RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
sekolah : SMPN Satap 1 Babakanmindi
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi
: 1. Memahami makna dalam
percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar : 1.1 Merespon
makna dalam percakapan transaksional (to get things done dan interpersonal (bersosialisasi) yang
menggunakan ragam bahasa lisan sangat
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah
dikenal, memperkenalkan diri sendiri/orang lain, dan memerintah atau melarang
Alokasi
Waktu :
4 x 40 menit (2 x pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pada
akhir pembelajaran, peserta didik mampu:
- merespons ungkapan sapaan orang yang sudah / belum dikenal
- merespons perkenalan diri sendiri / orang lain
Pertemuan kedua
Pada
akhir pembelajaran, peserta didik mampu merespons ungkapan perintah /
larangan
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
B. Materi
Pembelajaran
Greetings
|
Responses
|
|
Parting
|
Response
|
Hi,
Hello,
Good
morning
Good
afternoon
Good
evening
|
Hi,
Hello,
Good
morning
Good
afternoon
Good
evening
|
|
Good night
Good to
meet you
Nice to
meet you
Pleased to
meet you
See you
Good bye
Bye
|
Good night
Good to
meet you, too
Nice to
meet you, too
Pleased to
meet you, too
See you
Good bye
Bye
|
Catatan :
Good
morning diucapkan
anatara pukul 00.00 – 12.00
Good
afternoon diucapkan anatara pukul 12.00 – 06.00 (18.00)
Good evening diucapkan anatara pukul
06.00 (18.00) – menjelang tidur
Good night diucapkan saat berpisah pada
malam hari atau akan tidur
Berikut adalah contoh-contoh ucapan
untuk memperkenalkan diri sendiri :
·
I am …
·
My name is …
Berikut
adalah contoh-contoh ucapan memperkenalkan seseorang :
·
I would like to introduce …
·
I would like you to meet …
·
This is …
Example
Expressions Commanding (ungkapan memerintah)
|
Responses
|
|
Example
Expressions Prohibition
(ungkapan
melarang)
|
Responses
|
|
· Come in,
please.
· Look at the
picture.
· Come here,
please.
· Bring the
book.
· Open the
door.
· Close the
door, please.
· Put the
report on my desk
· Sweep the
floor, please.
· Clean the
table, please.
· Wash the
dishes, please.
· Wash the
clothes, please.
· Tidy up
your bed, please.
· Mop the
floor, please.
· Slow down
please.
· Go to the
door, please.
· Touch the
desk
|
·
Water the plant, please.
·
Tend to the garden.
·
Open the window, please.
·
Raise your hand, please.
·
Put the pencil in the pencil case.
·
Get me a broom, please.
·
Show me the picture.
·
Sit down.
·
.
·
Wave your hand.
·
Look at your friend.
·
Stand up, please
|
Sure.
Ok.
All right.
|
|
Don’t
cheat.
Don’t
disturb.
Don’t come
late.
Don’t be
lazy.
Don’t be
noisy.
Don’t be
late.
Don’t use
those shoes.
|
Yes
Ok
Sure
|
C. Metode
Pembelajaran
Contextual Teaching Learning
·
Pemodelan
·
Inquiry
D. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan pertama
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang greeting and introduce)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang cara merespons greeting and introduce)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
F Peserta didik mendengarkan dialog yang dibacakan oleh dua orang peserta didik
lain dan dapat dipercaya mampu melakukannya sebagai model dengan tekun serta
penuh rasa hormat dan perhatian.
Dialogue 1
Ary and Heru are new students. They meet in the
classroom.
Ary : Hi, I am Ary. What’s your name?
Heru : Hi. I’m Heru. I’m from Jakarta. Where
are you from?
Ary : I am from Bandung.It is nice to meet
you.
Heru : Nice to meet you, too.
Dialogue 2
Ranti, Nana,
and Tina are in the classroom.
Tina is
their new classmate. Ranti is introducing Tina to Nana.
Ranti : Good morning, Nana.
Nana : Good morning, Ranti. How are you?
Ranti : Fine, thanks. And you?
Nana : I am fine, too.
Ranti : Nana, this is Tina. She is our new
classmate.
Nana : I am Nana. Nice to meet you?
Tina :It is nice to meet you, too.
F Peserta didik
membahas isi dialog dialog tersebut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan
berikut.
Questions (dialogue 1)
1. Where Heru and Ary?
2. What does Ary
say to introduce himself?
3. Where is Ary
from?
4. What does
Heru say to introduce himself?
5. Where is Heru
from?
6. Mention
greeting, parting, and introduce himself on the dialoge?
Questions
(dialogue 2)
1. Where are
Ranti, Nana, and Tina?
2. Is Tina a new
student?
3. What does
Ranti say to introduce Tina?
4. What does
Nana say to Tina?
5. What does
Tina say to Nana?
6. Mention
greeting, parting, and introduce other on the dialoge?
Elaborasi
F Peserta didik berani dan bertanggung jawab merespon
dialog rumpang yang diberikan guru dengan cara melengkapinya menggunakan greeting and introduce.
F Peserta didik mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru.
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang melengkapi dialog rumpang
yang telah dilakukannya.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada
pertemuan yang akan datang, yaitu expressions
commanding and prohibitions.
Pertemuan kedua
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang expressions commanding and prohibitions)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang cara merespons expressions commanding and
prohibitions)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
F Peserta didik mendengarkan dialog yang dibacakan oleh dua orang peserta didik
lain dan dapat dipercaya mampu melakukannya sebagai model dengan tekun serta
penuh rasa hormat dan perhatian.
Dialogue 1
Situation :
It’s Sunday. Dony and his family are cleaning up the house.
Father : Dony! Come here please.
Dony : What’s wrong, Dad?
Father : Look at the yard. It’s dirty. Sweep the
yard, please.
Dony : Sure.
Father : Thanks, dear.
Ina : Mom, Dad, I am sorry I can’t help
you.
I have to do an assignment with
my friends today.
Mother : That’s OK. But please tidy up your room.
Ina : OK, Mom.
Dialogue 2
Situation :
Rony and his father are in the garden. His father is painting the fence.
Rony has just finished watering the plant.
Father : Rony. Come here, please,please. I need
your help.
Rony : Yes, Dad.
Father : Tend to the garden, please.
Rony :
OK.
Father : And don’t forget to sweep the yard.
Rony : Sure.
Father : Thanks, dear.
( a moment
later)
Father : Rony. Don’t touch the fence. The paint is
still wet.
Rony : Oh, I’m sorry.
F Peserta didik
membahas isi dialog tersebut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan
berikut.
Questions
(dialogue 1)
1.
Where are Doni and his family?
2.
What are they doing?
3.
What does
father ask Dony to do?What does father say?
4.
What does mother ask Tina to do? What does mother say?
5. Mention the
expressions commanding on the
dialogue!
Questions
(dialogue 2)
1. Where are
Rony and his father?
2. What is
Rony’s father doing?
3. What does
Rony’s father ask Rony to do?
4. What does
Rony’s father ask Rony Not to do?
5. What does
father say?
6.
Mention the expressions commanding and prohibitions on the dialogue!
Elaborasi
F Peserta didik berani dan bertanggung jawab merespon
dialog rumpang yang diberikan guru dengan cara melengkapinya menggunakan expressions commanding and prohibitions.
F Peserta didik mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru.
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang melengkapi dialog rumpang
yang telah dilakukannya.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada
pertemuan yang akan datang, yaitu expressions
asking and giving information.
E.
Sumber belajar
·
Priyana, dkk. 2008.
