Skip to main content

RPP KTSP BAHASA INGGRIS KELAS VII SEMESTER 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah              : SMPN Satap 1 Babakanmindi
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi    : 1.   Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal  sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar       : 1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done dan  interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa    lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri/orang lain, dan memerintah atau melarang
Alokasi Waktu             : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu:
  • merespons ungkapan sapaan orang yang sudah / belum dikenal
  • merespons perkenalan diri sendiri / orang lain
Pertemuan kedua
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu  merespons ungkapan perintah / larangan

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )

B.   Materi Pembelajaran
Greetings
Responses

Parting
Response
Hi,
Hello,
Good morning
Good afternoon
Good evening
Hi,
Hello,
Good morning
Good afternoon
Good evening

Good night
Good to meet you
Nice to meet you
Pleased to meet you
See you
Good bye
Bye
Good night
Good to meet you, too
Nice to meet you, too
Pleased to meet you, too
See you
Good bye
Bye
Catatan :
       Good morning  diucapkan anatara pukul 00.00 – 12.00
       Good afternoon diucapkan anatara pukul 12.00 – 06.00 (18.00)
Good evening diucapkan anatara pukul 06.00 (18.00) – menjelang tidur
Good night diucapkan saat berpisah pada malam hari atau akan tidur

Berikut adalah contoh-contoh ucapan untuk memperkenalkan diri sendiri :
·         I am …
·         My name is …
       Berikut adalah contoh-contoh ucapan memperkenalkan seseorang :
·         I would like to introduce …
·         I would like you to meet …
·         This is …
Example Expressions Commanding (ungkapan memerintah)
Responses

Example Expressions Prohibition
(ungkapan melarang)
Responses
· Come in, please.
· Look at the picture.
· Come here, please.
· Bring the book.
· Open the door.
· Close the door, please.
· Put the report on my desk
· Sweep the floor, please.
· Clean the table, please.
· Wash the dishes, please.
· Wash the clothes, please.
· Tidy up your bed, please.
· Mop the floor, please.
· Slow down please.
· Go to the door, please.
· Touch the desk
·      Water the plant, please.
·      Tend to the garden.
·      Open the window, please.
·      Raise your hand, please.
·      Put the pencil in the pencil case.
·      Get me a broom, please.
·      Show me the picture.
·      Sit down.
·      .
·      Wave your hand.
·      Look at your friend.
·      Stand up, please
Sure.
Ok.
All right.


Don’t cheat.
Don’t disturb.
Don’t come late.
Don’t be lazy.
Don’t be noisy.
Don’t be late.
Don’t use those shoes.

Yes
Ok
Sure







C.     Metode Pembelajaran
Contextual Teaching Learning
·         Pemodelan
·         Inquiry

D.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
 Kegiatan Awal
F  Mengondisikan kelas (mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F  Apersepsi (Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang greeting and introduce)
F  Motivasi (Peserta didik diberi gambaran tentang cara merespons greeting and introduce)
F  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
F  Peserta didik mendengarkan dialog  yang dibacakan oleh dua orang peserta didik lain dan dapat dipercaya mampu melakukannya sebagai model dengan tekun serta penuh rasa hormat dan perhatian.
Dialogue 1
Ary and Heru are new students. They meet in the classroom.
Ary         : Hi, I am Ary. What’s your name?
Heru       : Hi. I’m Heru. I’m from Jakarta. Where are you from?
Ary         : I am from Bandung.It is nice to meet you.
Heru       : Nice to meet you, too.

Dialogue 2
Ranti, Nana, and Tina are in the classroom.
Tina is their new classmate. Ranti is introducing Tina to Nana.
Ranti       : Good morning, Nana.
Nana      : Good morning, Ranti. How are you?
Ranti       : Fine, thanks. And you?
Nana      : I am fine, too.
Ranti       : Nana, this is Tina. She is our new classmate.
Nana      : I am Nana. Nice to meet you?
Tina        :It is nice to meet you, too.
F  Peserta didik  membahas isi dialog dialog  tersebut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
Questions (dialogue 1)
1.      Where Heru and Ary?
2.      What does Ary say to introduce himself?
3.      Where is Ary from?
4.      What does Heru say to introduce himself?
5.      Where is Heru from?
6.      Mention greeting, parting, and introduce himself on the dialoge?

