KISI-KISI
ULANGAN HARIAN
SMPN SATAP 1
BABAKANMINDI
TAHUN PELAJARAN
2015-2016
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester: VII/Ganjil
Alokasi Waktu: 60 Menit
Jumlah Soal : 23
Bentuk Soal : a. Pilihan Ganda :
20 Butir
b. Uraian :
3 Butir
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator Soal
|
Butir Soal
|
Nomor Soal
|
Bentuk Soal
|
Kunci Jawaban
|
|
PG
|
Ur
|
||||||
1.1 Merespon makna dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang
menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan
tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenal-kan diri
sendiri/orang lain, dan memerintah atau melarang
1.2 Merespon makna dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang
menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan
tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih,
meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
1.3 Merespon makna yang terdapat
dalam teks tulis fungsional pendek
sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan
dengan lingkungan terdekat
|
·
Greeting
·
Parting
·
Introduce your self and other person
·
Expressions apology, gratitude, and thanks
· Announcement
|
·
Peserta didik mampu merespon ungkapan-ungkapan :
1.
menyapa
orang yang belum/sudah dikenal
2.
memperkenalkan
diri sendiri/orang lain
·
Peserta didik mampu merespon
ungkapan-ungkapan :
1.
ungkapan terima kasih
2.
permintaan maaf
3.
kesantunan
·
Peserta didik mampu mengidentifikasi berbagai
informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk pengumuman (announcement)
|
Terlampir
|
1
2
3
4
7
8
9
10
21
22
5
6
16
23
13
11
12
14
15
17
18
19
20
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
Ur
Ur
Ur
|
A
A
A
A
B
B
B
B
Disesuaikan
dengan jawaban peserta didik
Disesuaikan
dengan jawaban peserta didik
Disesuaikan
dengan jawaban peserta didik
C
C
C
C
C
D
D
D
D
|
Curugkembar, ………………….. 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran,
Abdul Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd. Dadan
Suandi, S.Pd.
NIP 19630305 198602 1 005
KISI-KISI UTS
SMPN SATAP 1
BABAKANMINDI
TAHUN PELAJARAN
2015-2016
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester: VII/Ganjil
Alokasi Waktu: 60 Menit
Jumlah Soal : 22
Bentuk Soal : a. Pilihan Ganda :
22 Butir
b. Uraian :
3 Butir
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator Soal
|
Butir Soal
|
Nomor Soal
|
Bentuk Soal
|
Kunci Jawaban
|
|
PG
|
Ur
|
||||||
1.1 Merespon
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang
menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan
tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenal-kan diri
sendiri/orang lain, dan memerintah atau melarang
1.2 Merespon makna dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang
menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan
tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih,
meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
1.3 Merespon makna yang terdapat
dalam teks tulis fungsional pendek
sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan
dengan lingkungan terdekat
6.2 Mengungkapkan
langkah retorika dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
|
·
Greeting
·
Parting
·
Introduce your self and other person
·
Expressions apology, gratitude, and thanks
· Announcement
· Langkah
retorika/ generic structure teks announcement
|
·
Peserta didik mampu merespon ungkapan-ungkapan :
1. menyapa orang yang belum/sudah dikenal
2. memperkenalkan diri sendiri/orang lain
·
Peserta didik mampu merespon
ungkapan-ungkapan :
1.
ungkapan terima kasih
2.
permintaan maaf
3.
kesantunan
·
Peserta didik mampu mengidentifikasi berbagai
informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk pengumuman (announcement)
·
Peserta didik mampu menggunakan langkah
retorika/generic structure teks announcement
|
Terlampir
|
1
3
4
5
21
2
22
8
6
7
9
10
11
12
17
18
19
20
13
14
15
16
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
Ur
Ur
|
A
B
B
B
Disesuaikan
dengan jawaban peserta didik
A
Disesuaikan
dengan jawaban peserta didik
C
C
C
C
A
D
C
B
B
C
D
A
B
C
D
|
Curugkembar, ………………….. 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran,
Abdul Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd. Dadan
Suandi, S.Pd.
