Skip to main content

KISI-KISI SOAL

KISI-KISI ULANGAN HARIAN
SMPN SATAP 1 BABAKANMINDI
TAHUN PELAJARAN 2015-2016

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester: VII/Ganjil
Alokasi Waktu: 60  Menit 
Jumlah Soal     : 23
Bentuk Soal    : a. Pilihan Ganda        : 20 Butir
                          b. Uraian                   :   3 Butir

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Soal
Butir Soal
Nomor Soal
Bentuk Soal
Kunci Jawaban
PG
Ur
1.1  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenal-kan diri sendiri/orang lain, dan memerintah atau melarang


1.2  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan

1.3  Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek  sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat  
·         Greeting
·         Parting














·         Introduce your self and other person


·         Expressions apology, gratitude, and thanks

















·  Announcement
·         Peserta didik mampu merespon ungkapan-ungkapan :
1.      menyapa orang yang belum/sudah dikenal













2.      memperkenalkan diri sendiri/orang lain





·         Peserta didik mampu merespon ungkapan-ungkapan :
1.      ungkapan terima kasih
2.      permintaan maaf


3.      kesantunan














·         Peserta didik mampu mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk pengumuman (announcement)

Terlampir


1
2
3
4
7
8
9
10
21


22


5
6
16
23




13
11
12
14
15














17
18
19
20




PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG






PG
PG
PG










Ur


Ur





Ur


A
A
A
A
B
B
B
B
Disesuaikan dengan jawaban peserta didik
Disesuaikan dengan jawaban peserta didik



Disesuaikan dengan jawaban peserta didik


C
C
C
C
C














D
D
D
D






  
                                                                                                                                                                                                                                                Curugkembar,  ………………….. 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                                       Guru Mata Pelajaran,




Abdul Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.                                                                                                                                                                                             Dadan Suandi, S.Pd.
NIP 19630305 198602 1 005
























KISI-KISI UTS
SMPN SATAP 1 BABAKANMINDI
TAHUN PELAJARAN 2015-2016

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester: VII/Ganjil
Alokasi Waktu: 60  Menit 
Jumlah Soal     : 22
Bentuk Soal    : a. Pilihan Ganda        : 22 Butir
                          b. Uraian                   :   3 Butir

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Soal
Butir Soal
Nomor Soal
Bentuk Soal
Kunci Jawaban
PG
Ur
1.1  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenal-kan diri sendiri/orang lain, dan memerintah atau melarang

1.2  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan

1.3  Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek  sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat  

6.2  Mengungkapkan langkah retorika dalam teks tulis fungsional pendek  sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
·         Greeting
·         Parting







·         Introduce your self and other person








·         Expressions apology, gratitude, and thanks

















·  Announcement








·  Langkah retorika/ generic structure teks announcement
·         Peserta didik mampu merespon ungkapan-ungkapan :
1.      menyapa orang yang belum/sudah dikenal






2.      memperkenalkan diri sendiri/orang lain











·         Peserta didik mampu merespon ungkapan-ungkapan :
1.      ungkapan terima kasih
2.      permintaan maaf




3.      kesantunan












·         Peserta didik mampu mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk pengumuman (announcement)





·         Peserta didik mampu menggunakan langkah retorika/generic structure teks announcement

Terlampir


1
3
4
5
21


2
22












8
6
7
9
10
11
12












17
18
19
20





13
14
15
16




PG
PG
PG
PG



PG













PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG












PG
PG
PG
PG





PG
PG
PG
PG






Ur



Ur








A
B
B
B
Disesuaikan dengan jawaban peserta didik
A
Disesuaikan dengan jawaban peserta didik










C
C
C
C
A
D
C












B
B
C
D





A
B
C
D






  
                                                                                                                                                                                                                                                Curugkembar,  ………………….. 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                                       Guru Mata Pelajaran,




Abdul Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.                                                                                                                                                                                             Dadan Suandi, S.Pd.
NIP 19630305 198602 1 005
















KISI-KISI ULANGAN HARIAN
SMPN SATAP 1 BABAKANMINDI
TAHUN PELAJARAN 2015-2016

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester: VII/Ganjil
Alokasi Waktu: 60  Menit 
Jumlah Soal     : 18
Bentuk Soal    : a. Pilihan Ganda        : 15 Butir
                          b. Uraian                   :   3 Butir