Scaffolding English for Junior High
School Students Grade VII. Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade VII Junior
High School. Bandung : Disdik Jabar
·
Script
percakapan yang memuat greeting and introduce, expressions commanding and prohibitions
F.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
Merespon Ungkapan-ungkapan :
- sapaan orang yang sudah / belum dikenal
-
Perkenalan diri sendiri / orang lain
-Perintah / larangan
|
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes tulis
|
Isian
singkat
Isian
singkat
Isian
singkat
|
Complete
the following dialogues with greeting and parting!
Complete
the following dialogue with the expressions in the box
Complete
the dialogue with expression commanding and prohibition!
|
Lampiran Instrument/soal :
Complete
the following dialogues with greeting and parting!
1. Sanusi : Good morning, Laila.
Laila :
…, Sanusi.
2. Andi : Hello, Tina.
Tina :
…, Andi.
3. Eliza : …, Fery.
Fery :
Good evening, Eliza.
4. Legawa : Good afternoon, Tantri.
Tantri :
…, Legawa.
5. Hadi : Good night, Gery.
Gery :
…, Hadi.
6. Alam meets
his teacher, Mr. Wijaya, on the way home from school.
Alam :
…, Mr. Wijaya
Mr. Wijaya : Oh, Alam. …. How are you?
Alam :
I’m fine, Sir. Thank you.
Mr. Wijaya : Well, take care, OK?
Alam :
Of course, Sir.
Mr. Wijaya : …, Alam.
Alam :
…, Sir.
7. Ebi is on her
way home from the movie theatre. She meets Sigit.
Ebi :
…, Sigit.
Sigit :
…, Ebi. What was the film like?
Ebi :
It was interesting.
Sigit :
Well. It’s getting late. I have to go home now….
Ebi :
me, too. ….
Complete the following dialogue with the expressions
in the box.
My name is
Tania. Where are you from Pleased to meet you
I’m
Viki. I am from
Sukabumi
Tania : Hello,(1)….What’s your name?
Viki : Hello.(2) ….(3)…?
Tania : I am from Bandung. And you?
Adi : (4) ...
Doni : Pleased to meet you.
Dewi : (5) …, too.
Nice to meet
you. Hi.
I’d
like you to meet Dewi. I
am Doni
Situation
: Doni, Dewi, and Adi are in the classroom. They do a mathematics task
together.
Doni : Hi, Adi.
Adi : (1) …, Doni.
Doni : I am sorry. I am late.
Adi : That’s OK. Oh, (2) …. Doni, this is
Dewi. She is my new classmate.
Doni : Hi, (3)…. Nice to meet you.
Dewi : (4) …, too.
Complete
the dialogue!
1.
Mother :
Sinta, wash the dishes, please.
Sinta :
OK, Mom.
Mother : …
2.
Father :
Tend to the garden, please.
Dila :
…
Father :
Thank you.
3.
Aji :
Tina, water the plant, please.
Tina :
Sure.
Aji :…
Pedoman Penilaian
Nilai Peserta didik =
Mengetahui,
Kepala SMPN
Satap 1 Babakanmindi,
Abdul
Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP 19630305
198602 1 005
|
|
Curugkembar, Juli
2016
Guru
Mata Pelajaran,
Dadan
Suandi, S.Pd.
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
sekolah : SMPN Satap 1
Babakanmindi
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami makna dalam percakapan transaksional
dan interpersonal sangat
sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar : 1.2 Merespon makna dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang
menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak
tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf,
dan mengungkapkan kesantunan
Alokasi
Waktu :
4 x 40 Menit ( 2 x Pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu:
·
merespon
ungkapan meminta dan memberi
informasi
·
merespon ungkapan terima kasih
Pertemuan kedua
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu :
·
merespon ungkapan permintaan maaf
·
merespon ungkapan kesantunan
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
B. Materi
Pembelajaran
Contoh ungkapan meminta dan memberi informasi (asking and
giving information)
Expressions to asking information
|
Expressions to giving information
|
Ø
Excuse me. What is your name?
Ø
Can you tell me where you live?
Ø
Can you help me find the laboratory?
Ø
Sorry to trouble yu, but do you know where Anisa is?
Ø
Do you happen to know where the bank is?
Ø
Could anyone tell me when the test is?
|
Ø
My name is Edo.
Ø
I live in Jalan Setiabudhi.
Ø
Take your first right
Ø
Anisa is in the post office.
Ø
Go straight up the street. It’s on the left
Ø
The test is on June 11th, 2015
|
Contoh ungkapan terima kasih (gratitude
or thanks)
Expressions to express
gratitude/thanks
|
Expressions to respond gratitude/thanks
|
Ø
Thank you
Ø
Thanks
Ø
Thank you so much
Ø
Thank you very much
|
Ø
That’s all right.
Ø
My pleasure.
Ø
You are welcome.
Ø
No problem
Ø
Don’t mention it
|
Contoh ungkapan permintaan
maaf (apology/sorry)
Expressions to express apology
|
Expressions to respond apology
|
Ø
Sorry
Ø
I’m sorry
Ø
I’m very sorry
Ø
I apologise for …
Ø
Please excuse me.
Ø
Please accept my apology
|
Ø
Never mind
Ø
That’s all right.
Ø
That’s OK.
Ø
Please don’t be sorry
Ø
It doesn’t matter
|
Contoh ungkapan kesantunan (politeness)
Ø Excuse me,
Ø Pardon.
Ø Please,
C. Metode Pembelajaran
Contextual Teaching Learning
·
Pemodelan
·
Inquiry
D. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan pertama
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang expressions asking and giving information, and
expressions gratitude)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang cara merespons expressions asking and giving
information and expressions gratitude)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
F Peserta didik mendengarkan dialog yang dibacakan oleh dua orang peserta didik
lain dan dapat dipercaya mampu melakukannya sebagai model dengan tekun serta
penuh rasa hormat dan perhatian.
Dialogue
Situation :
Budi and Tina talk about school activities.
Budi : Hi, Tina. How are you?
Tina : Hi, I am fine, thanks.
Budi : Do you join any students activities?
Tina : Yes, I do. I join the tennis club.
Budi : That’s great! Where do you usually play
tennis?
Tina : We play at the tenis court next to the
post office. What activity do you join?
Budi : I don’t join any activity. May I join
the tennis club? It sounds interesting.
Tina : Sure. Come on Saturday at 3 p.m. we can
go together.
Budi : Thank you, Tina. I’ll come.
Tina : You’re welcome. See you, then.
F Peserta didik
membahas isi dialog tersebut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan
berikut.
Questions
(dialogue)
1. Who joins the
tennis club?
2. When does
Tina usually play tennis?
3. Where does
Tina usually play tennis?
4. Mention the
expressions to asking information, giving
information, and to thank/gratitude in
the dialogue?
Elaborasi
F Peserta didik bertanggung jawab merespon dialog
rumpang yang diberikan guru dengan cara melengkapinya menggunakan expressions asking and giving information and expressions gratitude.
F Peserta didik mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru.
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang melengkapi dialog rumpang
yang telah dilakukannya.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada
pertemuan yang akan datang, yaitu expressions
apology, and politeness.
Pertemuan kedua
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang expressionsapology, and politeness)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang cara merespons expressions apology, and politeness)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
F Peserta
didik mendengarkan dialog yang dibacakan oleh dua orang
peserta didik lain dan dapat dipercaya mampu melakukannya sebagai model dengan
tekun serta penuh rasa hormat dan perhatian.
Dialogue 1
Situation : Diana forget to feed her cat, Dora. Her mother is upset.
Diana : Mom,
I’m sorry, I forgot to feed Dora.
