Skip to main content

PROGRAM PENGAYAAN/LES KELAS IX


PROGRAM KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR (PENGAYAAN)  KELAS IX
SMPN SATU ATAP BABAKANMINDI
TAHUN PELAJARAN 2015-2016

A. PENDAHULUAN
Pendidikan Nasional berfungsi untuk mengembangkan mutu kehidupan dan martabat manusia dalam rangka upaya mewujudkan tujuan nasional. Tetapi seiring dengan bergeraknya waktu, dapat diketahui bahwa pendidikan belum mampu menjawab tantangan dan fungsi pendidikan tersebut, hal ini disebabkan bukan semata kesalahan pengelola, melainkan pula lebih pada aspek kurangnya minat belajar siswa.
Kegiatan pendidikan bukan suatu kegiatan yang murah apalagi berkaitan dengan “Mutu”. Dalam keadaan ekonomi masyarakat sedang mengalami kelesuan ditambah dengan biaya hidup yang serba mahal maka dana untuk pendidikan amatlah sulit. Banyak tantangan siswa yang harus segera diatasi, tetapi sarana prasarana dan kurangnya bimbingan belajar merupakan masalah yang selalu menjadi ganjalan. Hal ini umumnya selalu dihadapi oleh sekolah-sekolah di daerah, yaitu keinginan siswa pasti sama dengan siswa di sekolah-sekolah yang maju dengan metode pembelajarannya, tetapi kendala yang harus dihadapi amatlah sulit untuk diatasi. Apalagi menghadapai Ujian Nasional (UN) untuk 4 mata pelajaran (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA) yang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) disamakan secara nasional dan membuat siswa khawatir karena takut tidak lulus. Oleh karena itu, program bimbingan belajar/pengayaan amatlah dibutuhkan bagi siswa kelas IX.

B. LANDASAN HUKUM
1. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Surat edaran Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 0065/SDAR/BSNP/XII/2015 perihal Peraturan Menteri dan POS UN Tahun Pelajaran 2015/2016.
3. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 57 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah Melalui Ujian Nasional, dan Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan Melalui Ujian Sekolah/Madrasah/Pendidikan Kesetaraan pada SMP/MTs atau yang Sederajat.
4. Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 0034/P/BSNP/XII/2015 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2015/2016.
5. Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 0035/P/BSNP/IX/2015 tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2015/2016.
6. Hasil Rapat Dewan Guru

C. MAKSUD DAN TUJUAN BIMBINGAN BELAJAR/PENGAYAAN
1. Maksud
a) Mengevaluasi dan mengkaji strategi dan konsepsi dasar penyelenggaraan program bimbingan belajar/pengayaan
b) Memberikan arahan dan pembinaan bagi siswa khususnya kelas IX dalam mencapai standar nilai kelulusan untuk menghadapi Ujian Nasional (UN).
c) Membangun budaya analistis, realistis dan kritis terhadap kerangka dasar program bimbingan belajar atau pengayaan
2. Tujuan
a) Meningkatkan dan mengembangkan sistem belajar yang efektif terutama pola nimbingan yang mengarah kepada kualitas dan mutu pendidikan.
b) Meningkatan dan pengembangan belajar siswa dalam pengembangan aktifitas siswa di sekolah .

D. SASARAN BIMBINGAN BELAJAR/PENGAYAAN
Sasaran bimbingan belajar/pengayaan ini adalah siswa SMPN Satu Atap Babakanmindi khususnya kelas IX.  

E. MATERI BIMBINGAN BELAJAR/PENGAYAAN
Materi bimbingan belajar/pengayaan siswa kelas IX SMPN Satu Atap Babakanmindi berdasarkan SKL (Standar Kompetensi Lulusan) UN 2016 untuk 4 mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA.