NIP 19630305 198602 1 005
KISI-KISI ULANGAN
HARIAN
SMPN SATAP 1
BABAKANMINDI
TAHUN PELAJARAN
2015-2016
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester: VII/Ganjil
Alokasi Waktu: 60 Menit
Jumlah Soal : 18
Bentuk Soal : a. Pilihan Ganda : 15
Butir
b. Uraian :
3 Butir
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator Soal
|
Butir Soal
|
Nomor Soal
|
Bentuk Soal
|
Kunci Jawaban
|
|
PG
|
Ur
|
||||||
1.1 Merespon
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang
menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan
tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenal-kan diri
sendiri/orang lain, dan memerintah atau melarang
1.2 Merespon
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang
menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan
tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih,
meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
5.2
Merespon makna yang terdapat dalam teks
tulis fungsional pendek sangat
sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan
lingkungan terdekat
6.2 Mengungkapkan
langkah retorika dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
|
Ungkapan perintah/ larangan
Ungkapan meminta dan memberi informasi
· Birthday card
· Announcement
· Birthday card
|
Peserta didik mampu merespon
ungkapan-ungkapan perintah/ larangan
Peserta didik mampu
merespon ungkapan-ungkapan :
-
meminta dan memberi informasi
-
terima kasih
Peserta didik mampu mengidentifikasi
berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk kartu ucapan (birthday
card)
Peserta
didik mampu membuat teks fungsional pendek berbentuk :
· Announcement
· Birthday card
|
Terlampir
|
1
2
8
9
10
23
3
4
6
7
5
11
12
13
14
15
16
17
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
Ur
Ur
Ur
|
B
A
A
B
B
Disesuaikan
dengan jawaban peserta didik
A
B
A
B
C
C
B
B
C
D
Disesuaikan
dengan jawaban peserta didik
Disesuaikan
dengan jawaban peserta didik
|
Curugkembar, ………………….. 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran,
Abdul Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd. Dadan
Suandi, S.Pd.
NIP 19630305 198602 1 005
KISI-KISI ULANGAN
HARIAN
SMPN SATAP 1
BABAKANMINDI
TAHUN PELAJARAN
2013-2014
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit
Jumlah
Soal : 20
Bentuk
Soal : a. Pilihan Ganda : 20 Butir
b. Uraian :
- Butir
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Indikator
Soal
|
Butir
Soal
|
Nomor
Soal
|
Bentuk
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
|
PG
|
Ur
|
||||||
3.3 Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan
intonasi yang tepat
|
Teks perangkat upacara
|
ü
Peserta
didik mampu menyebutkan teks perangkat upacara
ü
Peserta
didik mampu memberi tanda jeda pada teks perangkat upacara
ü
Peserta
didik mampu membacakan teks perangkat upacara dengan lafal dan intonasi yang
tepat
|
Terlampir
|
1
2
5
3
4
|
PG
PG
PG
PG
PG
|
|
C
B
A
A
B
|
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan
memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar
|
Cara menulis buku harian/
catatan harian
|
ü
Peserta
didik mampu menuliskan pokok-pokok buku harian
ü
Peserta
didik mampu mengembangkan pokok-pokok pengalaman pribadi tersebut menjadi
sebuah tulisan yang ekspresif dengan menambahkan waktu, kejadian, curahan
pemikiran, dan perasaan ke dalam buku harian
|
Terlampir
|
6
7
8
9
|
PG
PG
PG
PG
|
|
C
D
B
A
|
4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan
komposisi, isi, dan bahasa
|
Cara menulis surat pribadi
|
ü
Peserta
didik mampu menyebutkan komposisi surat pribadi
ü
Peserta
didik mampu menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif
ü
Peserta
didik mampu menyunting surat pribadi
|
Terlampir
|
12
14
16
17
19
10
11
13
18
15
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
|
B
A
B
A
A
D
B
B
C
A
|
5.1 Menemukan hal-hal menarik dari dongeng
|
Cara menemukan hal menarik dari dongeng
|
ü
Peserta
didik mampu menyimpulkan hal-hal menarik dari dongeng
|
|
20
|
PG
|
|
D
|
Curugkembar, Oktober 2013
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran,
Abdul
Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd. Dadan
Suandi, S.Pd.
