LK- 4.9 Mengaplikasikan (menulis) Model Pembelajaran Proyek
Nama : Dadan Suandi, S.Pd.
NUPTK : 6853761662200002
Asal Sekolah : SMPN 1 Curugkembar
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis
Proyek (Project Based Learning)
A. Identitas Model
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/2
Materi
Pokok : Teks
cerita biografi
Sub
Materi : Menyusun teks
cerita biografi
Alokasi waktu : 2 x 40 Menit
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
4.2 Menyusun teks cerita moral/fabel, ulasan,
diskusi, cerita prosedur, dan cerita
biografi,
baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator :
·
Menyusun teks cerita biografi
C. Langkah-Langkah Pembelajaran
No.
|
Langkah-Langkah Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
1
|
Penentuan proyek
|
Peserta didik
menentukan data berupa informasi tentang tema/judul proyek dari media cetak
atau elektronik seperti koran, majalah, atau internet
|
2
|
Perancangan
langkah-langkah penyelesaian proyek
|
·
Peserta didik dibimbing guru
mendiskusikan aturan main dan pemilihan aktivitas yang dapat mendukung
pelaksaan proyek
·
Peserta didik mendiskusikan
sumber/bahan/alat pendukung pelaksanaan proyek
·
Peserta didik menyimak
penjelasan guru mengenai penilaian
·
Dalam kelompok masing-masing,
peserta didik mendiskusikan dan merencanakan proyek berupa penentuan fase.
|
3
|
Penyusunan jadwal
pelaksanaan proyek
|
·
Peserta didik membuat
timeline pemilihan dan penyiapan proyek.
·
Peserta didik mendiskusikan
deadline untuk menyelesaikan proyek menyusun teks cerita biografi.
·
Peserta didik mendiskusikan
dan membuat jadwal atau waktu pelaksanaan penyelesaian setiap fase peristiwa
dalam teks cerita biografi yang akan ditulisnya.
|
4
|
Penyelesaian
proyek dengan fasilitator dan monitoring guru
|
Pengolahan
data/fakta/informasi menjadi pernyataan verbal berupa :
·
Penentuan
tokoh idola
·
Penulisan hal-hal
yang berkaitan dengan tokoh idola (nama, tempat dan tanggal kelahirannya,
tempat tinggal, pendidikan, kegemaran, dan perjalanan hidupnya sampai meraih
sukses)
·
Penyusunan teks
cerita biografi berdasarkan data-data yang telah ditentukan.
|
5
|
Penyusunan
laporan dan presentasi/publikasi hasil proyek
|
·
Peserta didik membaca kembali
teks cerita biografi yang sudah ditulis dan memperbaiki jika masih terjadi
kesalahan dengan mengacu pada poin-poin penilaian yang disepakati pada tahap
perencanaan.
·
Peserta didik menempelkan
teks cerita biografi yang sudah dibuatnya di tempat yang sudah disediakan (di
papan tulis).
·
Peserta didik melakukan
kegiatan shopping model, yaitu mengunjungi, membaca, dan menanggapi teks
cerita biografi kelompok lain.
|
6
|
Evaluasi proses
dan hasil proyek
|
·
Peserta didik melakukan
refleksi terhaadp aktivitas dan hasil tugas proyek yang sudah dilaksanakan.
·
Peserta didik menyampaikan
pengalamannya selama menyelesaikan tugas proyek.
·
Peserta didik mendengarkan umpan balik
terhadap proses yang telah dilaksanakan dan produk yang telah dihasilkan.
|
Mata Pelajaran :
Nama Proyek :
Alokasi Waktu :
Guru Pembimbing :
Nama :
NIS :
Kelas :
No.
|
Aspek Penilaian
|
Skor (1-4)
|
1
|
Perencanaan
a. Persiapan
b. Penetuan fase di setiap kegiatan
|
|
2
|
Pelaksanaan
a. Sistematika penulisan
b. Keakuratan sumber data/informasi
c. Kuantitas sumber data/informasi
d. Uraian teks cerita biografi
e. Penarikan simpulan
|
|
3
|
Laporan Proyek
a. Performans
b. Isi laporan
c. Bahasa
|
|
Total Skor
|
|
Comments
Post a Comment