Mother : What?
How could you forget? Oh, OK… Never mind. But next time don’t forget.
Dialogue 2
Mrs. Abbas :
Excuse me, I’d like a box of chocolates for my friend.
Assistant :
Yes, Madam. 500 grams?
Mrs. Abaas :
How much is that?
Assistant :
Fifty thousand rupiahs. These are good quality chocolates.
Mrs. Abbas :
OK. I’ll have them.
F Peserta didik
membahas isi dialog tersebut.
Elaborasi
F Peserta didik bertangung jawab merespon dialog rumpang
yang diberikan guru dengan cara melengkapinya menggunakan expressions apology,
and politeness.
F Peserta didik mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru.
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang melengkapi dialog rumpang
yang telah dilakukannya.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada
pertemuan yang akan datang, yaitu menentukan
makna teks fungsional pendek berupa instruksi dan daftar barang.
E. Sumber belajar
·
Priyana, dkk. 2008.
Scaffolding English for Junior High
School Students Grade VII. Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade VII Junior
High School. Bandung : Disdik Jabar
·
Script
percakapan yang memuat expression asking
and giving information, to thanks/gratitude, apology, and politeness.
F. Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
Merespon ungkapan-ungkapan :
Ø Meminta dan memberi
informasi
Ø Ungkapan terima kasih
Ø Permintaan maaf
Ø Kesantunan
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Isian singkat
Isian singkat
Isian singkat
Isian singkat
|
Complete
the following dialogue with expressions asking and giving information in the
box!
Complete
the following dialogue with expressions gratitude!
Complete
the following dialogue with expressions apology!
Complete
the following dialogue with expressions politeness!
|
Lampiran instrument/soal :
Complete the following dialogue with expressions asking
and giving information in the box!
Where is my shoes Behind the chair
Your book is on the table. Do you see my brooch
Where is Spot? The pen is inside the book
1.
Mrs Sugawa :
Okan, …?
Okan :
Your shoes is under the table.
2.
Mr. Felani :
Dear, do you see my book?
Mrs. Felani :
…
3.
Lisa :
Dion, …?
Dion :
Spot is on the chair.
4.
Fikar :
Lola, where are you?
Lola :
…
5.
Eli :
…?
Aya :
Your brooch is beside piles of books.
6.
Soleh :
Anti, do you know where the pen is?
Anti :
…
Complete the following dialogue with expressions
gratitude and apology!
1.
Mother :
Rudi, Can you help me with the groceries?
Rudi :
Of course, Mom.
Mother : …,
Dear.
Rudi :
You’re welcome.
2.
Simon :
Erik, can I borrow your book?
Erik :Sure,
here it is.
Simon :
Thanks a lot.
Erik :
…
3.
Grandmother :
Can you bring me a glass of water?
Sopie :
Here it is.
Grandmother :
…, Dear.
Sopie :
My pleasure.
4.
Kasih :
Did you see my novel? I lost it yesterday.
Mila :
I’m sorry, I don’t.
Kasih : …
5.
Mother :
Santo, have you bought me some sugar?
Santo :
…, Mom. I forgot.
Mother :
Never mind.
6.
Father :
Andi, did you break that glass?
Andi :
Yes, I did. …
Father :
That’s quite all right.
Complete the following dialogue with expressions
politeness!
1.
Riki : Is it your book?
Jamal :
…?
Riki : I said it your book.
2.
Jamal : I
think you’re sitting on my jacket.
Riki : …, I didn’t know that this was
your seat.
Jamal :
That’s all right.
3.
Mr. Andi : …,
I’d like a box of chocolates for my friend.
Dina :
Yes, sir.
Pedoman Penilaian
Nilai Peserta didik =
Mengetahui,
Kepala SMPN
Satap 1 Babakanmindi,
Abdul
Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP 19630305
198602 1 005
|
|
Curugkembar, Agustus 2016
Guru
Mata Pelajaran,
Dadan
Suandi, S.Pd.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
: SMPN Satap 1 Babakanmindi.
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi :
3. Mengungkapkan makna
dalam percakapan transaksional dan
interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
Kompetensi Dasar :
3.1 Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan
menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima
Alokasi
Waktu :
4 x 40 menit ( 2x pertemuan )
1. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pada
akhir pembelajaran, peserta didik mampu mengungkapkan berbagai tindak
tutur :
·
Menyapa yang belum/sudah dikenal
·
Memperkenalkan diri sendiri/orang lain
Pertemuan kedua
Pada
akhir pembelajaran, peserta didik mampu mengungkapkan berbagai tindak
tutur (memerintah/ melarang)
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2. Materi
Pembelajaran
Example dialogue of greeting and
introduce your self
Ary : Hi, I am Ary. What’s your name?
Heru : Hi. I’m Heru.
Example dialogue of introduce other
Ranti : Nana, this is Tina. She is our new classmate.
Nana : I am Nana. Nice to meet you?
Tina :It is nice to meet you, too.
Example dialogue of
commanding and prohibitions
Father : Look at the yard. It’s dirty. Sweep the
yard, please.
Dony : Sure.
Father : Thanks, dear.
Father: Rony.
Don’t touch the fence. The paint is still wet.
Rony : Oh, I’m sorry.
3. Metode Pembelajaran
Contextual
Teaching Learning
·
Pemodelan
·
Konstruktivisme
4. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan pertama
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang greeting and introduce)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang manfaat greeting
and introduce)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
F Peserta didik mendengarkan dialog tentang greeting and introduce yang diperankan dua orang
peserta didik dan dipercaya mampu melakukannya dengan tekun dan penuh perhatian.
F Peserta didik membahas cara mengucapkan ungkapan-ungkapan
sapaan (greeting and introduce dan respon sapaan yang tepat
dalam dialog tersebut dan berlatih menirukannya.
F Peserta didik duduk berpasangan
F Peserta didik mendapatkan informasi dari guru tentang
ilustrasi yang akan diperankannya.
Elaborasi
F Peserta didik secara berpasangan mendiskusikan tentang
dialog yang akan diperankan sesuai ilustrasi yang telah disampaikan oleh guru.
F bertanya jawab
(berdialog) tentang greeting and
introduce sesuai dengan ilustrasi yang diberikan.
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang berdialog yang telah dilakukannya.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik dan
guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik mendapatkan informasi pembelajaran
selanjutnya, yaitu commanding and prohibition.
Pertemuan kedua
Kegiatan
Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang commanding and
prohibition)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang manfaat commanding
and prohibition)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
F Peserta didik membaca contoh dialog yang di dalamnya terdapat
commanding and prohibition dengan tekun dan teliti.
F Peserta didik duduk
berpasangan.
Elaborasi
F Peserta didik bertanya jawab (berdialog) tentang commanding and prohibition sesuai dengan
ilustrasi yang diberikan.
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang berdialog yang telah dilakukannya.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik mendapatkan informasi pembelajaran
selanjutnya, yaitu berdialog tentang meminta dan
memberi informasi.
5. Sumber
belajar
·
Priyana, dkk. 2008.
Scaffolding English for Junior High
School Students Grade VII. Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade VII Junior
High School. Bandung : Disdik Jabar
·
Script percakapan yang di dalamnya terdapat ungkapan greeting, introduce your
self and other, prohibitions and commanding.
6. Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
Mengungkapkan
berbagai tindak tutur:
1.
Menyapa yang (belum/sudah dikenal)
2.
Memperkenalkan diri sendiri/orang lain.
3.
Memerintah/melarang
|
Unjuk kerja
Unjuk kerja
Unjuk kerja
|
Uji petik kerja
Uji petik kerja
Uji petik kerja
|
Create a dialogue with using greeting!