NIP
19630305 198602 1 005
KISI-KISI ULANGAN
HARIAN
SMPN SATAP 1
BABAKANMINDI
TAHUN PELAJARAN
2013-2014
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/1
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit
Jumlah
Soal : 12
Bentuk
Soal :
a. Pilihan Ganda : 10 Butir
b. Uraian :
2
Butir
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Indikator
Soal
|
Butir
Soal
|
Nomor
Soal
|
Bentuk
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
|
PG
|
Ur
|
||||||
4.2 Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan
sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku
|
Surat dinas
|
ü
Peserta
didik mampu menentukan/menyebutkan sistematika surat dinas
ü
Peserta
didik mampu menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dan
menggunakan bahasa baku
ü
Peserta
didik mampu menyunting surat dinas
|
Terlampir
|
5
10
8
9
12
6
7
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
Ur
|
B
B
C
A
Disesuaikan dengan jawaban peserta
didik
D
C
|
4.1 Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan
yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif
|
Cara menulis petunjuk
|
ü
Peserta
didik mampu mendata urutan melakukan sesuatu
ü
Peserta
didik mampu menyimpulkan ciri-ciri bahasa petunjuk
ü
Peserta
didik mampu menulis petunjuk dengan bahasa yang efektif
ü
Peserta
didik mampu menyunting bahasa petunjuk
|
Terlampir
|
2
1
3
11
4
|
PG
PG
PG
PG
|
Ur
|
C
B
A
Disesuaikan dengan jawaban peserta
didik
A
|
Curugkembar, Oktober 2013
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran,
Abdul
Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd. Dadan
Suandi, S.Pd.
NIP
19630305 198602 1 005
KISI-KISI ULANGAN
HARIAN
SMPN SATAP 1
BABAKANMINDI
TAHUN PELAJARAN
2013-2014
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IX/1
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit
Jumlah
Soal : 13
Bentuk
Soal : a. Pilihan Ganda : 10 Butir
b. Uraian :
3 Butir
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Indikator
Soal
|
Butir
Soal
|
Nomor
Soal
|
Bentuk
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
|
PG
|
Ur
|
||||||
4.1 Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat,
padat dan jelas
|
Iklan baris
|
ü
Peserta
didik mampu menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas
ü
Peserta
didik mampu membahasakan secara lengkap iklan baris
|
Terlampir
|
1
11
|
PG
|
Ur
|
D
Disesuaikan dengan jawaban peserta
didik
|
4.2 Meresensi buku pengetahuan
|
Resensi
|
ü
Peserta
didik mampu mengidentifikasi/menyebutkan bentuk fisik dan isi buku serta
menunjukkan kelebihan dan kekurangannya
|
Terlampir
|
6
7
13
|
PG
PG
|
Ur
|
D
B
Disesuaikan dengan jawaban peseta
didik
B
A
|
4.3 Menyunting karangan dengan berpedoman pada
ketepatan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan
kebulatan wacana
|
Menyunting
|
ü
Peserta
didik mampu memperbaiki kesalahan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat,
keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana
|
Terlampir
|
2
3
4
5
|
PG
PG
PG
PG
|
|
A
B
C
C
|
5.1 Menemukan tema dan pesan syair
|
Tema dan pesan syair
|
ü
Peserta
didik mampu menentukan tema dan pesan syair
|
|
12
|
|
Ur
|
Disesuaikan dengan jawaban peserta
didik
|
5.2 Menganalisis unsur-unsur syair
|
Unsur-unsur syair
|
ü
Peserta
didik mampu menyimpulkan syarat-syarat syair
ü
Peserta
didik mampu menyebutkan unsur-unsur syair
|
Terlampir
|
8
9
|
PG
PG
|
|
B
D
|
6.2 Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan
berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/rima
|
Musikalisasi puisi
|
ü
Peserta
didik mampu menentukan suasana puisi
|
|
10
|
PG
|
|
C
|
Curugkembar, Oktober 2013
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran,
Abdul
Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd. Dadan
Suandi, S.Pd.