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Soal
Butir Soal
Nomor Soal
Bentuk Soal
Kunci Jawaban
PG
Ur
1.1  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenal-kan diri sendiri/orang lain, dan memerintah atau melarang
1.2  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan

5.2  Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek  sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat  

6.2  Mengungkapkan langkah retorika dalam teks tulis fungsional pendek  sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Ungkapan perintah/ larangan















Ungkapan meminta dan memberi informasi














·  Birthday card






·  Announcement
·  Birthday card
Peserta didik mampu merespon ungkapan-ungkapan perintah/ larangan















Peserta didik mampu merespon ungkapan-ungkapan :
-          meminta dan memberi informasi



-          terima kasih










Peserta didik mampu mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk kartu ucapan (birthday card)




Peserta didik mampu membuat teks fungsional pendek berbentuk :
·  Announcement


·  Birthday card

Terlampir
1
2
8
9
10
23













3
4
6
7
5










11
12
13
14
15




16


17


PG
PG
PG
PG
PG














PG
PG
PG
PG
PG










PG
PG
PG
PG
PG















Ur





































Ur


Ur




B
A
A
B
B
Disesuaikan dengan jawaban peserta didik











A
B
A
B
C










C
B
B
C
D




Disesuaikan dengan jawaban peserta didik
Disesuaikan dengan jawaban peserta didik


  
                                                                                                                                                                                                                                                Curugkembar,  ………………….. 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                                       Guru Mata Pelajaran,




Abdul Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.                                                                                                                                                                                             Dadan Suandi, S.Pd.
NIP 19630305 198602 1 005























KISI-KISI ULANGAN HARIAN
SMPN SATAP 1 BABAKANMINDI
TAHUN PELAJARAN 2013-2014

Mata Pelajaran         : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester        : VII/1
Alokasi Waktu                   : 2 x 40 Menit
Jumlah Soal             : 20
Bentuk Soal             : a. Pilihan Ganda      : 20 Butir
                               b. Uraian               : -   Butir

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Soal
Butir Soal
Nomor Soal
Bentuk Soal
Kunci Jawaban
PG
Ur
3.3 Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
Teks perangkat upacara
ü  Peserta didik mampu menyebutkan teks perangkat upacara
ü  Peserta didik mampu memberi tanda jeda pada teks perangkat upacara
ü  Peserta didik mampu membacakan teks perangkat upacara dengan lafal dan intonasi yang tepat
Terlampir
1

2
5
3
4
PG

PG
PG
PG
PG

C

B
A
A
B
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar
Cara menulis buku harian/
catatan harian
ü  Peserta didik mampu menuliskan pokok-pokok buku harian
ü  Peserta didik mampu mengembangkan pokok-pokok pengalaman pribadi tersebut menjadi sebuah tulisan yang ekspresif dengan menambahkan waktu, kejadian, curahan pemikiran, dan perasaan ke dalam buku harian
Terlampir
6

7
8
9
PG

PG
PG
PG

C

D
B
A
4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa
Cara menulis surat pribadi
ü  Peserta didik mampu menyebutkan komposisi surat pribadi



ü  Peserta didik mampu menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif


ü  Peserta didik mampu menyunting surat pribadi
Terlampir
12
14
16
17
19
10
11
13
18
15
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG

B
A
B
A
A
D
B
B
C
A
5.1 Menemukan hal-hal menarik dari dongeng
Cara menemukan hal menarik dari dongeng
ü  Peserta didik mampu menyimpulkan hal-hal menarik dari dongeng

20
PG

D


                                                                                                                                                                                                Curugkembar,          Oktober  2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                            Guru Mata Pelajaran,




Abdul Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.                                                                                                                                                                  Dadan Suandi, S.Pd.
NIP 19630305 198602 1 005



















KISI-KISI ULANGAN HARIAN
SMPN SATAP 1 BABAKANMINDI
TAHUN PELAJARAN 2013-2014

Mata Pelajaran         : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester        : VIII/1
Alokasi Waktu                   : 2 x 40 Menit
Jumlah Soal             : 12
Bentuk Soal             : a. Pilihan Ganda      : 10 Butir
                               b. Uraian               :  2  Butir

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Soal
Butir Soal
Nomor Soal
Bentuk Soal
Kunci Jawaban
PG
Ur
4.2 Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku
Surat dinas
ü  Peserta didik mampu menentukan/menyebutkan sistematika surat dinas
ü  Peserta didik mampu menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dan menggunakan bahasa baku