Questions (dialogue 2)
1.      Where are Ranti, Nana, and Tina?
2.      Is Tina a new student?
3.      What does Ranti say to introduce Tina?
4.      What does Nana say to Tina?
5.      What does Tina say to Nana?
6.      Mention greeting, parting, and introduce other on the dialoge?
Elaborasi
F  Peserta didik berani dan bertanggung jawab merespon dialog rumpang yang diberikan guru dengan cara melengkapinya menggunakan greeting and introduce.
F  Peserta didik mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru.
Konfirmasi
F  Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang melengkapi dialog rumpang yang telah dilakukannya.
Kegiatan Akhir
F  Peserta didik  dan guru mengadakan refleksi.
F  Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada pertemuan yang akan datang, yaitu expressions commanding and prohibitions.

Pertemuan kedua
 Kegiatan Awal
F  Mengondisikan kelas (mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F  Apersepsi (Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang expressions commanding and prohibitions)
F  Motivasi (Peserta didik diberi gambaran tentang cara merespons expressions commanding and prohibitions)
F  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
F  Peserta didik mendengarkan dialog  yang dibacakan oleh dua orang peserta didik lain dan dapat dipercaya mampu melakukannya sebagai model dengan tekun serta penuh rasa hormat dan perhatian.
Dialogue 1
Situation : It’s Sunday. Dony and his family are cleaning up the house.
Father    : Dony! Come here please.
Dony      : What’s wrong, Dad?
Father    : Look at the yard. It’s dirty. Sweep the yard, please.
Dony      : Sure.
Father    : Thanks, dear.
Ina         : Mom, Dad, I am sorry I can’t help you.
                I have to do an assignment with my friends today.
Mother   : That’s OK. But please tidy up your room.
Ina         : OK, Mom.

Dialogue 2
Situation : Rony and his father are in the garden. His father is painting the fence.
               Rony has just finished watering the plant.
Father    : Rony. Come here, please,please. I need your help.
Rony      : Yes, Dad.
Father    : Tend to the garden, please.
Rony      : OK.
Father    : And don’t forget to sweep the yard.
Rony      : Sure.
Father    : Thanks, dear.
( a moment later)
Father    : Rony. Don’t touch the fence. The paint is still wet.
Rony      : Oh, I’m sorry.
F  Peserta didik  membahas isi dialog tersebut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
Questions (dialogue 1)
1.   Where are Doni and his family?
2.   What are they doing?
3.   What does  father ask Dony to do?What does father say?
4.   What does mother ask Tina to do? What does mother say?
5.   Mention the expressions commanding on the dialogue!

Questions (dialogue 2)
1.      Where are Rony and his father?
2.      What is Rony’s father doing?
3.      What does Rony’s father ask Rony to do?
4.      What does Rony’s father ask Rony Not to do?
5.      What does father say?
6.      Mention the expressions commanding and prohibitions on the dialogue!
Elaborasi
F  Peserta didik berani dan bertanggung jawab merespon dialog rumpang yang diberikan guru dengan cara melengkapinya menggunakan expressions commanding and prohibitions.
F  Peserta didik mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru.
Konfirmasi
F  Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang melengkapi dialog rumpang yang telah dilakukannya.
Kegiatan Akhir
F  Peserta didik  dan guru mengadakan refleksi.
F  Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada pertemuan yang akan datang, yaitu expressions asking and giving information.

E.     Sumber belajar
·      Priyana, dkk. 2008. Scaffolding English for Junior High School Students Grade VII. Jakarta : Depdiknas
·      Wardiman, dkk. 2009. English in Focus for Grade VII Junior High School. Bandung : Disdik Jabar
·      Script percakapan yang memuat  greeting and introduce, expressions commanding and prohibitions

F.        Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Merespon Ungkapan-ungkapan :
- sapaan orang yang sudah / belum dikenal
- Perkenalan diri sendiri / orang lain
-Perintah / larangan



Tes tulis

Tes tulis

Tes tulis


Isian singkat

Isian singkat

Isian singkat


Complete the following dialogues with greeting and parting!
Complete the following dialogue with the expressions in the box
Complete the dialogue with expression commanding and prohibition!