NIP
19630305 198602 1 005
KISI-KISI ULANGAN
HARIAN
SMPN 1 CURUGKEMBAR
TAHUN PELAJARAN
2013-2014
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IX/1
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit
Jumlah
Soal : 13
Bentuk
Soal : a. Pilihan Ganda : 10 Butir
b. Uraian :
3 Butir
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Indikator
Soal
|
Butir
Soal
|
Nomor
Soal
|
Bentuk
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
|
PG
|
Ur
|
||||||
4.1 Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat,
padat dan jelas
|
Iklan baris
|
ü
Peserta
didik mampu menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas
ü
Peserta
didik mampu membahasakan secara lengkap iklan baris
|
Terlampir
|
1
11
|
PG
|
Ur
|
D
Disesuaikan dengan jawaban peserta
didik
|
4.2 Meresensi buku pengetahuan
|
Resensi
|
ü
Peserta
didik mampu mengidentifikasi/menyebutkan bentuk fisik dan isi buku serta
menunjukkan kelebihan dan kekurangannya
|
Terlampir
|
6
7
13
|
PG
PG
|
Ur
|
D
B
Disesuaikan dengan jawaban peseta
didik
B
A
|
4.3 Menyunting karangan dengan berpedoman pada
ketepatan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan
kebulatan wacana
|
Menyunting
|
ü
Peserta
didik mampu memperbaiki kesalahan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat,
keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana
|
Terlampir
|
2
3
4
5
|
PG
PG
PG
PG
|
|
A
B
C
C
|
5.1 Menemukan tema dan pesan syair
|
Tema dan pesan syair
|
ü
Peserta
didik mampu menentukan tema dan pesan syair
|
|
12
|
|
Ur
|
Disesuaikan dengan jawaban peserta
didik
|
5.2 Menganalisis unsur-unsur syair
|
Unsur-unsur syair
|
ü
Peserta
didik mampu menyimpulkan syarat-syarat syair
ü
Peserta
didik mampu menyebutkan unsur-unsur syair
|
Terlampir
|
8
9
|
PG
PG
|
|
B
D
|
6.2 Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan
berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/rima
|
Musikalisasi puisi
|
ü
Peserta
didik mampu menentukan suasana puisi
|
|
10
|
PG
|
|
C
|
Curugkembar, Oktober 2013
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran,
Wawan
Setiawan, M.M.Pd. Dadan
Suandi, S.Pd.
NIP
19640204 198903 1 013
KISI-KISI ULANGAN
AKHIR SEMESTER GANJIL
SMPN 1 CURUGKEMBAR
TAHUN PELAJARAN
2013-2014
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Alokasi
Waktu : 120 Menit
Jumlah
Soal : 35
Bentuk
Soal : a. Pilihan Ganda : 30 Butir
b. Uraian :
5 Butir
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Indikator
Soal
|
Butir
Soal
|
Nomor
Soal
|
Bentuk
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
|
PG
|
Ur
|
||||||
1. 1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa
kalimat
|
Cara menyimpulkan isi berita
|
· Peserta didik mampu menuliskan pokok-pokok berita yang didengar
|
Terlampir
|
31
|
|
Ur
|
Disesuaikan dengan jawaban peserta
didik
|
1.2 Menuliskan kembali berita
yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat
|
Cara menuliskan kembali isi
berita
|
· Peserta didik mampu menuliskan
pokok-pokok berita yang didengarkan
· Peserta didik mampu menuliskan kembali isi pokok-pokok berita yang
didengar ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi
|
|
1
2
|
PG
PG
|
|
A
B
|
2.1 Menceritakan
pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan
kalimat efektif
|
Cara menceritakan pengalaman yang
mengesankan
|
· Peserta didik mampu mendaftar pengalaman
yang mengesankan
· Peserta didik mampu menyusun pokok pokok/kerangka cerita berdasarkan
pengalaman yang paling mengesankan
· Peserta didik mampu mengembangkan
pokok pokok/kerangka cerita pengalaman
menjadi sebuah teks yang berisi pengalaman
· Peserta didik mampu menceritakan pengalaman
yang paling mengesankan berdasarkan kerangka cerita dengan menggunakan
pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif
|
|
5
6
4
3
|
PG
PG
PG
PG
|
|
B
A
A
B
|