ü  Peserta didik mampu menyunting surat dinas
Terlampir
5
10
8
9
12


6
7
PG
PG
PG
PG



PG
PG




Ur
B
B
C
A
Disesuaikan dengan jawaban peserta didik
D
C
4.1 Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif
Cara menulis petunjuk
ü  Peserta didik mampu mendata urutan melakukan sesuatu
ü  Peserta didik mampu menyimpulkan ciri-ciri bahasa petunjuk
ü  Peserta didik mampu menulis petunjuk dengan bahasa yang efektif


ü  Peserta didik mampu menyunting bahasa petunjuk
Terlampir
2
1

3
11


4
PG
PG

PG



PG




Ur
C
B

A
Disesuaikan dengan jawaban peserta didik
A





                                                                                                                                                                                                Curugkembar,          Oktober  2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                            Guru Mata Pelajaran,




Abdul Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.                                                                                                                                                                  Dadan Suandi, S.Pd.
NIP 19630305 198602 1 005
























KISI-KISI ULANGAN HARIAN
SMPN SATAP 1 BABAKANMINDI
TAHUN PELAJARAN 2013-2014

Mata Pelajaran         : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester        : IX/1
Alokasi Waktu                   : 2 x 40 Menit
Jumlah Soal             : 13
Bentuk Soal             : a. Pilihan Ganda      : 10 Butir
                               b. Uraian               : 3   Butir

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Soal
Butir Soal
Nomor Soal
Bentuk Soal
Kunci Jawaban
PG
Ur
4.1 Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat dan jelas
Iklan baris
ü  Peserta didik mampu menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas
ü  Peserta didik mampu membahasakan secara lengkap iklan baris

Terlampir
1

11

PG




Ur
D

Disesuaikan dengan jawaban peserta didik
4.2 Meresensi buku pengetahuan
Resensi
ü  Peserta didik mampu mengidentifikasi/menyebutkan bentuk fisik dan isi buku serta menunjukkan kelebihan dan kekurangannya

Terlampir
6
7
13

PG
PG



Ur
D
B
Disesuaikan dengan jawaban peseta didik
B
A
4.3 Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana
Menyunting
ü  Peserta didik mampu memperbaiki kesalahan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana



Terlampir
2
3
4
5

PG
PG
PG
PG


A
B
C
C

5.1 Menemukan tema dan pesan syair
Tema dan pesan syair
ü  Peserta didik mampu menentukan tema dan pesan syair

12

Ur
Disesuaikan dengan jawaban peserta didik
5.2 Menganalisis unsur-unsur syair
Unsur-unsur syair
ü  Peserta didik mampu menyimpulkan syarat-syarat syair
ü  Peserta didik mampu menyebutkan unsur-unsur syair
Terlampir
8
9
PG
PG

B
D
6.2 Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/rima
Musikalisasi puisi
ü  Peserta didik mampu menentukan suasana puisi

10
PG

C




                                                                                                                                                                                                Curugkembar,          Oktober  2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                            Guru Mata Pelajaran,




Abdul Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.                                                                                                                                                                  Dadan Suandi, S.Pd.
NIP 19630305 198602 1 005
















KISI-KISI ULANGAN HARIAN
SMPN 1 CURUGKEMBAR
TAHUN PELAJARAN 2013-2014

Mata Pelajaran         : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester        : IX/1
Alokasi Waktu                   : 2 x 40 Menit
Jumlah Soal             : 13
Bentuk Soal             : a. Pilihan Ganda      : 10 Butir
                               b. Uraian               : 3   Butir

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Soal
Butir Soal
Nomor Soal
Bentuk Soal
Kunci Jawaban
PG
Ur
4.1 Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat dan jelas
Iklan baris
ü  Peserta didik mampu menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas
ü  Peserta didik mampu membahasakan secara lengkap iklan baris

Terlampir
1

11

PG




Ur
D

Disesuaikan dengan jawaban peserta didik
4.2 Meresensi buku pengetahuan
Resensi
ü  Peserta didik mampu mengidentifikasi/menyebutkan bentuk fisik dan isi buku serta menunjukkan kelebihan dan kekurangannya