F. WAKTU PELAKSANAAN BIMBINGAN BELAJAR/PENGAYAAN
       Bimbingan belajar/pengayaan dilaksanakan seminggu sekali dimulai pada bulan Januari sampai dengan April 2016 dengan jumlah pertemuan 10 kali untuk setiap mata pelajaran.
Adapun jadwal pengayaan/bimbingan belajar siswa kelas IX SMPN satu Atap Babakanmindi sebagai berikut:
No.
Hari
Nama Guru Pembimbing
Mata Pelajaran
Waktu
1
Senin
Eka Nurmayanti, S.Pd.
IPA
13.00 – 14.30 WIB
2
Selasa
Nengna Amaliatul Hamzah, S.Pd.
Bahasa Indonesia
13.00 – 14.30 WIB
3
Kamis
Wahyu Suherlan, S.E., M.M.Pd.
Matematika
13.00 – 14.30 WIB
4
Sabtu
Dadan Suandi, S.Pd.
Bahasa Inggris
13.00 – 14.30 WIB

G. GURU PEMBIMBING BIMBINGAN BELAJAR/PENGAYAAN
       Guru pembimbing kegiatan pengayaan (bimbingan belajar) siswa kelas IX SMPN satu Atap Babakanmindi sebagai berikut:
No.
Nama Guru Pembimbing
Mata Pelajaran
1
Wahyu Suherlan, S.E., M.M.Pd.
Matematika
2
Dadan Suandi, S.Pd.
Bahasa Inggris
3
Nengna Amaliatul Hamzah, S.Pd.
Bahasa Indonesia
4
Eka Nurmayanti, S.Pd.
IPA

H. PENUTUP
Demikian program kegiatan bimbingan belajar/pengayaan ini disusun sebagai acuan untuk pengembangan pembelajaran siswa dalam persiapan menghadapi Ujian Nasional agar siswa dapat lebih serius dan konsentrasi dalam persiapan menghadapi Ujian Nasional serta sebagai modal dasar untuk masa yang akan datang.

                                                                                                        Curugkembar, Januari 2016
Mengetahui
Kepala SMPN Satap Babakanmindi,                                                    Wakasek Kurikulum,



Abdul Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.                                                          Dadan Suandi, S.Pd.
NIP 19630305 198603 1 002                                              

Comments

Popular posts from this blog

ANALISIS DONGENG "ADA KUPU-KUPU, ADA TAMU"

LK- 2.5 Analisis Dongeng Nama                          : Dadan Suandi, S.Pd. NUPTK                       : 6853 7616 6220 0002 Asal Sekolah            : SMPN 1 Curugkembar Bacalah dengan cermat dongeng di bawah ini! Ada Kupu-Kupu, Ada Tamu    Karya : Seno Gumira Adjidarma Taman di depan rumah kami kecil, penuh bunga. Aku tidak pernah tau nama-nama bunga itu. Aku tau semua bunga itu indah. Aku duduk di teras rumah, merasakan hangat matahari yang menerpaku. Aku sedang berpikir bagaimana bisa bunga ciptaan manusia lebih mahal dari ciptaan Tuhan.  Aku sedang berpikir tentang keberadaan bunga dan kulihat kupu-kupu itu datang, pergi dan datang lagi.             “ Wah, akan ada tamu ” kata istriku             “ Pasti? ”             “ Iya. Pasti ”             “ Kok bisa pasti ? ”             “ Bukankah kalau ada kupu-kupu tandanya pasti ada tamu ”             Aku melihat kupu-kupu itu dan berpikir tentang tamu.             “ Jangan-jangan tamu itu mau

Unsur Instrinsik dan Ekstrinsik Cerpen” Beras Aking”

Nama                     : Dadan Suandi, S.Pd. NUPTK                   : 6853761662200002 Asal Sekolah       : SMPN 1 Curugkembar Mengerjakan LK Tagihan LK 3.6 Analisis Unsur Instrinsik dan Ekstrinsik Cerpen” Beras Aking” BERAS AKING o leh : Ayu Pangestu INI pilihanku ! Aku harus menjalankan usaha beras aking ini!” tekadku tegas dalam hati Ya , aku tak mungkin menutup usahaku ini, yang sudah berjalan hampir satu tahun. Usaha yang tidak membawa keuntungan banyak, tapi ada kebanggaan di hati. Itu karena pengkonsumsi beras akingku adalah masyarakat miskin yang tidak mampu lagi membeli beras yang harganya sudah menggila, sementara cacing di perut terus menuntut atas kelaparannya. Dan usahaku ini adalah solusi untuk mereka dan cacing itu.Ya, makan nasi aking adalah sebuah pilihan rakyat miskin untuk tetap hidup. Aku tahu abah tidak suka dengan usahaku ini. Permasalahannya karena keuntungan yang aku peroleh kurang dari cukup. Untuk bisa membahagiakan bapak dan ibu