2.2 Menyampaikan pengumumam dengan intonasi yang tepat serta menggunakan
kalimat-kalimat yang lugas dan sederhana
|
Cara membacakan/ menyampaikan
pengumuman
|
· Peserta didik mampu menetukan pokok
pokok pengumuman
· Peserta didik mampu mengumumkan dengan
intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana
|
|
7
8
9
|
PG
PG
PG
|
|
C
D
D
|
3.1 Menemukan makna kata tertentu dalam
kamus secara cepat dan tepat dengan konteks yang diinginkan melalui
kegiatan membaca memindai
|
Cara menemukan makna kata
secara cepat dalam kamus
|
· Peserta didik mampu Peserta didik mampu menentukan kata itu sebagai lema yang akan dicari maknanya dari kamus
|
|
32
|
|
Ur
|
Disesuaikan dengan jawaban peserta
didik
|
3.2 Menyimpulkan
isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit
|
Cara menyimpulkan isi bacaan
|
· Peserta didik mampu menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai
pokok-pokok bacaan
|
|
10
|
PG
|
|
B
|
3.3 Membacakan berbagai teks perangkat
upacara dengan intonasi yang tepat
|
Pembacaan teks perangkat upacara
|
· Peserta didik mampu mengidentifikasi berbagai teks perangkat upacara
· Peserta didik mampu memberi tanda penjedaan dan intonasi pada teks
perangkat upacara
|
|
11
12
|
PG
PG
|
|
C
B
|
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman
pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan
benar
|
Cara menulis buku harian/catatan
harian
|
· Peserta didik mampu menulis
pokok-pokok pengalaman pribadi yang
terjadi dalam suatu hari!
· Peserta didik mampu mengembangkan
pokok-pokok pengalaman pribadi
tersebut menjadi sebuah tulisan yang ekspresif dengan menambahkan waktu,
kejadian, curahan pemikiran, dan perasaan ke dalam buku harian!
|
|
13
14
15
|
PG
PG
PG
|
|
C
A
B
|
4.2 Menulis surat
pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa
|
Cara menulis surat pribadi
|
· Peserta didik mampu menentukan perbedaan
komposisi surat pribadi dengan surat resmi
· Peserta didik mampu menulis surat
pribadi dengan bahasa yang komunikatif
|
|
16
17
18
33
|
PG
PG
PG
|
Ur
|
C
C
A
Disesuaikan dengan jawaban peserta
didik
|
4.3 Menulis
teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik, dan benar
|
Penulisan pengumuman
|
· Peserta didik mampu menulis teks pengumuman berdasarkan pokok-pokok
pengumuman dengan bahasa yang efektif
|
|
19
34
|
PG
|
Ur
|
A
Disesuaikan dengan jawaban peserta
didik
|
6.1 Bercerita
dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang
tepat
|
Cara menyampaikan cerita
|
· Peserta didik mampu menentukan pokok-pokok/tahapan alur cerita
· Peserta didik mampu bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik
yang tepat
|
|
21
22
|
PG
PG
|
|
B
D
|
6.2 Bercerita
dengan alat peraga
|
Cara menyampaikan cerita dengan
alat peraga
|
· Peserta didik mampu bercerita dengan menggunakan alat peraga
berdasarkan kerangka cerita
|
|
23
|
PG
|
|
D
|
7.2 Mengomentari
buku cerita yang dibaca
|
Cara berkomentar terhadap buku cerita
|
· Peserta didik mampu mengomentari cerita dengan alasan yang logis dan
bahasa yang santun
|
|
24
|
PG
|
|
C
|
8.1 Menulis
pantun yang sesuai dengan syarat-syarat pantun
|
Cara
menulis pantun
|
· Peserta didik mampu menentukan
syarat syarat pantun
· Peserta didik mampu menulis pantun sesuai syarat syarat pantun
|
|
25
26
|
PG
PG
|
|
C
C
|
8.2
Menulis kembali dengan bahasa
sendiri dongeng yang pernah dibaca atau didengar
|
Cara menuliskan kembali isi dongeng
|
· Peserta didik mampu menentukan pokok-pokok / unsur unsur
dongeng
· Peserta didik mampu menulis dongeng berdasarkan urutan pokok-pokok/
unsur unsur dongeng
|
|
20
35
27
28
29
30
|
PG
PG
PG
PG
PG
|
Ur
|
B
Disesuaikan dengan jawaban peserta
didik
D
C
D
A
|
Curugkembar, Desember
2013
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran,
Wawan
Setiawan, M.M.Pd. Nengna
Amaliatul Hamzah, S.Pd.
