Silabus
Nama Sekolah : SMPN
Satap 1 Babakanmindi
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas /Semester :
IX (Sembilan )2 (Dua)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
7.
Memahami
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
7.1 Merespon makna
yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan
|
Ungkapan kesantunan dan perintah
|
1
Membaca
dialog yang di dalamnya terdapat
ungkapan kesantunan dan perintah
2
Merespon ungkapan kesantunan
3
Mengidentifikasi makna ungkapan kesantunan
4
Melakukan perintah
|
·
Merespon ungkapan kesantunan
·
Mengidentifikasi makna ungkapan kesantunan
·
Melakukan perintah
|
Tes lisan
Tes tulis
Tes tulis
Unjuk kerja
|
Uraian singkat
Pilihan Ganda
Melengkapi
percakapan
Benar/salah
Uji Petik melakukan perintah guru
|
Who are
involved in the conversation?
Choose the
right answer/response for the following question/state
ment
Fill in the
blank spaces with the right expressions
State
whether the following statement is True or False .
Would you
mind opening the door please?
|
2 x 40
|
·
Priyana, dkk.
2008. Scaffolding English for Junior
High School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade IX Junior
High School. Bandung : Disdik Jabar
· Script percakapan yang memuat ungkapan kesantunan dan
perintah
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
|
||||||||
7.2
Merespon makna yang terdapat dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan
tindak tutur memberi berita yang menarik perhatian, dan memberi
komentar terhadap berita
|
Ungkapan memberi berita yang
menarik perhatian
Ungkapan memberi komentar
tentang berita
|
1. Membaca dialog dialog yang di dalamnya terdapat ungkapan memberi berita yang
menarik perhatian dan ungkapan memberi
komentar tentang berita
2. Merespon ungkapan
memberi berita yang menarik perhatian
3. Merespon ungkapan memberi komentar terhadap berita
|
·
Merespon ungkapan memberi berita yang menarik perhatian
·
Merespon ungkapan memberi komentar
terhadap berita
|
Tes Lisan
Tes Tulis
|
Merespon ungkapan
Melengkapi
|
Listen to
the statement and give your response.
Listen to
the conversation and complete the blank spaces.
|
2 x 40
|
·
Priyana, dkk.
2008. Scaffolding English for Junior
High School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade IX Junior
High School. Bandung : Disdik Jabar
· Script percakapan yang memuat ungkapan memberi berita yang
menarik perhatian dan Ungkapan memberi
komentar tentang berita
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
|
Standar Kompetensi : Mendengarkan
8. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog
pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
8.1 Merespon
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara
akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
Teks fungsional pendek berbentuk
advertisement
and personal letter
|
1. Membaca teks fungsional pendek berbentuk advertisement
and personal letter
2. Mengidentifikasi makna
dalam teks lisan fungsional pendek (iklan dan surat pribadi)
3. Mengidentifikasi
ciri-ciri kebahasaan iklan dan surat pribadi
4. Mengidentifikasi
berbagai informasi dalam teks fungsional pendek (iklan dan surat pribadi)
|
· Mengidentifikasi makna
dalam teks lisan fungsional pendek (iklan dan surat pribadi)
· Mengidentifikasi
ciri-ciri kebahasaan iklan dan surat pribadi
· Mengidentifikasi
berbagai informasi dalam teks fungsional pendek (iklan dan surat pribadi)
|
Tes Tulis
Tes Tulis
Tes Tulis
|
Jawaban singkat
Uraian
Pilihan ganda
|
Listen to
the text, answer the questions.
What is characteristic of advertisement
and personal letter?
Listen to
the text and choose the right answer
|
4 x 40
|
·
Priyana, dkk.
