Skip to main content

Model Pembelajaran Berbasis Masalah



LK- 4.8 Mengaplikasikan (menulis) Model Pembelajaran Berbasis Masalah
( Pembelajarannya tentukan sendiri)

Nama              : Dadan Suandi, S.Pd.
NUPTK           : 6853761662200002
Asal Sekolah   : SMPN 1 Curugkembar

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)

A.    Identitas Model
Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester     : VIII/1
Materi Pokok       : Teks cerita moral/fabel
Sub Materi           : Struktur dan ciri-ciri bahasa teks cerita moral/fabel
Alokasi waktu      : 2 x 40 Menit

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Memahami teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita
      biografi, baik melalui lisan maupun tulisan

Indikator :
·         Menentukan struktur teks cerita moral/fabel
·         Menentukan ciri-ciri bahasa teks cerita moral/fabel

C.    Langkah-Langkah Pembelajaran

Fase-Fase
Kegiatan Pembelajaran
Fase 1
Orientasi peserta didik kepada maslaha
·         Guru menjelaskan tujuan  pembelajaran kemudian dapat memberikan konsep dasar dan petunjuk/referensi yang diperlukan dalam pembelajaran.
·         Melakukan brainstorming dengan menggunakan media gambar berikut ini :


·         Peserta didik menentukan masalah berdasarkan gambar tersebut dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut :
1)      Gambar tersebut menceritakan apa?
2)      Siapa tokoh dalam cerita itu?
3)      Apa peristiwa yang terjadi dalam cerita itu?
4)      Bagaimana caranya agar cerita berdasarkan gambar tersebut menjadi sebuah cerita utuh?
5)      Apakah ada struktur tersendiri untuk mengembangkan atau menulis cerita tersebut?
6)      Apa dan bagaimana struktur tersebut?
Fase 2
Mengorganisasikan peserta didik
·         Guru membantu peserta didik mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut.
·         Guru meminta peserta didik membentuk kelompok kecil.
·         Peserta didik membaca informasi dan merancang  jawaban  sementara yang  bersifat dugaan sementara dan berisi tentang alternatif-alternatif strategi yang digunakan untuk memecahkan masalah, yaitu terkait dengan struktur teks moral/fabel.

Struktur teks moral/fabel :
1.      Orientasi
2.      Komplikasi
3.      Resolusi
4.      Koda
Fase 3
Membimbing  
penyelidikan
individu dan
kelompok
·         Peserta didik mengumpulkan informasi untuk menciptakan dan membangun ide mereka sendiri dalam memecahkan masalah.
·         Peserta didik mendiskusikan masalah tersebut dengan membaca teks cerita moral/fabel.
·         Guru membimbing siswa dalam memecahkan masalah mengacu lembar kerja tersebut.
Fase 4
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
·         Peserta didik menganalisis data yang sudah terkumpul sesuai dengan permasalahan yang terdapat dalam teks moral/fabel.
·         Peserta didik mengelompokkan data yang sudah dianalisis berdasarkan kategori permasalahan yang telah dirumuskan.
·         Peserta didik harus memberikan argumentasi terhadap jawaban dari masalah yang ada dalam teks moral/fabel.
·         Peserta didik diminta untuk menyusun laporan penelitian secara tertulis sesuai dengan kaidah dan format karya ilmiah.
·         Peserta didik yang menjadi perwakilan tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya selama 10 menit di depan kelas.
·         Peserta didik dalam kelompok lainnya menanggapi secara kritis tentang kebenaran dan kelogisan jawaban permasalahan yang dihasilkan dari penelitian dengan masalah yang dirumuskan dari teks moral/fabel.
Fase 5
Menganalisis dan mengevaluasi proes pemecahan masalah
·         Guru bersama peserta didik menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah yang telah dipresentasikan setiap kelompok maupun terhadap seluruh aktivitas pembelajaran yang dilakukan.
·         Guru memberikan penguatan terkait penguasaan pengetahuan atau konsep tertentu tentang struktur teks cerita moral/fabel, ciri-ciri, dan bahasanya.