NIP 19640204 198903 1 013
KISI-KISI ULANGAN AKHIR
SEMESTER GANJIL
SMPN 1 CURUGKEMBAR
TAHUN PELAJARAN 2013-2014
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IX/Ganjil
Alokasi
Waktu : 120 Menit
Jumlah
Soal : 36
Bentuk
Soal : a. Pilihan Ganda : 31 Butir
b. Uraian :
5 Butir
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Indikator
Soal
|
Butir
Soal
|
Nomor
Soal
|
Bentuk
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
|
PG
|
Ur
|
||||||
1.2 Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog
interaktif pada tayangan televisi/siaran radio
|
Cara
mengomentari pendapat narasumber dalam dialog
|
· Peserta didik mampu mengomentari pendapat narasumber dengan alasan yang
menyakinkan
|
Terlampir
|
1
|
PG
|
|
A
|
2.1 Mengkritik/ memuji berbagai karya (seni atau produk) dengan bahasa
yang lugas dan santun
|
Cara
mengkritik dan memuji karyaseni/produk
|
·
Peserta didik mampu mengkritik dan memuji dengan bahasa yang lugas dan santun
|
|
2
3
4
|
PG
PG
PG
|
|
B
D
C
|
2.2 Melaporkan secara lisan
berbagai peristiwa dengan mengguna-kan kalimat yang jelas
|
Cara
melaporkan peristiwa
|
·
Peserta didik mampu mendeskripsikan pokok-pokok
peristiwa dalam jalinan sistematika laporan
·
Peserta didik mampu melaporkan
bebagai peristiwa dengan kalimat yang jelas
|
|
6
5
|
PG
PG
|
|
B
A
|
3.1 Membeda-kan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar
melalui kegiatan membaca intensif
|
Cara
membedakan fakta dan opini dalam teks
iklan
|
·
Peserta didik mampu
mendata opini yang ada dalam teks
·
Peserta didik mampu menentukan isi iklan
|
|
7
9
10
|
PG
PG
PG
|
|
A
B
C
|
3.2 Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat dari
indeks buku melalui kegiatan membaca memindai
|
Cara menemukan
informasi secara cepat dalam indeks
|
·
Peserta didik mampu menemukan kata dalam buku yang
dirujuk dalam indeks
|
|
8
|
PG
|
|
B
|
4.1 Menulis iklan baris dengan bahasa yang sigkat, padat dan jelas
|
Cara menulis iklan baris
|
·
Peserta didik mampu menulis iiklan baris dengan bahasa yang sigkat, padat dan jelas
|
|
11
|
PG
|
|
D
|
4.2 Meresensi
buku pengetahuan
|
Cara meresensi buku pengetahuan
|
·
Peserta didik mampu mengidentifikasi bentuk fisik dan isi buku serta menunjukkan kelebihan
serta kekurangannya
·
Peserta didik mampu meresensi buku pengetahuan
|
|
12
13
14
|
PG
PG
PG
|
|
D
B
C
|
4.3 Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana
|
Cara menyunting karangan
|
·
Peserta didik mampu memperbaiki kesalahan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana
|
|
15
16
17
32
|
PG
PG
PG
|
UR
|
D
D
D
Disesuaikan dengan jawaban siswa
|
5.1 Menemukan
tema dan pesan syair yang diperdengarkan
|
Cara menemukan tema dan pesan
syair
|
· Peserta didik mampu menemukan tema dan
pesan syair berdasarkan inti
pengungkapan syair
|
|
34
|
|
Ur
|
Disesuaikan dengan jawaban siswa
|
5.2
Menganalisis unsur-unsur syair yang diperdengarkan
|
Cara menganalisis syarat-syarat
syair
dan unsur-unsur syair
|
· Peserta didik mampu menyimpulkan syarat-syarat syair
· Peserta didik mampu menganalisis syair
yang diperdengarkan berdasarkan unsur-unsur syair
|
|
18
19
20
|
PG
PG
PG
|
|
A
D
C
|
6.1 Menceritakan kembali secara
lisan isi cerpen
|
Cara menceritakan cerpen
|