Create a dialogue about introduce!
Create a dialogue with using
commanding/prohibitions!
|
Pedoman Penilaian
Nilai Peserta didik =
Mengetahui,
Kepala SMPN
Satap 1 Babakanmindi,
Abdul
Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP 19630305
198602 1 005
|
|
Curugkembar, Juli
2015
Guru
Mata Pelajaran,
Dadan
Suandi, S.Pd.
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMPN Satap 1
Babakanmindi
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi : 3.
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar : 3.2
Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan
sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi
informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
Alokasi
Waktu :
4 x 40 menit ( 2x pertemuan )
A. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu :
- Bertanya dan menjawab tentang meminta dan memberi informasi
- Bertanya dan menjawab tentang mengucapkan terima kasih
Pertemuan kedua
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu :
- Bertanya dan menjawab tentang meminta maaf
- Bertanya dan menjawab tentang mengungkapkan dan merespons kesantunan
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )
B. Materi Pembelajaran
Example dialogue
of expressions asking and giving information
Budi : Where do you usually play tennis?
Tina : We play at the tenis court next to
the post office.
Example dialogue
of expressions gratitude
Budi : Thank you, Tina. I’ll come.
Tina : You’re welcome. See you, then.
Example dialogue
of expressions apology
Situation :
Diana forget to feed her cat, Dora. Her mother is upset.
Diana: Mom, I’m sorry, I forgot to feed Dora.
Mother: What? How could you forget? Oh, OK… Never mind. But next time
don’t forget.
Example dialogue
of expressions politeness
Mrs. Abbas : Excuse me, I’d like a box of
chocolates for my friend.
Assistant : Yes, Madam..
C. Metode Pembelajaran: Three-Phase Technique
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang expressions asking and
giving information, expressions gratitude)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang manfaat expressions
asking and giving information, expressions gratitude)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
F Peserta didik membaca contoh dialog yang di dalamnya terdapat
expressions asking and giving
information, expressions gratitude
dengan tekun dan teliti.
F Peserta didik duduk
berpasangan.
Elaborasi
F Peserta didik bertanya jawab (berdialog) tentang expressions asking and giving information, expressions
gratitude sesuai dengan ilustrasi yang diberikan.
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang berdialog yang telah dilakukannya.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik mendapatkan informasi pembelajaran
selanjutnya, yaitu expressions apology and
politeness.
Pertemuan kedua
Kegiatan
Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang expressions apology and
politeness)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang manfaat expressions
apology and politeness)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
F Peserta didik membaca contoh dialog yang di dalamnya terdapat
expressions apology and politeness dengan tekun dan teliti.
F Peserta didik duduk
berpasangan.
Elaborasi
F Peserta didik bertanya jawab (berdialog) tentang expressions apology and politeness
sesuai dengan ilustrasi yang diberikan.
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang berdialog yang telah dilakukannya.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik mendapatkan informasi pembelajaran
selanjutnya, yaitu memberi instruksi.
E. Sumber belajar
·
Priyana, dkk. 2008.
Scaffolding English for Junior High
School Students Grade VII. Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade VII Junior
High School. Bandung : Disdik Jabar
·
Script percakapan yang di dalamnya terdapat ungkapan meminta dan memberi informasi, mengucapkan
terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan
dan merespons kesantunan
F. Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
Bertanya
dan menjawab
tentang :
|
Unjuk Kerja
Unjuk Kerja
Unjuk Kerja
Unjuk kerja
|
Uji petik kerja
Uji petik kerja
Uji petik kerja
Uji petik kerja
|
Create a dialogue with using expression asking
and giving information!
Create a dialogue with using
expression gratitude!
Create a dialogue with using expression apology!
Create a dialogue with using expression
politeness!
|
Pedoman
penilaian
Nilai peserta didik =
Mengetahui,
Kepala SMPN
Satap 1 Babakanmindi,
Abdul
Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP 19630305 198602 1 005
|
|
Curugkembar, 2015
Guru Mata
Pelajaran,
Dadan
Suandi, S.Pd.
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMPN Satap 1 Babakanmindi
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar : 2.1 Merespon makna tindak tutur yang terdapat
dalam teks lisan fungsional pendek
sangat sederhana secara akurat, lancar,
dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Alokasi Waktu :
4 x 40 menit ( 2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pada
akhir pembelajaran, peserta didik mampu :
o Menentukan makna dalam teks lisan
fungsional pendek berupa instruksi dan daftar benda / barang
- Mengidentifikasi tujuan teks fungsional
- Mengidentifikasi bentuk teks fungsional
Pertemuan kedua
Pada
akhir pembelajaran, peserta didik mampu :
- Menentukan makna dalam teks lisan fungsional pendek berupa ucapan selamat dan pengumuman.
- Mengidentifikasi tujuan teks fungsional
- Mengidentifikasi bentuk teks fungsional
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
B.
Materi Pembelajaran
Contoh instruksi (instruction)
1. park here
2. push
3. keep tidy
4. put off your
shoes
5. put your bag
here
6. turn of your
computer before you leave the room
7. put the
rubbish into the dustbin
Contoh daftar barang/benda
Things in the classroom
1. Clock 7. Bag
2. Chair 8. Ruler
3. Table 9. Cupboard
4. Pen 10. Eraser
5. Book 11. Window
6. Door 12. Pencil
Contoh pengumuman
Announcement
For : Students of grades VII and VIII
The school holds a Story Telling
Competition on 28 October at the school hall.
For more information and registration,
contact Laila at the Student’s Association office.
Student’s
Association office
Contoh ucapan selamat
Dear Eliza,
I wish you
happiness and success in your life.
Love,
Lina
C. Metode Pembelajaran
Contextual Teaching Learning
- Pemodelan
- Inquiry
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang instruction and list item/thing)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang manfaat instruction and list item/thing)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
F Peserta didik mendengarkan dengan rasa hormat dan
penuh perhatian pembacaan instruction and
list item/thing yang dilakukan seorang peserta didik sebagai model dan
dipercaya mampu melakukannya.
Elaborasi
F Peserta didik dengan tekun, berani dan bertanggung
jawab menentukan makna dalam teks lisan fungsional pendek berupa instruction and list item/thing yang didengarnya tersebut.
F Peserta didik mengidentifikasi tujuan teks fungsional tersebut.
F Peserta didik mengidentifikasi bentuk teks fungsional tersebut.
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang
makna teks fungsional pendek (instruction
and list item/thing) tersebut.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada
pertemuan yang akan datang, yaitu menentukan
makna teks fungsional pendek berupa ucapan selamat dan pengumuman.
Pertemuan kedua
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang greeting card
and announcement)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang manfaat greeting card
and announcement)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
F Peserta didik mendengarkan dengan rasa hormat dan
penuh perhatian pembacaan greeting
card and announcement yang dilakukan
seorang peserta didik sebagai model dan dipercaya mampu melakukannya
Elaborasi
F Peserta didik dengan tekun, berani dan bertanggung
jawab menentukan makna dalam teks lisan fungsional pendek berupa greeting card and announcement yang
didengarnya tersebut.
F Peserta didik mengidentifikasi tujuan teks fungsional tersebut.
F Peserta didik mengidentifikasi bentuk teks fungsional tersebut.
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang
makna teks fungsional pendek (greeting
card and announcement) tersebut.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik dan
guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada
pertemuan yang akan datang, yaitu mengidentifikasi
makna teks fungsional pendek.
E. Sumber belajar
·
Priyana, dkk. 2008.