Terlampir
6
7
13

PG
PG



Ur
D
B
Disesuaikan dengan jawaban peseta didik
B
A
4.3 Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana
Menyunting
ü  Peserta didik mampu memperbaiki kesalahan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana



Terlampir
2
3
4
5

PG
PG
PG
PG


A
B
C
C

5.1 Menemukan tema dan pesan syair
Tema dan pesan syair
ü  Peserta didik mampu menentukan tema dan pesan syair

12

Ur
Disesuaikan dengan jawaban peserta didik
5.2 Menganalisis unsur-unsur syair
Unsur-unsur syair
ü  Peserta didik mampu menyimpulkan syarat-syarat syair
ü  Peserta didik mampu menyebutkan unsur-unsur syair
Terlampir
8
9
PG
PG

B
D
6.2 Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/rima
Musikalisasi puisi
ü  Peserta didik mampu menentukan suasana puisi

10
PG

C




                                                                                                                                                                                                Curugkembar,          Oktober  2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                            Guru Mata Pelajaran,




Wawan Setiawan, M.M.Pd.                                                                                                                                                            Dadan Suandi, S.Pd.
NIP 19640204 198903 1 013















KISI-KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL
SMPN 1 CURUGKEMBAR
TAHUN PELAJARAN 2013-2014

Mata Pelajaran         : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester        : VII/Ganjil
Alokasi Waktu                   : 120 Menit
Jumlah Soal             : 35
Bentuk Soal             : a. Pilihan Ganda      : 30 Butir
                               b. Uraian               : 5   Butir

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Soal
Butir Soal
Nomor Soal
Bentuk Soal
Kunci Jawaban
PG
Ur
1. 1 Menyimpul­kan  isi berita yang diba­cakan dalam beberapa kalimat
Cara menyimpulkan isi berita
·    Peserta didik mampu menuliskan pokok-pokok berita yang didengar 

Terlampir
31

Ur
Disesuaikan dengan jawaban peserta didik
1.2 Menuliskan kembali  be­rita yang di­bacakan ke dalam bebe­rapa kalimat

Cara menuliskan kembali isi berita
·    Peserta didik mampu menuliskan pokok-pokok berita yang didengarkan 
·    Peserta didik mampu menuliskan kembali isi pokok-pokok berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi

1


2
PG


PG

A


B
2.1 Mencerita­kan peng­alam­an yang paling me­nge­sankan dengan mengguna­kan pilihan kata dan kalimat efektif

Cara menceritakan pengalaman yang menge­sankan
·    Peserta didik mampu mendaftar pengalaman yang mengesankan
·    Peserta didik mampu menyusun pokok  pokok/kerangka cerita berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan
·    Peserta didik mampu mengembangkan pokok  pokok/kerangka cerita pengalaman menjadi sebuah teks yang berisi pengalaman
·    Peserta didik mampu menceritakan penga­laman yang paling menge­san­kan berdasarkan kerangka cerita dengan meng­gunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif

5

6


4



3
PG

PG


PG



PG

B

A


A



B
2.2 Menyampaikan pengumumam de­ngan intonasi yang tepat serta meng­gunakan ka­limat-kalimat yang lugas dan sederha­na
Cara membacakan/ menyampaikan pengu­muman
·    Peserta didik mampu menetukan pokok pokok pengumuman

·    Peserta didik mampu mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana


7
8

9
PG
PG

PG

C
D

D
3.1 Menemukan makna kata tertentu da­lam kamus secara cepat dan tepat de­ngan konteks yang diingin­kan melalui kegiatan mem­baca memindai
Cara menemukan  makna kata  secara cepat dalam kamus
·    Peserta didik mampu Peserta didik mampu menentukan kata itu sebagai lema yang akan dicari maknanya dari kamus


32

Ur
Disesuaikan dengan jawaban peserta didik
3.2 Menyim­pul­kan isi baca­an setelah membaca ce­pat 200 kata per menit

Cara menyimpulkan isi bacaan
·    Peserta didik mampu menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan

10
PG

B
3.3  Memba­ca­kan berbagai teks perang­kat upacara dengan into­nasi yang tepat

Pembacaan teks perangkat upacara
·    Peserta didik mampu mengidentifikasi berbagai teks perangkat upacara
·    Peserta didik mampu memberi tanda penjedaan dan intonasi pada teks perangkat upacara

11

12
PG

PG

C

B
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi de­ngan mem­perhatikan cara peng­ungkapan dan bahasa yang baik dan benar

Cara menulis buku harian/catatan hari­an
·    Peserta didik mampu menulis pokok-pokok  pengalaman pribadi yang terjadi dalam suatu hari!
·    Peserta didik mampu mengembangkan pokok-pokok  pengalaman pribadi tersebut menjadi sebuah tulisan yang ekspresif dengan menambahkan waktu, kejadian, curahan pemikiran, dan perasaan ke dalam buku harian!