· Peserta didik mampu menentukan bagian-bagian cerita dengan panduan
tahap-tahap dalam alur
· Peserta didik mampu menceritakan kembali
secara lisan isi cerpen sesuai dengan alur aslinya
|
|
21
22
|
PG
PG
|
|
C
C
|
6.2
Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan
suasana/irima yang dibangun
|
Musikalisasi Puisi
|
· Peserta didik mampu menghubungkan
suasana puisi dengan irama
musikalisasi puisi
|
|
23
|
PG
|
|
B
|
7.1 Menemukan
tema, latar, dan penokohan, pada
cerpen-cerpen dalam satu kumpulan cerpen
|
Unsur intrinsik cerpen (tema,
latar, dan penokohan)
|
·
Peserta didik mampu menyimpulkan tema cerpen
·
Peserta didik mampu menemukan latar cerpen dengan bukti faktual
· Peserta didik mampu menemukan karakter
tokoh cerpen dengan bukti yang
meyakinkan
|
|
35
26
29
33
27
28
30
|
PG
PG
PG
PG
PG
|
Ur
Ur
|
Disesuaikan dengan jawaban siswa
C
D
Disesuaikan dengan jawaban siswa
C
A
B
|
7.2 Menganalisis nilai-nilai kehidupan pada cerpen-cerpen dalam satu buku
kumpulan cerpen
|
Penganalisisan nilai-nilai
kehidupan pada cerpen
|
·
Peserta didik mampu menemukan nilai-nilai kehidupan yang positif maupun negatif dalam
kumpulan cerpen
|
|
24
|
PG
|
|
D
|
8.1 Menulis
kembali dengan kalimat sendiri cerita pendek yang pernah dibaca
|
Cara menulis kembali cerpen
|
o
Peserta didik mampu menuliskan kembali dengan kalimat sendiri cerpen/sinopsis cerita
|
|
31
36
|
PG
|
Ur
|
A
Disesuaikan dengan jawaban siswa
|
8.2 Menulis
cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami
|
Cara menulis cerpen
|
· Peserta didik mampu mendata
peristiwa-peristiwa yang pernah dialami
|
|
25
|
PG
|
|
D
|
Curugkembar,
Desember 2013
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran,
Wawan
Setiawan, M.M.Pd. Dadan
Suandi, S.Pd.
NIP
19640204 198903 1 013
KISI-KISI ULANGAN
AKHIR SEMESTER GANJIL
SMPN SATAP 1 BABAKANMINDI
TAHUN PELAJARAN
2013-2014
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IX/Ganjil
Alokasi
Waktu : 120 Menit
Jumlah
Soal : 35
Bentuk
Soal : a. Pilihan Ganda : 30 Butir
b. Uraian :
5 Butir
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Indikator
Soal
|
Butir
Soal
|
Nomor
Soal
|
Bentuk
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
|
PG
|
Ur
|
||||||
1.2 Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog
interaktif pada tayangan televisi/siaran radio
|
Cara mengomentari
pendapat narasumber dalam dialog
|
· Mengomentari pendapat narasumber dengan alasan yang menyakinkan
|
Terlampir
|
1
|
PG
|
|
A
|
2.1 Mengkritik/ memuji berbagai karya (seni atau produk) dengan bahasa
yang lugas dan santun
|
Cara
mengkritik dan memuji karyaseni/produk
|
·
Mampu mengkritik dan
memuji dengan bahasa yang lugas dan santun
|
|
2
3
|
PG
PG
|
|
B
D
|
2.2 Melaporkan secara lisan
berbagai peristiwa dengan mengguna-kan kalimat yang jelas
|
Cara
melaporkan peristiwa
|
·
Mampu
mendeskripsikan pokok-pokok peristiwa
dalam jalinan sistematika laporan
·
Mampu melaporkan
bebagai peristiwa dengan kalimat yang jelas
|
|
5
4
32
|
PG
PG
|
Ur
|
B
A
Disesuaikan dengan jawaban siswa
|
3.1 Membeda-kan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar
melalui kegiatan membaca intensif
|
Cara
membedakan fakta dan opini dalam teks
iklan
|
·
Mampu mendata opini
yang ada dalam teks
·