Lampiran Instrument/soal :
     Complete the following dialogues with greeting and parting!

1.      Sanusi : Good morning, Laila.
Laila    : …, Sanusi.
2.      Andi     : Hello, Tina.
Tina     : …, Andi.
3.      Eliza     : …, Fery.
Fery     : Good evening, Eliza.
4.      Legawa            : Good afternoon, Tantri.
Tantri   : …, Legawa.
5.      Hadi     : Good night, Gery.
Gery     : …, Hadi.
6.      Alam meets his teacher, Mr. Wijaya, on the way home from school.
Alam                : …, Mr. Wijaya
Mr. Wijaya       : Oh, Alam. …. How are you?
Alam                : I’m fine, Sir. Thank you.
Mr. Wijaya       : Well, take care, OK?
Alam                : Of course, Sir.
Mr. Wijaya       : …, Alam.
Alam                : …, Sir.
7.      Ebi is on her way home from the movie theatre. She meets Sigit.
Ebi       : …, Sigit.
Sigit     : …, Ebi. What was the film like?
Ebi       : It was interesting.
Sigit     : Well. It’s getting late. I have to go home now….
Ebi       : me, too. ….

Complete the following dialogue with the expressions in the box.
My name is Tania.       Where are you from     Pleased to meet you
                        I’m Viki.                       I am from Sukabumi
            Tania   : Hello,(1)….What’s your name?
            Viki      : Hello.(2) ….(3)…?
            Tania   : I am from Bandung. And you?
            Adi       : (4) ...
            Doni    : Pleased to meet you.
            Dewi    : (5) …, too.
Nice to meet you.                                 Hi.
                        I’d like you to meet Dewi.                    I am Doni
            Situation : Doni, Dewi, and Adi are in the classroom. They do a mathematics task together.
            Doni    : Hi, Adi.
            Adi       : (1) …, Doni.
            Doni    : I am sorry. I am late.
            Adi       : That’s OK. Oh, (2) …. Doni, this is Dewi. She is my new classmate.
            Doni    : Hi, (3)…. Nice to meet you.
            Dewi    : (4) …, too.
            Complete the dialogue!
1.      Mother       : Sinta, wash the dishes, please.
Sinta          : OK, Mom.
Mother       : …
2.      Father        : Tend to the garden, please.
Dila           : …
Father        : Thank you.
3.      Aji              : Tina, water the plant, please.
Tina           : Sure.
Aji              :…
Pedoman Penilaian
Nilai Peserta didik =
Mengetahui,
Kepala SMPN Satap 1 Babakanmindi,



Abdul Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP  19630305 198602 1 005

Curugkembar,       Juli   2016
Guru Mata Pelajaran,



Dadan Suandi, S.Pd.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah             : SMPN Satap 1 Babakanmindi
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi      : 1.     Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal          sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar         : 1.2   Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
Alokasi Waktu             : 4 x 40 Menit ( 2 x Pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu:
·         merespon ungkapan meminta dan memberi informasi
·         merespon ungkapan terima kasih
Pertemuan kedua
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu :
·         merespon ungkapan permintaan maaf
·         merespon ungkapan kesantunan

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

B.     Materi Pembelajaran
Contoh ungkapan meminta dan memberi informasi (asking and giving information)
Expressions to asking information
Expressions to giving information
Ø  Excuse me. What is your name?
Ø  Can you tell me where you live?
Ø  Can you help me find the laboratory?
Ø  Sorry to trouble yu, but do you know where Anisa is?
Ø  Do you happen to know where the bank is?
Ø  Could anyone tell me when the test is?
Ø  My name is Edo.
Ø  I live in Jalan Setiabudhi.
Ø  Take your first right
Ø  Anisa is in the post office.
Ø  Go straight up the street. It’s on the left
Ø  The test is on June 11th, 2015
Contoh ungkapan terima kasih (gratitude or thanks)
Expressions to express gratitude/thanks
Expressions to respond gratitude/thanks
Ø  Thank you
Ø  Thanks
Ø  Thank you so much
Ø  Thank you very much