13


14
15
PG


PG
PG

C


A
B
4.2 Menulis su­rat pribadi dengan mem­perhatikan komposisi, isi, dan bahasa

Cara menulis surat pribadi
·    Peserta didik mampu menentukan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi
·    Peserta didik mampu menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif



16
17
18
33
PG
PG
PG



Ur
C
C
A
Disesuaikan dengan jawaban peserta didik
4.3 Menulis teks pengumuman dengan baha­sa yang efek­tif, baik, dan benar
Penulisan pengumuman
·    Peserta didik mampu menulis teks pengumuman berdasarkan pokok-pokok pengumuman dengan bahasa yang efektif


19
34
PG

Ur
A
Disesuaikan dengan jawaban peserta didik
6.1 Bercerita de­ngan urutan yang baik, sua­ra, lafal, intonasi, ges­tur, dan mi­mik yang te­pat
Cara menyampaikan cerita
·    Peserta didik mampu menentukan pokok-pokok/tahapan alur  cerita
·    Peserta didik mampu bercerita dengan urutan yang baik,  suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat

21


22
PG


PG

B


D
6.2 Bercerita de­ngan alat pe­raga

Cara menyampaikan cerita dengan alat peraga
·    Peserta didik mampu bercerita dengan meng­gu­na­kan alat peraga berdasarkan kerangka cerita

23
PG

D
7.2 Mengomen­tari buku ce­rita yang di­baca
Cara berkomentar  terhadap buku cerita
·    Peserta didik mampu mengomentari cerita dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun

24
PG

C
8.1 Menulis pan­tun yang se­suai dengan syarat-syarat pantun
Cara menulis   pantun
·    Peserta didik mampu menentukan syarat   syarat pantun
·    Peserta didik mampu menulis pantun sesuai syarat   syarat pantun

25
26
PG
PG

C
C
8.2 Menulis  kem­bali de­ngan bahasa sendiri do­ngeng yang pernah diba­ca atau dide­ngar
Cara menuliskan kembali  isi dongeng
·    Peserta didik mampu menentukan pokok-pokok / unsur   unsur  dongeng


·    Peserta didik mampu menulis dongeng berda­sarkan urutan pokok-pokok/ unsur   unsur do­ngeng

20
35


27
28
29
30
PG



PG
PG
PG
PG

Ur
B
Disesuaikan dengan jawaban peserta didik
D
C
D
A
                                                                                                                                                                                               




Curugkembar,   Desember  2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                            Guru Mata Pelajaran,




Wawan Setiawan, M.M.Pd.                                                                                                                                                            Nengna Amaliatul Hamzah, S.Pd.
NIP 19640204 198903 1 013


























                                                                                                         
KISI-KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL
SMPN 1 CURUGKEMBAR
TAHUN PELAJARAN 2013-2014

Mata Pelajaran         : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester        : IX/Ganjil
Alokasi Waktu                   : 120 Menit
Jumlah Soal             : 36
Bentuk Soal             : a. Pilihan Ganda      : 31 Butir
                               b. Uraian               : 5   Butir

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Soal
Butir Soal
Nomor Soal
Bentuk Soal
Kunci Jawaban
PG
Ur
1.2 Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio
Cara mengomentari pendapat narasumber dalam dialog
·  Peserta didik mampu mengomentari pendapat narasumber dengan alasan yang menyakinkan

Terlampir
1
PG

A
2.1 Mengkritik/ memuji berbagai karya (seni atau produk) dengan bahasa yang lugas dan santun
Cara mengkritik dan memuji karyaseni/produk
·        Peserta didik mampu mengkritik dan memuji dengan bahasa yang lugas dan santun


2
3
4
PG
PG
PG

B
D
C
2.2 Melaporkan  secara lisan berbagai peristiwa dengan mengguna-kan kalimat yang jelas
Cara melaporkan peristiwa
·        Peserta didik mampu mendeskripsikan  pokok-pokok peristiwa dalam jalinan sistematika laporan
·        Peserta didik mampu melaporkan bebagai peristiwa dengan kalimat yang jelas