Mampu menentukan isi
iklan
|
|
6
8
9
|
PG
PG
PG
|
|
A
B
C
|
3.2 Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat dari
indeks buku melalui kegiatan membaca memindai
|
Cara menemukan
informasi secara cepat dalam indeks
|
·
Mampu menemukan
kata dalam buku yang dirujuk
dalam indeks
|
|
7
|
PG
|
|
B
|
4.1 Menulis iklan baris dengan bahasa yang sigkat, padat dan jelas
|
Cara menulis iklan baris
|
·
Mampu menulis iiklan baris dengan bahasa yang sigkat, padat dan jelas
|
|
10
|
PG
|
|
D
|
4.2 Meresensi
buku pengetahuan
|
Cara meresensi buku pengetahuan
|
·
Mampu
mengidentifikasi bentuk fisik dan isi buku serta menunjukkan kelebihan serta
kekurangannya
·
Mampu meresensi buku
pengetahuan
|
|
11
12
13
|
PG
PG
PG
|
|
D
B
C
|
4.3 Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana
|
Cara menyunting karangan
|
·
Mampu memperbaiki
kesalahan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana
|
|
14
15
16
31
|
PG
PG
PG
|
UR
|
D
D
D
Disesuaikan dengan jawaban siswa
|
5.1 Menemukan
tema dan pesan syair yang diperdengarkan
|
Cara menemukan tema dan pesan
syair
|
· Mampu menemukan tema dan pesan
syair berdasarkan inti pengungkapan syair
|
|
33
|
|
Ur
|
Disesuaikan dengan jawaban siswa
|
5.2
Menganalisis unsur-unsur syair yang diperdengarkan
|
Cara menganalisis syarat-syarat
syair
dan unsur-unsur syair
|
· Mampu menyimpulkan syarat-syarat syair
· Mampu menganalisis syair yang diperdengarkan berdasarkan unsur-unsur
syair
|
|
17
18
19
|
PG
PG
PG
|
|
A
D
C
|
6.1 Menceritakan kembali secara
lisan isi cerpen
|
Cara menceritakan cerpen
|
· Menentukan bagian-bagian cerita dengan panduan tahap-tahap dalam alur
· Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen sesuai dengan alur aslinya
|
|
20
21
|
PG
PG
|
|
C
C
|
6.2
Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan
suasana/irima yang dibangun
|
Musikalisasi Puisi
|
· Mampu menghubungkan suasana puisi
dengan irama musikalisasi puisi
|
|
22
|
PG
|
|
B
|
7.1 Menemukan
tema, latar, dan penokohan, pada
cerpen-cerpen dalam satu kumpulan cerpen
|
Unsur intrinsik cerpen (tema,
latar, dan penokohan)
|
·
Mampu menyimpulkan
tema cerpen
·
Mampu menemukan latar
cerpen dengan bukti faktual
· Mampu menemukan karakter tokoh cerpen
dengan bukti yang meyakinkan
|
|
34
25
28
26
27
29
|
PG
PG
PG
PG
PG
|
Ur
|
Disesuaikan dengan jawaban siswa
C
D
C
A
B
|
7.2 Menganalisis nilai-nilai kehidupan pada cerpen-cerpen dalam satu buku
kumpulan cerpen
|
Penganalisisan nilai-nilai
kehidupan pada cerpen
|
·
Mampu menemukan
nilai-nilai kehidupan yang positif maupun negatif dalam kumpulan cerpen
|
|
23
|
PG
|
|
D
|
8.1 Menulis
kembali dengan kalimat sendiri cerita pendek yang pernah dibaca
|
Cara menulis kembali cerpen
|
o
Mampu menuliskan
kembali dengan kalimat sendiri cerpen/sinopsis cerita
|
|
30
35
|
PG
|
Ur
|
A
Disesuaikan dengan jawaban siswa
|
8.2 Menulis
cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami
|
Cara menulis cerpen
|
· Mampu mendata peristiwa-peristiwa yang pernah dialami
|
|
24
|
PG
|
|
D
|
Curugkembar, Desember
2013
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran,
Abdul
Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd. Dadan
Suandi, S.Pd.
NIP
19630305 198602 1 005
Comments
Post a Comment