

·   Bertanya dan menjawab tentang mengungkapkan kesantunan
Unjuk Kerja


Uji Petik Bermain Peran
Create a    dialogue based on the situation    given

2 x 40
·       Priyana, dkk. 2008. Scaffolding English for Junior High School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·       Wardiman, dkk. 2009. English in Focus for Grade IX Junior High School. Bandung : Disdik Jabar
·       Script percakapan yang memuat ungkapan kesantunan
v  Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )





9.2.Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: memberi berita yang menarik perhatian dan memberi komentar terhadap berita

1. Ungkapan  
memberi berita yang menarik perhatian, contoh:
A.       Guess what! I’ve got hot news!
B.       Please tell me. What is it?

2. Ungkapan memberi komentar tentang berita
B.       I got 10 for the English test
C.      Really ?? That’s fantastic!
1.       Membaca contoh-contoh dialog yang di dalamnya terdapat ungkapan memberi berita yang menarik perhatian dan memberi komentar tentang berita
2.       Bermain peran/ bertanya jawab menggunakan ungkapan memberi berita yang menarik perhatian dan memberi komentar tentang berita berdasarkan situasi yang sebenarnya
·   Bertanya dan menjawab tentang memberi berita yang menarik perhatian
·   Bertanya dan menjawab tentang memberi komentar terhadap berita

Tes Lisan




Tes Lisan

Bermain peran



Bermain peran
Create a dialogue based on the role cards and perform it in front of the class.

Create a dialogue based on the role cards and perform it in front of the class.
4 x 40
·       Priyana, dkk. 2008. Scaffolding English for Junior High School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·       Wardiman, dkk. 2009. English in Focus for Grade IX Junior High School. Bandung : Disdik Jabar
·       Script percakapan yang memuat ungkapan memberi berita yang menarik perhatian dan Ungkapan memberi komentar tentang berita
v  Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )










Standar Kompetensi : Berbicara
10.    Mengungkapkan makna  dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
  sehari-hari
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
10.1.Mengungkapkan makna dalam  teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

Teks fungsional
Pendek berbentuk schedules dan labels

1.    Mendengarkan/ membaca  contoh-contoh teks schedules dan labels
2.    Berlatih
mengucapkan    schedules dan labels
3.     Mengungkapkan
    jadwal kegiatan
4.    Mengungkapkan
    berbagai informasi
    terkait label dan
    jadwal
1. Mengungkapkan
    jadwal kegiatan


2. Mengungkapkan
    berbagai informasi
    terkait label dan
    jadwal
Unjuk Kerja



Unjuk Kerja
Uji Petik Berbicara


Uji Petik Berbicara
1. Mention the schedule of your class on Monday
2. Tell Us about the labels of certain product

2 x 40
·       Priyana, dkk. 2008. Scaffolding English for Junior High School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·       Wardiman, dkk. 2009. English in Focus for Grade IX Junior High School. Bandung : Disdik Jabar
·       Teks fungsional pendek berbentuk schedules and labels
v  Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )





10.2.Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari berbentuk narrative dan report

 Teks monolog berbentuk narrative/report  


1.               1. Mendengarkan pembacaan teks yang dilakukan secara monolog
2.               2. Membaca teks narrative/report
3.               3.  .Melakukan monolog berbentuk narrative/ report
4. Menceritakan kembali teks naratif yang dibaca
1.Melakukan monolog singkat dalam bentuk narrative/report

2.Menceritakan kembali teks naratif yang dibaca

Unjuk kerja




Unjuk kerja
Performance




Uji Petik menceritakan kembali
1. Report a certain kind of plants or animals
   orally

2.Read the story
    and retell it

4x40
·        Priyana, dkk. 2008. Scaffolding English for Junior High School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·       Wardiman, dkk. 2009. English in Focus for Grade IX Junior High School. Bandung : Disdik Jabar
·       Teks monolog berbentuk narrative/report
v  Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )





Standar Kompetensi : Membaca

11.          Memahami  makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk  narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
11.1.Membaca nyaring bermakna  teks tulis fungsional dan  esei pendek sederhana berbentuk narrative dan report  dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

Teks fungsional pendek :
   - Schedule
   - Labels


1. Membaca nyaring
    teks fungsional
    pendek (schedule dan labels)
2. Menentukan makna teks fungsional
    pendek (schedule dan labels)