6

5
PG

PG

B

A
3.1 Membeda-kan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar melalui kegiatan membaca intensif
Cara membedakan  fakta dan opini dalam teks iklan
·        Peserta didik mampu mendata opini yang ada dalam teks
·        Peserta didik mampu menentukan isi iklan

7
9
10
PG
PG
PG

A
B
C
3.2 Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat dari indeks buku melalui kegiatan membaca memindai
Cara menemukan informasi secara cepat dalam indeks
·           Peserta didik mampu menemukan kata  dalam buku yang dirujuk dalam  indeks


8
PG

B
4.1 Menulis iklan baris dengan bahasa yang sigkat, padat dan jelas
Cara menulis  iklan baris
·           Peserta didik mampu menulis iiklan baris dengan bahasa yang sigkat, padat dan jelas


11
PG

D
4.2 Meresensi buku pengetahuan

Cara meresensi buku pengetahuan
·           Peserta didik mampu mengidentifikasi bentuk fisik dan isi buku serta menunjukkan kelebihan serta kekurangannya
·           Peserta didik mampu meresensi buku pengetahuan

12


13
14
PG


PG
PG

D


B
C
4.3 Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan,  pilihan kata, keefektifan kalimat,  keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana
Cara menyunting  karangan
·           Peserta didik mampu memperbaiki kesalahan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat,  keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana


15
16
17
32
PG
PG
PG



UR
D
D
D
Disesuaikan dengan jawaban siswa
5.1 Menemukan tema dan pesan syair yang diperdengarkan
Cara menemukan tema dan pesan syair
·    Peserta didik mampu menemukan tema dan pesan  syair berdasarkan inti pengungkapan syair


34

Ur

Disesuaikan dengan jawaban siswa
5.2 Menganalisis unsur-unsur syair yang diperdengarkan

Cara menganalisis syarat-syarat syair
dan unsur-unsur syair
·    Peserta didik mampu menyimpulkan syarat-syarat syair
·    Peserta didik mampu menganalisis syair yang diperdengarkan berdasarkan unsur-unsur syair

18
19
20
PG
PG
PG

A
D
C
6.1 Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen

Cara menceritakan cerpen
·  Peserta didik mampu menentukan bagian-bagian cerita dengan panduan tahap-tahap dalam  alur
·  Peserta didik mampu menceritakan kembali secara lisan isi cerpen sesuai dengan alur aslinya

21

22
PG

PG

C

C
6.2 Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan  berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irima yang dibangun
Musikalisasi Puisi
·  Peserta didik mampu menghubungkan suasana puisi  dengan irama musikalisasi puisi


23
PG

B
7.1 Menemukan tema, latar,  dan penokohan, pada cerpen-cerpen dalam satu kumpulan cerpen

Unsur intrinsik cerpen (tema, latar, dan penokohan)
·        Peserta didik mampu menyimpulkan tema cerpen


·        Peserta didik mampu menemukan latar cerpen dengan bukti faktual


·  Peserta didik mampu menemukan karakter tokoh cerpen  dengan bukti yang meyakinkan

35


26
29
33


27
28
30



PG
PG



PG
PG
PG
Ur




Ur
Disesuaikan dengan jawaban siswa
C
D
Disesuaikan dengan jawaban siswa
C
A
B
7.2 Menganalisis nilai-nilai kehidupan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen
Penganalisisan nilai-nilai kehidupan pada cerpen
·           Peserta didik mampu menemukan nilai-nilai kehidupan yang positif maupun negatif dalam kumpulan cerpen


24
PG

D
8.1 Menulis kembali dengan kalimat sendiri cerita pendek yang pernah dibaca
Cara menulis kembali cerpen
o Peserta didik mampu menuliskan kembali dengan kalimat sendiri cerpen/sinopsis cerita


31
36
PG

Ur
A
Disesuaikan dengan jawaban siswa
8.2 Menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami
Cara menulis cerpen
·  Peserta didik mampu mendata peristiwa-peristiwa yang pernah dialami


25
PG

D

                                                                                                                                                                                                Curugkembar,   Desember  2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                            Guru Mata Pelajaran,