Scaffolding English for Junior High
School Students Grade VII. Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade VII Junior
High School. Bandung : Disdik Jabar
·
Teks fungsional pendek berupa instruksi, daftar
barang, ucapan selamat, dan pengumuman.
F. Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
1. Menentukan
makna dalam teks lisan fungsional pendek berupa:
- Instruksi
- Daftar benda/
barang
-Ucapan selamat
- Pengumuman
2. Mengidentifikasi tujuan teks fungsional
3. Mengidentifikasi bentuk teks fungsional
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
o
Listen the text and answer
the questions!
o
What is the purpose of functional text above?
o
What is kind of functional text above?
|
Pedoman Penilaian
Nilai Peserta didik =
Mengetahui,
Kepala SMPN
Satap 1 Babakanmindi,
Abdul
Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP 19630305
198602 1 005
|
|
Curugkembar, Agustus 2016
Guru
Mata Pelajaran,
Dadan
Suandi, S.Pd.
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMPN Satap 1 Babakanmindi
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana
untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
Kompetensi Dasar : 2.2 Merespon makna gagasan yang terdapat dalam
teks lisan fungsional pendek sangat
sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Alokasi
Waktu :
4 x 40 menit ( 2 x pertemuan)
1. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
pertama
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu :
·
Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks
lisan fungsional pendek berupa instruction dan shopping list
·
Mengidentifikasi makna interpersonal teks lisan
fungsional pendek pendek berupa instruction dan shopping list.
·
Mengidentifikasi makna tersirat dalam teks lisan
fungsional pendek pendek berupa instruction dan shopping list.
Pertemuan
kedua
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu :
·
Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks
lisan fungsional pendek berupa greeting card and announcement
·
Mengidentifikasi makna interpersonal teks lisan
fungsional pendek pendek berupa greeting card and
announcement
·
Mengidentifikasi makna tersirat dalam teks lisan
fungsional pendek pendek berupa greeting card and
announcement
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2. Materi
Pembelajaran
Teks lisan fungsional
pendek :
·
Instruction
·
Shopping list
·
Greeting card
·
Announcement
3. Metode
Pembelajaran
Contextual Teaching Learning
·
Pemodelan
·
Inquiry
4. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang teks fungsional pendek berupa instruction and shopping list)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang manfaat teks fungsional pendek berupa instruction and shopping list)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
F Peserta didik mendengarkan dengan rasa hormat dan
penuh perhatian pembacaan teks fungsional pendek berupa instruction and shopping list yang dilakukan
seorang peserta didik sebagai model dan dipercaya mampu melakukannya
Elaborasi
F Peserta didik dengan tekun, berani, dan bertanggung jawab mengidentifikasi
makna gagasan dalam teks fungsional pendek berupa instruction and shopping list yang telah didengarnya tersebut.
F Peserta didik
mengidentifikasi
makna interpersonal teks fungsional pendek tersebut.
F Peserta didik mengidentifikasi
makna tersirat teks fungsional pendek tersebut.
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang makna gagasan,
interpersonal, dan makna tersirat teks
fungsional pendek (instruction and shopping list) tersebut.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada
pertemuan yang akan datang, yaitu menentukan
makna teks fungsional pendek berupa ucapan selamat dan pengumuman.
Pertemuan kedua
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang teks fungsional pendek berupa greeting
card and announcement)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang manfaat teks fungsional pendek berupa greeting
card and announcement)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
F Peserta didik mendengarkan dengan rasa hormat dan
penuh perhatian pembacaan teks fungsional pendek berupa greeting card
and announcement yang
dilakukan seorang peserta didik sebagai model dan dipercaya mampu melakukannya
Elaborasi
F Peserta didik dengan tekun, berani, dan bertanggung jawab mengidentifikasi
makna gagasan dalam teks fungsional pendek berupa greeting card and announcement yang telah didengarnya tersebut.
F Peserta didik
mengidentifikasi
makna interpersonal teks fungsional pendek tersebut.
F Peserta didik mengidentifikasi
makna tersirat teks fungsional pendek tersebut.
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang makna gagasan,
interpersonal, dan makna tersirat teks fungsional pendek (greeting card and announcement) tersebut.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada
pertemuan yang akan datang, yaitu
mengidentifikasi
makna teks fungsional pendek.
5. Sumber
belajar
·
Priyana, dkk. 2008.
Scaffolding English for Junior High
School Students Grade VII. Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade VII Junior
High School. Bandung : Disdik Jabar
·
Teks fungsional pendek berupa instruksi, daftar
barang, ucapan selamat, dan pengumuman.
6. Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
1. Mengidentifikasi
makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek berupa:
- Instruksi
- Shopping list
- Greeting card
-
Announcement
2.
Mengidentifikasi makna interpersonal teks lisan
fungsional pendek
3. Mengidentifikasi makna
tersirat dalam teks lisan fungsional pendek
|
Tes lisan
Tes tulis
Unjuk
kerja
Tes tulis
Tes tulis
|
Daftar pertanyaan
Game
Melengkapi
T/F
Pilihan ganda
Menjodoh
kan
Respon dg tindakan
Uraian
|
Listen and answer the questions orally!
Listen and mention as many shopping list
items as you can remember
Listen
to the announcement and fill in the blank spaces
Write
down T/F for the statements below
Choose
the best answer by crossing a, b, c, or d
Match
the statements in list A and B
Listen
to the instruction and do it!
What is meaning implied of short functional text?
|
Pedoman Penilaian
Nilai Peserta didik =
Mengetahui,
Kepala SMPN
Satap Babakanmindi,
Abdul
Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP 19630305
198602 1 005
|
|
Curugkembar, Agustus 2016
Guru
Mata Pelajaran,
Dadan
Suandi, S.Pd.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
: SMPN Satap 1 Babakanmindi
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi : 4. Mengungkapkan makna dalam teks lisan
fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
Kompetensi Dasar : 4.1 Mengungkapkan
makna tindak tutur dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Alokasi
Waktu :
8 x 40 menit ( 4 x pertemuan )
. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pada
akhir pembelajaran, peserta didik mampu memberi instruksi.
Pertemuan kedua
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu menyebutkan daftar
barang.
Pertemuan ketiga
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu mengucapkan selamat
Pertemuan keempat
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu mengumumkan sesuatu dengan singkat
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
B. Materi Pembelajaran
Teks fungsional pendek berbentuk :
·
Instruksi
·
Daftar barang
·
Ucapan selamat
·
Pengumuman
C. Metode Pembelajaran: Three-Phase Technique
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang instruksi)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang cara memberi instruksi)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
F Peserta didik mendengarkan contoh memberi instruksi
dengan tekun dan teliti.
Elaborasi
F Peserta didik memberi instruksi dengan baik dan benar
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang cara
memberi instruksi yang telah dilakukannya.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik mendapatkan informasi pembelajaran
selanjutnya, yaitu menyebutkan daftar barang.
Pertemuan kedua
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang daftar barang)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang cara menyebutkan daftar barang)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
F Peserta didik mendengarkan contoh mmenyebutkan daftar
barang dengan tekun dan teliti.
Elaborasi
F Peserta didik menyebutkan daftar barang dengan baik dan benar
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang cara
menyebutkan
daftar barang yang telah dilakukanya.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik mendapatkan informasi pembelajaran
selanjutnya, yaitu memberi ucapan selamat.
Pertemuan ketiga
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang ucapan selamat)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang cara mengucapkan selamat)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
F Peserta didik mendengarkan contoh mengucapkan selamat
dengan tekun dan teliti.
