LK- 4.8 Mengaplikasikan
(menulis) Model Pembelajaran Berbasis
Masalah
( Pembelajarannya tentukan sendiri)
Nama : Dadan Suandi, S.Pd.
NUPTK : 6853761662200002
Asal Sekolah : SMPN 1 Curugkembar
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis
Masalah (Problem Based Learning)
A. Identitas Model
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/1
Materi
Pokok : Teks cerita moral/fabel
Sub
Materi : Struktur dan ciri-ciri
bahasa teks cerita moral/fabel
Alokasi waktu : 2 x 40 Menit
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
3.1
Memahami teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan
cerita
biografi,
baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator :
·
Menentukan struktur teks cerita moral/fabel
·
Menentukan ciri-ciri bahasa teks cerita moral/fabel
C. Langkah-Langkah Pembelajaran
Fase-Fase
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Fase 1
Orientasi
peserta didik kepada maslaha
|
·
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran kemudian dapat memberikan
konsep dasar dan petunjuk/referensi yang diperlukan dalam pembelajaran.
·
Melakukan brainstorming dengan
menggunakan media gambar berikut ini :
·
Peserta didik menentukan masalah
berdasarkan gambar tersebut dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut :
1) Gambar
tersebut menceritakan apa?
2) Siapa
tokoh dalam cerita itu?
3) Apa
peristiwa yang terjadi dalam cerita itu?
4) Bagaimana
caranya agar cerita berdasarkan gambar tersebut menjadi sebuah cerita utuh?
5) Apakah
ada struktur tersendiri untuk mengembangkan atau menulis cerita tersebut?
6) Apa
dan bagaimana struktur tersebut?
|
Fase 2
Mengorganisasikan
peserta didik
|
·
Guru membantu peserta didik
mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan
masalah tersebut.
·
Guru meminta peserta didik membentuk
kelompok kecil.
·
Peserta didik membaca informasi dan
merancang jawaban sementara yang bersifat dugaan sementara dan berisi
tentang alternatif-alternatif strategi yang digunakan untuk memecahkan
masalah, yaitu terkait dengan struktur teks moral/fabel.
Struktur teks moral/fabel :
1.
Orientasi
2.
Komplikasi
3.
Resolusi
4. Koda
|
Fase 3
Membimbing
penyelidikan
individu dan
kelompok
|
·
Peserta didik mengumpulkan informasi
untuk menciptakan dan membangun ide mereka sendiri dalam memecahkan masalah.
·
Peserta didik mendiskusikan masalah
tersebut dengan membaca teks cerita moral/fabel.
·
Guru membimbing siswa dalam memecahkan
masalah mengacu lembar kerja tersebut.
|
Fase 4
Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya
|
·
Peserta didik menganalisis data yang
sudah terkumpul sesuai dengan permasalahan yang terdapat dalam teks
moral/fabel.
·
Peserta didik mengelompokkan data yang
sudah dianalisis berdasarkan kategori permasalahan yang telah dirumuskan.
·
Peserta didik harus memberikan
argumentasi terhadap jawaban dari masalah yang ada dalam teks moral/fabel.
·
Peserta didik diminta untuk menyusun
laporan penelitian secara tertulis sesuai dengan kaidah dan format karya
ilmiah.
·
Peserta didik yang menjadi perwakilan
tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya selama 10 menit di depan
kelas.
·
Peserta didik dalam kelompok lainnya
menanggapi secara kritis tentang kebenaran dan kelogisan jawaban permasalahan
yang dihasilkan dari penelitian dengan masalah yang dirumuskan dari teks
moral/fabel.
|
Fase 5
Menganalisis
dan mengevaluasi proes pemecahan masalah
|
·
Guru bersama peserta didik
menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah yang telah
dipresentasikan setiap kelompok maupun terhadap seluruh aktivitas
pembelajaran yang dilakukan.
·
Guru memberikan penguatan terkait
penguasaan pengetahuan atau konsep tertentu tentang struktur teks cerita
moral/fabel, ciri-ciri, dan bahasanya.
|
Comments
Post a Comment