Wawan Setiawan, M.M.Pd.                                                                                                                                                            Dadan Suandi, S.Pd.
NIP 19640204 198903 1 013                                                                                                                                                         
KISI-KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL
SMPN SATAP 1 BABAKANMINDI
TAHUN PELAJARAN 2013-2014

Mata Pelajaran         : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester        : IX/Ganjil
Alokasi Waktu                   : 120 Menit
Jumlah Soal             : 35
Bentuk Soal             : a. Pilihan Ganda      : 30 Butir
                               b. Uraian               : 5   Butir

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Soal
Butir Soal
Nomor Soal
Bentuk Soal
Kunci Jawaban
PG
Ur
1.2 Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio
Cara mengomentari pendapat narasumber dalam dialog
·  Mengomentari pendapat narasumber dengan alasan yang menyakinkan

Terlampir
1
PG

A
2.1 Mengkritik/ memuji berbagai karya (seni atau produk) dengan bahasa yang lugas dan santun
Cara mengkritik dan memuji karyaseni/produk
·        Mampu mengkritik dan memuji dengan bahasa yang lugas dan santun


2
3

PG
PG


B
D

2.2 Melaporkan  secara lisan berbagai peristiwa dengan mengguna-kan kalimat yang jelas
Cara melaporkan peristiwa
·        Mampu mendeskripsikan  pokok-pokok peristiwa dalam jalinan sistematika laporan
·        Mampu melaporkan bebagai peristiwa dengan kalimat yang jelas

5

4
32
PG

PG



Ur
B

A
Disesuaikan dengan jawaban siswa
3.1 Membeda-kan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar melalui kegiatan membaca intensif
Cara membedakan  fakta dan opini dalam teks iklan
·        Mampu mendata opini yang ada dalam teks
·        Mampu menentukan isi iklan

6
8
9
PG
PG
PG

A
B
C
3.2 Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat dari indeks buku melalui kegiatan membaca memindai
Cara menemukan informasi secara cepat dalam indeks
·           Mampu menemukan kata  dalam buku yang dirujuk dalam  indeks


7
PG

B
4.1 Menulis iklan baris dengan bahasa yang sigkat, padat dan jelas
Cara menulis  iklan baris
·           Mampu menulis iiklan baris dengan bahasa yang sigkat, padat dan jelas


10
PG

D
4.2 Meresensi buku pengetahuan

Cara meresensi buku pengetahuan
·           Mampu mengidentifikasi bentuk fisik dan isi buku serta menunjukkan kelebihan serta kekurangannya
·           Mampu meresensi buku pengetahuan


11


12
13
PG


PG
PG

D


B
C
4.3 Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan,  pilihan kata, keefektifan kalimat,  keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana
Cara menyunting  karangan
·           Mampu memperbaiki kesalahan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat,  keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana


14
15
16
31
PG
PG
PG



UR
D
D
D
Disesuaikan dengan jawaban siswa
5.1 Menemukan tema dan pesan syair yang diperdengarkan
Cara menemukan tema dan pesan syair
·    Mampu menemukan tema dan pesan  syair berdasarkan inti pengungkapan syair


33

Ur

Disesuaikan dengan jawaban siswa
5.2 Menganalisis unsur-unsur syair yang diperdengarkan

Cara menganalisis syarat-syarat syair
dan unsur-unsur syair
·    Mampu menyimpulkan syarat-syarat syair
·    Mampu menganalisis syair yang diperdengarkan berdasarkan unsur-unsur syair

17
18
19
PG
PG
PG

A
D
C
6.1 Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen

Cara menceritakan cerpen
·  Menentukan bagian-bagian cerita dengan panduan tahap-tahap dalam  alur
·  Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen sesuai dengan alur aslinya

20

21
PG

PG

C

C
6.2 Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan  berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irima yang dibangun
Musikalisasi Puisi
·  Mampu menghubungkan suasana puisi  dengan irama musikalisasi puisi


22
PG

B
7.1 Menemukan tema, latar,  dan penokohan, pada cerpen-cerpen dalam satu kumpulan cerpen

Unsur intrinsik cerpen (tema, latar, dan penokohan)
·        Mampu menyimpulkan tema cerpen


·        Mampu menemukan latar cerpen dengan bukti faktual
·  Mampu menemukan karakter tokoh cerpen  dengan bukti yang meyakinkan