2008. Scaffolding English for Junior
High School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade IX Junior
High School. Bandung : Disdik Jabar
·
Teks fungsional pendek berbentuk advertisement and
personal letter
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
|
||||||||
8.2. Merespon
makna yang terdapat dalam monolog
pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
|
Teks monolog berbentuk narrative/report
·
Tujuan komunikatif
·
Langkah retorika
·
Ciri-ciri kebahasaan
|
1. Membaca teks monolog berbentuk narrative/report
2. Mengidentifikasi makna
dalam teks monolog berbentuk narrative/report
3. Mengidentifikasi tujuan
komunikatif dan langkah retorika teks monolog berbentuk narrative/report
4. Mengidentifikasi ciri
kebahasaan teks narrative/report
5. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks monolog berbentuk
narative/report
|
·
Mengidentifikasi makna dalam teks monolog berbentuk narrative/report
·
Mengidentifikasi tujuan komunikatif dan langkah
retorika teks monolog berbentuk narrative/report
·
Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks narrative/report
·
Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks monolog
berbentuk narative/report
|
Tes lisan
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Pertanyaan
Uraian
Uraian singkat
Melengkapi rumpang
|
1.Answer
the questions orally
2.What
is communicative purpose and generic structure of narrative/report text?
3.Mention
all the
verbs in the text!
4. Complete
the following sentences based on the text
|
4x40
|
·
Priyana, dkk.
2008. Scaffolding English for Junior
High School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade IX Junior
High School. Bandung : Disdik Jabar
·
Teks narrative/report
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
|
Standar Kompetensi : Berbicara
9. Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk
berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.1. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan
|
Percakapan
memuat ungkapan
kesantunan,
contoh:
A.
Could you please ...?
B. With pleasure.
|
1.
Membaca
contoh-contoh dialog yang di dalamnya terdapat ungkapan kesantunan
2.
Bertanya dan menjawab menggunakan ungkapan
kesantuanan berdasarkan situasi yang sebenarnya
|
· Bertanya dan menjawab
tentang mengungkapkan kesantunan
|
Unjuk Kerja
|
Uji Petik
Bermain Peran
|
Create
a dialogue based on the
situation given
|
2 x 40
|
·
Priyana, dkk.
2008. Scaffolding English for Junior
High School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade IX Junior
High School. Bandung : Disdik Jabar
·
Script
percakapan yang memuat ungkapan kesantunan
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
|
||||||||
9.2.Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
melibatkan tindak tutur: memberi berita yang menarik perhatian dan memberi
komentar terhadap berita
|
1. Ungkapan
memberi berita yang menarik perhatian, contoh:
A.
Guess what! I’ve got
hot news!
B.
Please tell me. What is
it?
2. Ungkapan memberi
komentar tentang berita
B.
I got 10 for the
English test
C.
Really ?? That’s
fantastic!
|
1. Membaca contoh-contoh dialog yang di
dalamnya terdapat ungkapan memberi berita yang menarik perhatian dan memberi komentar tentang berita
2. Bermain
peran/ bertanya jawab menggunakan
ungkapan memberi berita yang
menarik perhatian dan memberi komentar
tentang berita berdasarkan situasi yang sebenarnya
|
· Bertanya dan menjawab
tentang memberi berita yang menarik perhatian
· Bertanya dan menjawab
tentang memberi komentar terhadap berita
|
Tes Lisan
Tes Lisan
|
Bermain peran
Bermain peran
|
Create a
dialogue based on the role cards and perform it in front of the class.
Create a
dialogue based on the role cards and perform it in front of the class.
|
4 x 40
|
·
Priyana, dkk.
2008. Scaffolding English for Junior
High School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade IX Junior
High School. Bandung : Disdik Jabar
·
Script percakapan
yang memuat ungkapan memberi berita yang menarik perhatian
dan Ungkapan
memberi komentar tentang berita
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
|
Standar Kompetensi : Berbicara
10.
Mengungkapkan
makna dalam teks lisan fungsional dan
monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
10.1.Mengungkapkan
makna dalam teks lisan fungsional
pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar
dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
Teks fungsional
Pendek
berbentuk schedules dan labels
|
1.
Mendengarkan/ membaca contoh-contoh teks schedules dan labels
2.
Berlatih
mengucapkan schedules dan labels
3.