Comments

Popular posts from this blog

PROGRAM PENGAYAAN/LES KELAS IX

PROGRAM KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR (PENGAYAAN)   KELAS IX SMPN SATU ATAP BABAKANMINDI TAHUN PELAJARAN 2015-2016 A. PENDAHULUAN Pendidikan Nasional berfungsi untuk mengembangkan mutu kehidupan dan martabat manusia dalam rangka upaya mewujudkan tujuan nasional. Tetapi seiring dengan bergeraknya waktu, dapat diketahui bahwa pendidikan belum mampu menjawab tantangan dan fungsi pendidikan tersebut, hal ini disebabkan bukan semata kesalahan pengelola, melainkan pula lebih pada aspek kurangnya minat belajar siswa. Kegiatan pendidikan bukan suatu kegiatan yang murah apalagi berkaitan dengan “Mutu”. Dalam keadaan ekonomi masyarakat sedang mengalami kelesuan ditambah dengan biaya hidup yang serba mahal maka dana untuk pendidikan amatlah sulit. Banyak tantangan siswa yang harus segera diatasi, tetapi sarana prasarana dan kurangnya bimbingan belajar merupakan masalah yang selalu menjadi ganjalan. Hal ini umumnya selalu dihadapi oleh sekolah-sekolah di daerah, yaitu keinginan siswa

ANALISIS DONGENG "ADA KUPU-KUPU, ADA TAMU"

LK- 2.5 Analisis Dongeng Nama                          : Dadan Suandi, S.Pd. NUPTK                       : 6853 7616 6220 0002 Asal Sekolah            : SMPN 1 Curugkembar Bacalah dengan cermat dongeng di bawah ini! Ada Kupu-Kupu, Ada Tamu    Karya : Seno Gumira Adjidarma Taman di depan rumah kami kecil, penuh bunga. Aku tidak pernah tau nama-nama bunga itu. Aku tau semua bunga itu indah. Aku duduk di teras rumah, merasakan hangat matahari yang menerpaku. Aku sedang berpikir bagaimana bisa bunga ciptaan manusia lebih mahal dari ciptaan Tuhan.  Aku sedang berpikir tentang keberadaan bunga dan kulihat kupu-kupu itu datang, pergi dan datang lagi.             “ Wah, akan ada tamu ” kata istriku             “ Pasti? ”             “ Iya. Pasti ”             “ Kok bisa pasti ? ”             “ Bukankah kalau ada kupu-kupu tandanya pasti ada tamu ”             Aku melihat kupu-kupu itu dan berpikir tentang tamu.             “ Jangan-jangan tamu itu mau

Unsur Instrinsik dan Ekstrinsik Cerpen” Beras Aking”

Nama                     : Dadan Suandi, S.Pd. NUPTK                   : 6853761662200002 Asal Sekolah       : SMPN 1 Curugkembar Mengerjakan LK Tagihan LK 3.6 Analisis Unsur Instrinsik dan Ekstrinsik Cerpen” Beras Aking” BERAS AKING o leh : Ayu Pangestu INI pilihanku ! Aku harus menjalankan usaha beras aking ini!” tekadku tegas dalam hati Ya , aku tak mungkin menutup usahaku ini, yang sudah berjalan hampir satu tahun. Usaha yang tidak membawa keuntungan banyak, tapi ada kebanggaan di hati. Itu karena pengkonsumsi beras akingku adalah masyarakat miskin yang tidak mampu lagi membeli beras yang harganya sudah menggila, sementara cacing di perut terus menuntut atas kelaparannya. Dan usahaku ini adalah solusi untuk mereka dan cacing itu.Ya, makan nasi aking adalah sebuah pilihan rakyat miskin untuk tetap hidup. Aku tahu abah tidak suka dengan usahaku ini. Permasalahannya karena keuntungan yang aku peroleh kurang dari cukup. Untuk bisa membahagiakan bapak dan ibu