Elaborasi
F Peserta didik mengucapkan selamat dengan baik dan
benar.
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang cara
mengucapkan selamat yang telah dilakukannya.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik mendapatkan informasi pembelajaran
selanjutnya, yaitu mengumumkan sesuatu.
Pertemuan keempat
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang pengumuman)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang cara mengumumkan)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
F Peserta didik mendengarkan contoh mengumumkan dengan
tekun dan teliti.
Elaborasi
F Peserta didik mengumumkan sesuatu secara singkat dengan
baik dan benar
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang mengumumkan
sesuatu yang telah dilakukannya.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik mendapatkan informasi pembelajaran
selanjutnya, yaitu memberi instruksi.
E. Sumber belajar
·
Priyana, dkk. 2008.
Scaffolding English for Junior High
School Students Grade VII. Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade VII Junior
High School. Bandung : Disdik Jabar
·
Teks fungsional pendek berbentuk instruksi, daftar
barang, pengumuman dan ucapan selamat
F. Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
1.Memberi instruksi
2.Menyebut daftar benda
3.Mengucapkan selamat
4.Mengumumkan dengan
singkat
|
Tes lisan
Unjuk kerja
Unjuk kerja
Unjuk kerja
|
1.Membahasakan
Gambar
2.Uji Petik
3.Uji Petik
4. Uji
Petik
|
1. Give an instruction based on the picture shown!
2. Mention 5 things you have in :
a. Your bag
b. Your bedroom
3.
What would you say to a
friend :
a. on his/her birthday
b. in weekends
c. if he/she has got the best
in class
4. inform your friend about the
coming flag ceremony
through an announcement
|
Pedoman
penilaian
Nilai peserta didik =
Mengetahui,
Kepala SMPN
Satap 1 Babakanmindi,
Abdul
Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP 19630305 198602 1 005
|
|
Curugkembar, 2015
Guru Mata
Pelajaran,
Dadan
Suandi, S.Pd.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMPN Satap 1 Babakanmindi
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi :
4. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar :
4.2 Mengungkapkan makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek sangat
sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Alokasi
Waktu :
8 x 40 menit ( 4 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pada
akhir pembelajaran, peserta didik mampu memberi instruksi secara lisan.
Pertemuan kedua
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu menyebutkan daftar
barang yang dibutuhkan.
Pertemuan ketiga
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu memberi ucapan selamat
Pertemuan keempat
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu mengumumkan sesuatu
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
B. Materi Pembelajaran
Teks fungsional pendek berbentuk :
·
Instruksi
·
Daftar barang
·
Ucapan selamat
·
Pengumuman
C. Metode Pembelajaran: Three-Phase Technique
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang instruksi)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang cara memberi instruksi)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
F Peserta didik mendengarkan contoh memberi instruksi
dengan tekun dan teliti.
Elaborasi
F Peserta didik memberi instruksi dengan baik dan benar
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang cara
memberi instruksi yang telah dilakukannya.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik mendapatkan informasi pembelajaran selanjutnya,
yaitu menyebutkan daftar barang.
Pertemuan kedua
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang daftar barang)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang cara menyebutkan daftar barang)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
F Peserta didik mendengarkan contoh menyebutkan daftar
barang dengan tekun dan teliti.
Elaborasi
F Peserta didik menyebutkan daftar barang yang dibutuhkan
dengan baik dan benar
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang cara
menyebutkan
daftar barang yang telah dilakukanya.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik mendapatkan informasi pembelajaran
selanjutnya, yaitu memberi ucapan selamat.
Pertemuan ketiga
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang ucapan selamat)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang cara mengucapkan selamat)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
F Peserta didik mendengarkan contoh mengucapkan selamat
dengan tekun dan teliti.
Elaborasi
F Peserta didik mengucapkan selamat dengan baik dan
benar.
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang cara
mengucapkan selamat yang telah dilakukannya.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik mendapatkan informasi pembelajaran
selanjutnya, yaitu mengumumkan sesuatu.
Pertemuan keempat
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang pengumuman)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang cara mengumumkan)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
F Peserta didik mendengarkan contoh mengumumkan dengan
tekun dan teliti.
Elaborasi
F Peserta didik mengumumkan sesuatu dengan baik dan benar
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang mengumumkan
sesuatu yang telah dilakukannya.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik mendapatkan informasi pembelajaran
selanjutnya, yaitu melafalkan kata.
E. Sumber belajar
·
Priyana, dkk. 2008.
Scaffolding English for Junior High
School Students Grade VII. Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade VII Junior
High School. Bandung : Disdik Jabar
·
Teks fungsional pendek berbentuk instruksi, daftar
barang, pengumuman dan ucapan selamat
F. Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
1.
Memberi insruksi secara lisan.
2.
Menyebutkan daftar barang yang dibutuhkan.
3.
Memberi ucapan selamat
4.
Mengumumkan sesuatu
|
Tes lisan
Tes lisan
Unjuk kerja
Unjuk kerja
|
Membahasakan gambar
Uraian
Uji Petik
Uji Petik
|
1.
Give instruction to your
friend based on the picture.
2.
Mention the things that you
find in your bedroom
3.
Congratulate your friend on
his / her success in doing
something
4.
Tell your friend about the
coming school holiday
|
Pedoman penilaian
Nilai peserta didik =
Mengetahui,
Kepala SMPN
Satap 1 Babakanmindi,
Abdul
Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP 19630305 198602 1 005
|
|
Curugkembar, 2015
Guru Mata
Pelajaran,
Dadan
Suandi, S.Pd.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMPN Satap 1 Babakanmindi
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi : 5. Memahami
makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan
dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar : 5.1 Membaca nyaring bermakna kata, frasa, dan kalimat
dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan
lingkungan terdekat
Alokasi
Waktu :
4 x 40 menit (2 x pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pada akhir
pembelajaran, peserta didik mampu:
Ø
Melafalkan kata,
frasa dan kalimat dengan baik dan benar
Ø
Membaca kata
frasa dan kalimat dengan intonasi yang benar
Pertemuan kedua
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu membaca nyaring dengan
baik dan benar
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
B. Materi
Pembelajaran
·
Pronunciation (lafal)
·
Stress (tekanan)
·
Intonation (intonasi)
C. Metode
Pembelajaran: Three-Phase Technique
D. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan pertama
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang lafal dan intonasi)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang cara mengucapkan lafal dan intonasi yang baik dan benar)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
F Peserta didik mencermati teks fungsional pendek dengan
tekun dan teliti.
Elaborasi
F Peserta didik melafalkan kata, frasa dan kalimat teks
tersebut dengan baik dan benar.
F Peserta didik membaca kata frasa dan kalimat teks
tersebut dengan intonasi yang benar
Pertemuan kedua
F Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu membaca
nyaring dengan baik dan benar
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang cara
membaca kata frasa dan kalimat dengan intonasi yang benar
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik mendapatkan informasi pembelajaran
selanjutnya, yaitu membaca nyaring teks fungsional pendek.
Pertemuan kedua
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang membaca nyaring)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang cara membaca nyaring)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
F Peserta didik mencermati teks fungsional pendek dengan
tekun dan teliti.
Elaborasi
F Peserta didik membaca nyaring dengan baik dan benar
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang cara
membaca
nyaring yang benar
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik mendapatkan informasi pembelajaran
selanjutnya, yaitu mengidentifikasi teks fungsional pendek berbentuk instruksi.
E. Sumber belajar
·
Priyana, dkk. 2008.