34


25
28

26
27
29



PG
PG

PG
PG
PG
Ur





Disesuaikan dengan jawaban siswa
C
D

C
A
B
7.2 Menganalisis nilai-nilai kehidupan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen
Penganalisisan nilai-nilai kehidupan pada cerpen
·           Mampu menemukan nilai-nilai kehidupan yang positif maupun negatif dalam kumpulan cerpen


23
PG

D
8.1 Menulis kembali dengan kalimat sendiri cerita pendek yang pernah dibaca
Cara menulis kembali cerpen
o Mampu menuliskan kembali dengan kalimat sendiri cerpen/sinopsis cerita


30
35
PG

Ur
A
Disesuaikan dengan jawaban siswa
8.2 Menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami
Cara menulis cerpen
·  Mampu mendata peristiwa-peristiwa yang pernah dialami


24
PG

D
                                                                                                                                                                                                Curugkembar,   Desember  2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                            Guru Mata Pelajaran,



Abdul Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.                                                                                                                                                                  Dadan Suandi, S.Pd.
NIP 19630305 198602 1 005                                                                                                                                                         


Comments

Popular posts from this blog

PROGRAM PENGAYAAN/LES KELAS IX

PROGRAM KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR (PENGAYAAN)   KELAS IX SMPN SATU ATAP BABAKANMINDI TAHUN PELAJARAN 2015-2016 A. PENDAHULUAN Pendidikan Nasional berfungsi untuk mengembangkan mutu kehidupan dan martabat manusia dalam rangka upaya mewujudkan tujuan nasional. Tetapi seiring dengan bergeraknya waktu, dapat diketahui bahwa pendidikan belum mampu menjawab tantangan dan fungsi pendidikan tersebut, hal ini disebabkan bukan semata kesalahan pengelola, melainkan pula lebih pada aspek kurangnya minat belajar siswa. Kegiatan pendidikan bukan suatu kegiatan yang murah apalagi berkaitan dengan “Mutu”. Dalam keadaan ekonomi masyarakat sedang mengalami kelesuan ditambah dengan biaya hidup yang serba mahal maka dana untuk pendidikan amatlah sulit. Banyak tantangan siswa yang harus segera diatasi, tetapi sarana prasarana dan kurangnya bimbingan belajar merupakan masalah yang selalu menjadi ganjalan. Hal ini umumnya selalu dihadapi oleh sekolah-sekolah di daerah, yaitu keinginan s...

ANALISIS DONGENG "ADA KUPU-KUPU, ADA TAMU"

LK- 2.5 Analisis Dongeng Nama                          : Dadan Suandi, S.Pd. NUPTK                       : 6853 7616 6220 0002 Asal Sekolah            : SMPN 1 Curugkembar Bacalah dengan cermat dongeng di bawah ini! Ada Kupu-Kupu, Ada Tamu    Karya : Seno Gumira Adjidarma Taman di depan rumah kami kecil, penuh bunga. Aku tidak pernah tau nama-nama bunga itu. Aku tau semua bunga itu indah. Aku duduk di teras rumah, merasakan hangat matahari yang menerpaku. Aku sedang berpikir bagaimana bisa bunga ciptaan manusia lebih mahal dari ciptaan Tuhan.  Aku sedang berpikir tentang keberadaan bunga dan kulihat kupu-kupu itu datang, pergi dan datang lagi.    ...

Unsur Instrinsik dan Ekstrinsik Cerpen” Beras Aking”

Nama                     : Dadan Suandi, S.Pd. NUPTK                   : 6853761662200002 Asal Sekolah       : SMPN 1 Curugkembar Mengerjakan LK Tagihan LK 3.6 Analisis Unsur Instrinsik dan Ekstrinsik Cerpen” Beras Aking” BERAS AKING o leh : Ayu Pangestu INI pilihanku ! Aku harus menjalankan usaha beras aking ini!” tekadku tegas dalam hati Ya , aku tak mungkin menutup usahaku ini, yang sudah berjalan hampir satu tahun. Usaha yang tidak membawa keuntungan banyak, tapi ada kebanggaan di hati. Itu karena pengkonsumsi beras akingku adalah masyarakat miskin yang tidak mampu lagi membeli beras yang harganya sudah menggila, sementara cacing di perut terus menuntut atas kelaparannya. Dan usahaku ini adalah solusi untuk mereka dan cacing itu.Ya, makan nasi aking adalah...