Mengungkapkan
jadwal kegiatan
4. Mengungkapkan
berbagai informasi
terkait label dan
jadwal
|
1.
Mengungkapkan
jadwal kegiatan
2.
Mengungkapkan
berbagai informasi
terkait label dan
jadwal
|
Unjuk Kerja
Unjuk Kerja
|
Uji Petik
Berbicara
Uji Petik
Berbicara
|
1. Mention the
schedule of your class on Monday
2. Tell Us about
the labels of certain product
|
2 x 40
|
·
Priyana, dkk.
2008. Scaffolding English for Junior
High School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade IX Junior
High School. Bandung : Disdik Jabar
· Teks
fungsional pendek berbentuk schedules and labels
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
|
||||||||
10.2.Mengungkapkan
makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari berbentuk narrative
dan report
|
Teks monolog berbentuk narrative/report
|
1.
1.
Mendengarkan pembacaan teks yang dilakukan secara monolog
2.
2.
Membaca teks narrative/report
3.
3. .Melakukan monolog berbentuk narrative/ report
4. Menceritakan
kembali teks naratif yang dibaca
|
1.Melakukan monolog singkat dalam
bentuk narrative/report
2.Menceritakan kembali teks naratif yang dibaca
|
Unjuk kerja
Unjuk kerja
|
Performance
Uji Petik
menceritakan kembali
|
1. Report a certain kind of plants or
animals
orally
2.Read the
story
and retell it
|
4x40
|
·
Priyana, dkk. 2008. Scaffolding English for Junior High School Students Grade IX.
Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade IX Junior
High School. Bandung : Disdik Jabar
·
Teks monolog berbentuk narrative/report
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
|
Standar Kompetensi : Membaca
11.
Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek
sederhana berbentuk narrative dan
report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
11.1.Membaca
nyaring bermakna teks tulis fungsional
dan esei pendek sederhana berbentuk narrative
dan report dengan ucapan,
tekanan dan intonasi yang berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari
|
Teks fungsional pendek :
- Schedule
- Labels
|
1. Membaca nyaring
teks fungsional
pendek (schedule dan labels)
2. Menentukan makna teks fungsional
pendek (schedule dan labels)
|
Membaca nyaring dan bermakna teks fungsional
pendek berbentuk schedule dan labels
|
Tes Lisan
|
Membaca nyaring
|
Read the
text aloud
|
2 x 40
|
·
Priyana, dkk.
2008. Scaffolding English for Junior
High School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade IX Junior
High School. Bandung : Disdik Jabar
·
Teks fungsional pendek berbentuk schedule dan labels
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
|
||||||||
11.2 Merespon
makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
1. Teks fungsional pendek (schedule dan labels)
2.Informasi dalam teks fungsional pendek
- gagasan utama
- informasi rinci
-informasi tersirat makna kata, frasa, kalimat
|
1. Membaca teks
fungsional pendek (schedule dan labels)
2. Mengidentifikasi makna dalam teks fungsional pendek
schedules, dan surat labels
3. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek
-
Schedule
- Labels
|
·
Mengidentifikasi makna dalam teks fungsional pendek
schedules, dan surat labels
·
Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek
-
Schedule
-
Labels
|
Tes Tulis
Tes Tulis
|
Uraian
Pilihan ganda
|
Answer the
questions based on the text.
Choose the
best answer based on the text
|
2 x 40
|
·
Priyana, dkk.
2008. Scaffolding English for Junior
High School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade IX Junior
High School. Bandung : Disdik Jabar
·
Teks fungsional pendek berbentuk schedule dan labels
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
|
||||||||
11.3 Merespon
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar
dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam
teks berbentuk narrative dan report
|
1.Teks tertulis berbentuk
- narrative
- report
2.Informasi dalam teks monolog narrative and report
- gagasan utama
- informasi rinci
- informasi faktual
|
1. Membaca
teks narrative dan report
2. Mengidentifikasi makna
dalam teks monolog berbentuk narrative
and report.