Scaffolding English for Junior High
School Students Grade VII. Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade VII Junior
High School. Bandung : Disdik Jabar
·
Teks fungsional pendek
F. Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
Ø Melafalkan kata, frasa dan kalimat dengan baik dan
benar
Ø Membaca kata frasa dan kalimat dengan intonasi yang
benar
Ø Membaca nyaring dengan baik dan benar
|
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja
Uji petik kerja
Uji petik kerja
|
Ø Read the
sentences aloud!
Ø Read the
all the sentences loudly and carefully.
Ø Read aloud
the text.
|
Pedoman penilaian
Nilai peserta didik =
Mengetahui,
Kepala SMPN
Satap 1 Babakanmindi,
Abdul
Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP 19630305 198602 1 005
|
|
Curugkembar, 2015
Guru Mata
Pelajaran,
Dadan
Suandi, S.Pd.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMPN Satap 1 Babakanmindi
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi :
5. Memahami makna dalam teks tulis
fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan
terdekat
Kompetensi Dasar : 5.2 Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis
fungsional pendek sangat sederhana
secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Alokasi
Waktu :
4 x 40 menit ( 2 x
pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pada akhir
pembelajaran, peserta didik mampu :
· Mengidentifikasi
berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk instruksi dan daftar barang
· Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks yang dibaca
· Membahas
tujuan teks fungsional yang telah dibahas.
Pertemuan kedua
Pada akhir
pembelajaran, peserta didik mampu :
§ Mengidentifikasi
berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk kartu ucapan dan
pengumuman
§ Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks yang dibaca
·
Membahas tujuan teks fungsional yang telah
dibahas
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
B. Materi Pembelajaran
Short functional text :
·
Instruction
·
List items
·
Greeting card
·
Announcement
C. Metode
Pembelajaran: Three-Phase Technique
D. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan pertama
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang instruksi dan daftar barang)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang manfaat instruksi dan daftar barang)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
F Peserta didik membaca teks fungsional pendek berbentuk
instruksi dan daftar barang dengan tekun
dan teliti.
Elaborasi
F Peserta didik mengidentifikasi berbagai informasi
dalam teks fungsional pendek berbentuk instruksi dan daftar barang.
F Peserta didik mengidentifikasi ciri kebahasaan teks yang dibaca
F Peserta didik membahas tujuan teks
fungsional yang telah dibahas
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang informasi,
ciri kebahasaan, dan tujuan teks fungsional pendek berbentuk instruksi dan
daftar barang.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik mendapatkan informasi pembelajaran
selanjutnya, yaitu greeting card.
Pertemuan kedua
Kegiatan
Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang kartu ucapan dan pengumuman)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang manfaat kartu ucapan dan pengumuman)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
F Peserta didik membaca teks fungsional pendek berbentuk
kartu ucapan dan pengumuman
dengan tekun dan teliti.
Elaborasi
F Peserta didik mengidentifikasi berbagai informasi
dalam teks fungsional pendek berbentuk kartu ucapan dan pengumuman
F Peserta didik mengidentifikasi ciri kebahasaan teks yang dibaca
F Peserta didik membahas tujuan teks
fungsional yang telah dibahas
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang informasi,
ciri kebahasaan, dan tujuan teks fungsional pendek berbentuk kartu ucapan dan pengumuman.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik mendapatkan informasi pembelajaran
selanjutnya, yaitu birthday card.
E.
Sumber belajar
·
Priyana, dkk. 2008.
Scaffolding English for Junior High
School Students Grade VII. Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade VII Junior
High School. Bandung : Disdik Jabar
·
Teks instruksi, daftar barang, kartu ucapan, dan
pengumuman
F.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
1. Mengidentifikasi
berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk instruksi, daftar
barang, kartu ucapan, dan pengumuman
2.
Mengidentifikasi ciri
kebahasaan teks yang dibaca
3.
Membahas tujuan masing-masing teks
fungsional yang telah dibahas.
|
Tes tulis
Tes
tulis
Tes tulis
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
Answer
the question below!
What is the characteristic of the text!
What’s the
purpose of the text?
|
Pedoman
penilaian
Nilai peserta didik =
Mengetahui,
Kepala SMPN
Satap 1 Babakanmindi,
Abdul
Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP 19630305 198602 1 005
|
|
Curugkembar, 2015
Guru Mata
Pelajaran,
Dadan
Suandi, S.Pd.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMPN Satap 1 Babakanmindi
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi :
6. Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional pendek
sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar : 6.1 Mengungkapkan makna gagasan
dalam teks tulis fungsional pendek
sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat,
lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Alokasi
Waktu :
6 x 40 menit ( 3 x pertemuan )
A. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu melengkapi
teks fungsional pendek (birthday card dan greeting card)
Pertemuan kedua
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu menyusun
kata/urutan kata menjadi kalimat yang padu
Pertemuan ketiga
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu menulis teks fungsional
pendek (birthday card dan greeting card)
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
B. Materi
Pembelajaran
Birthday card digunakan untuk mengucapkan selamat ulang tahun
kepada yang merayakannya.
Sebuah birthday card terdiri dari bagian-bagain berikut :
1. Greeting (salam), misalnya : Dear …
2. Body/Message, yaitu isi/pesan
3. Complimentary closing, misalnya : Love
4. Sender, yaitu pengirim kartu
Example :
Dear Eliza
I wish you happiness and success in your
life.
Love,
Lina
Greeting Card
Hello, Felli
How’s going?
We’re waiting for your coming…
Please, go home.
Miss
you so much
Hana,
you beloved sister
Mum
and Dad
C. Metode Pembelajaran: Three-Phase Technique
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang birthday card dan greeting card.
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang melengkapi birthday card dan greeting card)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
F Peserta didik membaca teks birthday card dan greeting card dengan tekun dan teliti.
F Peserta didik
dengan bimbingan guru membahas isi birthday
card dan greeting card tersebut.
Elaborasi
F Peserta didik melengkapi teks fungsional pendek
(birthday card dan greeting card)
F Peserta didik mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru.
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang birthday card dan greeting card yang
lengkapnya.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada
pertemuan yang akan datang, yaitu menyusun kata acak menjadi kalimat yang padu.
Pertemuan kedua
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang birthday card dan greeting card.
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang melengkapi birthday card dan greeting card)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
F Peserta didik memahami kata-kata yang disediakan
sekaligus mengartikannya dengan tekun dan teliti.
Elaborasi
F Peserta didik menyusun kata/urutan kata menjadi
kalimat yang padu
F Peserta didik mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru.
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang urutan
kata yang tepat.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada
pertemuan yang akan datang, yaitu menulis birthday
card dan greeting card
Pertemuan ketiga
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang langkah retorika birthday card dan greeting card.
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang cara menulis birthday card dan greeting card)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
F Peserta didik membaca teks birthday card dan greeting card dengan tekun dan teliti.
F Peserta didik
dengan bimbingan guru membahas langkah retorika/bagian teks birthday card dan greeting card
tersebut.
Elaborasi
F Peserta didik menulis teks fungsional pendek (birthday card dan greeting card)
F Peserta didik mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru.
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang menulis
teks birthday card dan greeting card yang
telah dilakukanya.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
E. Sumber belajar
·
Priyana, dkk. 2008.
Scaffolding English for Junior High
School Students Grade VII. Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade VII Junior High School. Bandung : Disdik Jabar
·
Teks birthday
card dan greeting card
F. Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
·
Melengkapi teks
fungsional pendek (birthday card dan greeting card)
·
Menyusun kata/urutan
kata menjadi kalimat yang padu
·
Menulis teks fungsional
pendek (birthday card dan greeting card)
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Melengkapi
Menyusun Kalimat
Esai
|
Complete the following birthday card and greeting
card with the words provided in the box!