Membaca nyaring dan bermakna teks fungsional pendek berbentuk schedule dan labels
Tes Lisan
Membaca nyaring
Read the text aloud
   2 x 40
·       Priyana, dkk. 2008. Scaffolding English for Junior High School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·       Wardiman, dkk. 2009. English in Focus for Grade IX Junior High School. Bandung : Disdik Jabar
·       Teks fungsional pendek berbentuk schedule dan labels
v  Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )





11.2 Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

1. Teks fungsional pendek (schedule dan labels)

2.Informasi dalam teks fungsional pendek
- gagasan utama
- informasi rinci
-informasi tersirat makna kata, frasa, kalimat
1. Membaca teks fungsional pendek (schedule dan labels)
2. Mengidentifikasi makna dalam teks fungsional pendek schedules, dan surat labels
3. Mengidentifikasi berbagai informasi  dalam teks fungsional pendek
 - Schedule
       - Labels

·         Mengidentifikasi makna dalam teks fungsional pendek schedules, dan surat labels
·         Mengidentifikasi berbagai informasi  dalam teks fungsional pendek
 - Schedule
       - Labels
Tes Tulis




Tes Tulis
Uraian




Pilihan ganda
Answer the questions based on the text.



Choose the best answer based on the text
   2 x 40
·       Priyana, dkk. 2008. Scaffolding English for Junior High School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·       Wardiman, dkk. 2009. English in Focus for Grade IX Junior High School. Bandung : Disdik Jabar
·       Teks fungsional pendek berbentuk schedule dan labels
v  Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )





11.3 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report

1.Teks tertulis berbentuk
- narrative
- report

2.Informasi dalam teks monolog narrative and report
- gagasan utama
- informasi rinci
- informasi faktual
1.       Membaca teks narrative dan  report
2.       Mengidentifikasi makna dalam teks monolog berbentuk narrative and report.
3.       Mengidentifikasi berbagai informasi  dalam teks monolog berbentuk narrative and report.

·         Mengidentifikasi makna dalam teks monolog berbentuk narrative and report.
·         Mengidentifikasi berbagai informasi  dalam teks monolog berbentuk narrative and report.

Tes Tulis



Tes Tulis
Uraian



Pilihan ganda
Answer the questions based on the text.


Choose the best answer based on the text
2 x 40
·       Priyana, dkk. 2008. Scaffolding English for Junior High School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·       Wardiman, dkk. 2009. English in Focus for Grade IX Junior High School. Bandung : Disdik Jabar
·       Teks monolog narrative/ report
v  Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )





11.4 Membaca nyaring bermakna  teks tulis fungsional dan  esei pendek sederhana berbentuk narrative dan report  dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari


Teks tertulis narrative/report







1. Membaca nyaring teks monolog berbentuk  narrative/ report
2. Menentukan makna teks monolog berbentuk narrative/ report
2.Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks monolog berbentuk narrative/ report

1.Membaca nyaring dan bermakna teks monolog berbentuk  narrative/ report
2.Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks monolog

Unjuk kerja


Tes tulis
Uji petik kerja


Uraian singkat
Read the text loudy


Give short answers !
    2x40
·       Priyana, dkk. 2008. Scaffolding English for Junior High School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·       Wardiman, dkk. 2009. English in Focus for Grade IX Junior High School. Bandung : Disdik Jabar
·       Teks monolog narrative/ report
v  Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )










 

Standar Kompetensi : Menulis
12.           Mengungkapkan makna dalam  teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk    narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari.
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
12.1. Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

Teks fungsional pendek (Jadwal /  Schedule dan Labels)


1. Membaca contoh teks fungsional pendek  (schedule dan  labels)
2. Menulis kalimat pendek dan sederhana terkait jenis teks.
3. Membuat draft
      - Jadwal
      - Labels
4. Menulis
      - Jadwal
      - Labels

§  Menulis kalimat-kalimat sederhana.
§  Menulis teks fungsional pendek berbentuk jadwal dan labels
Tes tulis


Tes tulis
Uraian


Uraian
Write a schedule  based on the  text given
Write label of a certain product

2 x 40
·       Priyana, dkk. 2008. Scaffolding English for Junior High School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·       Wardiman, dkk. 2009. English in Focus for Grade IX Junior High School. Bandung : Disdik Jabar
·       Teks fungsional pendek (schedule dan labels)
v  Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )





12.2. Mengungka-pkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report


Teks monolog berbentuk narrative/report
§   Tujuan komunikatif  
§  Langkah retorika
§  Ciri-ciri kebahasaan


1.       Membaca contoh teks monolog berbentuk narrative dan report
2.       Menulis kalimat deskripsi sederhana
3.       Menyusun kalimat acak menjadi  teks narrative dan report yang padu.
4.       Menulis draft teks narrative dan report sederhana
5.       Mengembangkan draft menjadi teks  narrative dan report yang lengkap
6.       Menulis teks narrative dan report sendiri secara bebas
·         Menulis kalimat-kalimat deskripsi yang sederhana

·         Menyusun kalimat acak menjadi teks essay berbentuk narrative/report


·         Menulis teks essay berbentuk narrative/report

Tes tulis



Tes tulis



Tes tulis
Uraian



Jumbled sentences


Essay bebas
Write sentences about teks essay berbentuk narrative/report
Rearrange the following sentences into  a good paragraph!