3. Mengidentifikasi
berbagai informasi dalam teks monolog
berbentuk narrative and report.
|
·
Mengidentifikasi makna dalam teks monolog berbentuk narrative and report.
·
Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks monolog berbentuk narrative and report.
|
Tes Tulis
Tes Tulis
|
Uraian
Pilihan ganda
|
Answer the
questions based on the text.
Choose the
best answer based on the text
|
2 x 40
|
·
Priyana, dkk.
2008. Scaffolding English for Junior
High School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade IX Junior
High School. Bandung : Disdik Jabar
·
Teks monolog narrative/ report
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
|
||||||||
11.4 Membaca
nyaring bermakna teks tulis fungsional
dan esei pendek sederhana berbentuk narrative
dan report dengan ucapan,
tekanan dan intonasi yang berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari
|
Teks tertulis narrative/report
|
1. Membaca
nyaring teks monolog berbentuk narrative/ report
2. Menentukan makna teks monolog berbentuk narrative/ report
2.Mengidentifikasi berbagai
informasi dalam teks monolog berbentuk narrative/ report
|
1.Membaca
nyaring dan bermakna teks monolog berbentuk
narrative/ report
2.Mengidentifikasi berbagai
informasi dalam teks monolog
|
Unjuk kerja
Tes tulis
|
Uji petik kerja
Uraian
singkat
|
Read the
text loudy
Give short
answers !
|
2x40
|
·
Priyana, dkk.
2008. Scaffolding English for Junior
High School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade IX Junior
High School. Bandung : Disdik Jabar
·
Teks monolog narrative/ report
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
Berani ( courage )
|
Standar Kompetensi : Menulis
12.
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek
sederhana berbentuk narrative dan
report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
12.1. Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
Teks fungsional pendek (Jadwal /
Schedule dan Labels)
|
1. Membaca
contoh
teks fungsional pendek (schedule
dan labels)
2. Menulis kalimat
pendek dan sederhana terkait jenis teks.
3. Membuat draft
- Jadwal
- Labels
4. Menulis
- Jadwal
- Labels
|
§ Menulis kalimat-kalimat
sederhana.
§ Menulis teks fungsional
pendek berbentuk jadwal dan labels
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Uraian
Uraian
|
Write a
schedule based on the text given
Write label
of a certain product
|
2 x 40
|
·
Priyana, dkk.
2008. Scaffolding English for Junior
High School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade IX Junior
High School. Bandung : Disdik Jabar
·
Teks fungsional pendek (schedule dan labels)
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
|
||||||||
12.2.
Mengungka-pkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative
dan report
|
Teks monolog berbentuk narrative/report
§ Tujuan komunikatif
§ Langkah retorika
§ Ciri-ciri kebahasaan
|
1. Membaca contoh teks monolog berbentuk
narrative dan report
2. Menulis kalimat
deskripsi sederhana
3. Menyusun
kalimat acak menjadi teks narrative dan report yang padu.
4. Menulis draft teks narrative dan report sederhana
5. Mengembangkan
draft menjadi teks narrative dan report yang lengkap
6. Menulis
teks narrative dan report sendiri secara
bebas
|
·
Menulis kalimat-kalimat deskripsi yang sederhana
·
Menyusun kalimat acak menjadi teks essay berbentuk narrative/report
·
Menulis teks essay
berbentuk narrative/report
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Uraian
Jumbled
sentences
Essay bebas
|
Write sentences about teks essay
berbentuk narrative/report
Rearrange
the following sentences into a good
paragraph!
Write a
report about a certain animal or plant!
Write a
simple short story in your words.
|
10 x 40
|
·
Priyana, dkk.
2008. Scaffolding English for Junior
High School Students Grade IX. Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade IX Junior
High School. Bandung : Disdik Jabar
·
Teks narrative/ report
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
|
Mengetahui
Kepala SMPN Satap 1 Babakanmindi,
Abdul Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP 19630305 198602 1 005
|
Curugkembar, Januari 2016
Guru Mata Pelajaran,
Dadan Suandi, S.Pd.
|
Comments
Post a Comment