Arranged the jumbled words into good sentences
Make a greeting card (choose the
topic you prefer: Happy birthday, Wedding, Season’s greeting)
|
Lampiran
instrumen/soal :
Complete the following greeting card with the words provided in the box.
Spend some time party wait to see you
It’s been two months last time I
miss you
For Mira,
A best friend
Hi, Mira! How are you? … since the … we played
basketball in my school yard. Let’s meet again and … at my house. How about
having an “ayam bakar” … with my family? Can’t …
Love
and Hug,
Nina
Fill in
the blanks the following birthday card
with the words provided in the box.
wish birthday today starting
happy
Dear Dony,
…
you a very happy …. May … be your … day
for a … life.
Yours,
Anna
Arranged the jumbled
words into good sentences
1.
you – a – happy –
very – wish – birthday
2.
today – be – may
– starting – your – for – day – a – life – happy
3.
wish – I – you –
and – happiness – success – in – your – life
4.
we – waiting –
are – your – for – waiting
5.
go – please –
soon - home
Your
teacher celebrates his birthday on 15 November. Write a birthday card and send
it to him.
Read the
following situation carefully then write its greeting card.
1. Nina writes a greeting card to his best friend Fiza in
Bandung. She writes that she wants to visit his sometimes and goes around
Bandung all day long.
2. Tika writes to her friend, Alifa, in Sukabumi that she
misses her very much and asks Alifa to write her about Alifa’s activity lately.
Pedoman Penilaian
Nilai Peserta didik =
Mengetahui,
Kepala SMPN
Satap 1 Babakanmindi,
Abdul
Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP 19630305
198602 1 005
|
|
Curugkembar, 2015
Guru
Mata Pelajaran,
Dadan
Suandi, S.Pd.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMPN Satap 1 Babakanmindi
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi :
6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar : 6.2 Mengungkapkan langkah
retorika dalam teks tulis fungsional pendek
sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat,
lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Alokasi
Waktu :
4 x 40 menit ( 2 x Pertemuan )
A. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
pertama
Pada
akhir pembelajaran, peserta didik mampu membuat teks fungsional pendek (announcement
dan short message)
Pertemuan
kedua
Pada
akhir pembelajaran, peserta didik mampu menggunakan langkah retorika dalam
menulis teks fungsional pendek (announcement dan short message)
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
B. Materi
Pembelajaran
Teks announcement
biasanya terdiri atas bagian-bagian berikut :
- Head, misalnya Announcement
- Body, yaitu isi atau pesan dari pengumuman
- Closing, misalnya For more information, contact …
- Writer, yaitu pihak yang mengumumkan
Example :
ANNOUNCEMENT
Assignment for year VII students
Go to the library and borrow an english magazine. Find
an article on school life and write a summary. nSubmit it next week.
See Mrs. Ratna in the teacher’s room for further
information.
Mrs. Ratna
Teks
short message biasanya terdiri atas bagian-bagian berikut :
1. Greeting (salam)
2. Body/message
3. Complimentary closing
4. Sender
Example :
Dear Nanda,
Please meet me at the library at 3:30 p.m. I’ll be
waiting at the main entrance.
See
you later,
Mega
C. Metode
Pembelajaran: Three-Phase Technique
D. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan pertama
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang announcement dan short message)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang cara membuat teks announcement dan short
message)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
F Peserta didik membaca contoh teks announcement dan short
message dengan tekun dan teliti.
F Peserta didik
dengan bimbingan guru membahas isi teks announcement dan short message
tersebut.
Elaborasi
F Peserta didik membuat teks fungsional pendek berbentuk
announcement dan short message dengan cara melengkapi teks yang dirumpangkan
tersebut.
F Peserta didik mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru.
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang melengkapi teks announcement dan short message yang dirumpangkan
tersebut.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
F Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada
pertemuan yang akan datang, yaitu menggunakan langkah retorika dalam menulis
teks fungsional pendek.
Pertemuan kedua
Kegiatan Awal
F Mengondisikan kelas
(mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F Apersepsi (Peserta didik
bertanya jawab dengan guru tentang langkah retorika teks announcement dan short
message)
F Motivasi (Peserta didik
diberi gambaran tentang cara menulis teks announcement dan short
message berdasarkan langkah retorika)
F Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
F Peserta didik membaca contoh teks announcement dan short
message dengan tekun dan teliti.
F Peserta didik
dengan bimbingan guru membahas langkah retorika teks announcement dan short message tersebut.
Elaborasi
F Peserta didik menulis teks fungsional pendek berbentuk
announcement dan short message dengan menggunakan langkah retorika..
F Peserta didik mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru.
Konfirmasi
F Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang menulis
teks fungsional pendek berbentuk announcement
dan short message dengan menggunakan
langkah retorika yang telah dilakukannya.
Kegiatan Akhir
F Peserta didik
dan guru mengadakan refleksi.
E.
Sumber belajar
·
Priyana, dkk. 2008.
Scaffolding English for Junior High
School Students Grade VII. Jakarta : Depdiknas
·
Wardiman, dkk.
2009. English in Focus for Grade VII Junior
High School. Bandung : Disdik Jabar
·
Announcement text dan short message
F.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
1.
Membuat teks fungsional pendek (announcement dan short message)
2.
Menggunakan langkah retorika dalam menulis
teks fungsional pendek (announcement
dan short message)
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Melengkapi
Uraian
|
Complete
the following announcement with the words in the box!
Complete
each short message below. Then clues will guide you.
Write a short announcement about a student
activity at your school. Use the outline (langkah retorika) below.
Write
a short message based on the given situation (Mrs. Ratna leaves early. She
wants to leave a message for her daughter, Sinta to sweep the floor, wash the dishes, don’t
leave the lamp on)
|
Lampiran
instrument/soal :
Complete
the following announcement with the words in the box!
clean sweep dustbin turn off close
ANNOUNCEMENT
For : Year VII students
Before you leave the classroom :
1.
… the blackboard.
2.
… the floor.
3.
Put the rubbish
in the …
4.
… the lamp.
5.
… the windows and
doors.
Thank
you,
Mr. Gary
Write an announcement. The school
board is going to have a meeting on Thursday, 10th March, 2015 at 10
o’clock. School will be over at 9:30.
There will be a …
On … at …
The school …
Complete
each short message below. Then clues will guide you.
- Write a note to your father. Ask him to pick you up at school at 3:00 p.m.. Tell him that you will be waiting at the gate.
Dad,
… at
3:00 p.m. I’ll be
…
- Leave a note for your friend, Dinda. Tell her that you are sorry. You will not be able to meet her on Friday. Ask her to call you later.
Dinda,
I’m …, I
can’t … Just
Call …
- Write a note to your sister, Lisa. Tell her that you have to go early. Ask her to come to school.
Lisa,
I have
…, just …
Write a short announcement about a student activity
at your school. Use the outline (langkah retorika) below.
Head …
Body …………………………………………………………...
………………………………………………………………….
Closing ………………………………………………………..
Writer …………………………………………………………
Write a
short message based on the given situation (Mrs. Ratna leaves early. She wants
to leave a message for her daughter, Sinta
to sweep the floor, wash the dishes, don’t leave the lamp on)
Pedoman Penilaian
Nilai Peserta didik =
Mengetahui,
Kepala SMPN
Satap 1 Babakanmindi,
Abdul
Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP 19630305
198602 1 005
|
|
Curugkembar, 2015
Guru
Mata Pelajaran,
Dadan
Suandi, S.Pd.
|
Comments
Post a Comment