Write a report about a certain animal or plant!

Write a simple short story in your words.
10  x 40
·       Priyana, dkk. 2008. Scaffolding English for Junior High School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·       Wardiman, dkk. 2009. English in Focus for Grade IX Junior High School. Bandung : Disdik Jabar
·       Teks narrative/ report
v  Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )








Mengetahui
Kepala SMPN Satap 1 Babakanmindi,



Abdul Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP 19630305 198602 1 005
Curugkembar,       Januari 2016
Guru Mata Pelajaran,




Dadan Suandi, S.Pd.

Comments

Popular posts from this blog

PROGRAM PENGAYAAN/LES KELAS IX

PROGRAM KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR (PENGAYAAN)   KELAS IX SMPN SATU ATAP BABAKANMINDI TAHUN PELAJARAN 2015-2016 A. PENDAHULUAN Pendidikan Nasional berfungsi untuk mengembangkan mutu kehidupan dan martabat manusia dalam rangka upaya mewujudkan tujuan nasional. Tetapi seiring dengan bergeraknya waktu, dapat diketahui bahwa pendidikan belum mampu menjawab tantangan dan fungsi pendidikan tersebut, hal ini disebabkan bukan semata kesalahan pengelola, melainkan pula lebih pada aspek kurangnya minat belajar siswa. Kegiatan pendidikan bukan suatu kegiatan yang murah apalagi berkaitan dengan “Mutu”. Dalam keadaan ekonomi masyarakat sedang mengalami kelesuan ditambah dengan biaya hidup yang serba mahal maka dana untuk pendidikan amatlah sulit. Banyak tantangan siswa yang harus segera diatasi, tetapi sarana prasarana dan kurangnya bimbingan belajar merupakan masalah yang selalu menjadi ganjalan. Hal ini umumnya selalu dihadapi oleh sekolah-sekolah di daerah, yaitu keinginan s...

ANALISIS DONGENG "ADA KUPU-KUPU, ADA TAMU"

LK- 2.5 Analisis Dongeng Nama                          : Dadan Suandi, S.Pd. NUPTK                       : 6853 7616 6220 0002 Asal Sekolah            : SMPN 1 Curugkembar Bacalah dengan cermat dongeng di bawah ini! Ada Kupu-Kupu, Ada Tamu    Karya : Seno Gumira Adjidarma Taman di depan rumah kami kecil, penuh bunga. Aku tidak pernah tau nama-nama bunga itu. Aku tau semua bunga itu indah. Aku duduk di teras rumah, merasakan hangat matahari yang menerpaku. Aku sedang berpikir bagaimana bisa bunga ciptaan manusia lebih mahal dari ciptaan Tuhan.  Aku sedang berpikir tentang keberadaan bunga dan kulihat kupu-kupu itu datang, pergi dan datang lagi.    ...

Unsur Instrinsik dan Ekstrinsik Cerpen” Beras Aking”

Nama                     : Dadan Suandi, S.Pd. NUPTK                   : 6853761662200002 Asal Sekolah       : SMPN 1 Curugkembar Mengerjakan LK Tagihan LK 3.6 Analisis Unsur Instrinsik dan Ekstrinsik Cerpen” Beras Aking” BERAS AKING o leh : Ayu Pangestu INI pilihanku ! Aku harus menjalankan usaha beras aking ini!” tekadku tegas dalam hati Ya , aku tak mungkin menutup usahaku ini, yang sudah berjalan hampir satu tahun. Usaha yang tidak membawa keuntungan banyak, tapi ada kebanggaan di hati. Itu karena pengkonsumsi beras akingku adalah masyarakat miskin yang tidak mampu lagi membeli beras yang harganya sudah menggila, sementara cacing di perut terus menuntut atas kelaparannya. Dan usahaku ini adalah solusi untuk mereka dan cacing itu.Ya, makan nasi aking adalah...