Ø That’s all right.
Ø My pleasure.
Ø You are welcome.
Ø No problem
Ø Don’t mention it
Contoh ungkapan permintaan maaf (apology/sorry)
Expressions to express apology
Expressions to respond apology
Ø  Sorry
Ø  I’m sorry
Ø  I’m very sorry
Ø  I apologise for …
Ø  Please excuse me.
Ø  Please accept my apology
Ø Never mind
Ø That’s all right.
Ø That’s OK.
Ø Please don’t be sorry
Ø It doesn’t matter

Contoh ungkapan kesantunan (politeness)
Ø  Excuse me,
Ø  Pardon.
Ø  Please,

C.     Metode Pembelajaran
Contextual Teaching Learning
·         Pemodelan
·         Inquiry

D.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Kegiatan Awal
F  Mengondisikan kelas (mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F  Apersepsi (Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang expressions asking and giving information, and expressions gratitude)
F  Motivasi (Peserta didik diberi gambaran tentang cara merespons expressions asking and giving information and expressions gratitude)
F  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
F  Peserta didik mendengarkan dialog  yang dibacakan oleh dua orang peserta didik lain dan dapat dipercaya mampu melakukannya sebagai model dengan tekun serta penuh rasa hormat dan perhatian.
Dialogue
Situation : Budi and Tina talk about school activities.
Budi       : Hi, Tina. How are you?
Tina       : Hi, I am fine, thanks.
Budi       : Do you join any students activities?
Tina       : Yes, I do. I join the tennis club.
Budi       : That’s great! Where do you usually play tennis?
Tina       : We play at the tenis court next to the post office. What activity do you join?
Budi       : I don’t join any activity. May I join the tennis club? It sounds interesting.
Tina       : Sure. Come on Saturday at 3 p.m. we can go together.
Budi       : Thank you, Tina. I’ll come.
Tina       : You’re welcome. See you, then.
F  Peserta didik  membahas isi dialog tersebut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
Questions (dialogue)
1.      Who joins the tennis club?
2.      When does Tina usually play tennis?
3.      Where does Tina usually play tennis?
4.      Mention the expressions to asking information,  giving information, and  to thank/gratitude in the dialogue?
Elaborasi
F  Peserta didik bertanggung jawab merespon dialog rumpang yang diberikan guru dengan cara melengkapinya menggunakan expressions asking and giving information and expressions gratitude.
F  Peserta didik mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru.
Konfirmasi
F  Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang melengkapi dialog rumpang yang telah dilakukannya.
Kegiatan Akhir
F  Peserta didik  dan guru mengadakan refleksi.
F  Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada pertemuan yang akan datang, yaitu expressions apology, and  politeness.

Pertemuan kedua
 Kegiatan Awal
F  Mengondisikan kelas (mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F  Apersepsi (Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang expressionsapology, and  politeness)
F  Motivasi (Peserta didik diberi gambaran tentang cara merespons expressions apology, and  politeness)
F  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
F  Peserta didik mendengarkan dialog  yang dibacakan oleh dua orang peserta didik lain dan dapat dipercaya mampu melakukannya sebagai model dengan tekun serta penuh rasa hormat dan perhatian.
Dialogue 1
                  Situation : Diana forget to feed her cat, Dora. Her mother is upset.
                  Diana  : Mom, I’m sorry, I forgot to feed Dora.
                  Mother : What? How could you forget? Oh, OK… Never mind. But next time don’t forget.
                  Dialogue 2
                  Mrs. Abbas      : Excuse me, I’d like a box of chocolates for my friend.
                  Assistant          : Yes, Madam. 500 grams?
                  Mrs. Abaas      : How much is that?
                  Assistant          : Fifty thousand rupiahs. These are good quality chocolates.
                  Mrs. Abbas      : OK. I’ll have them.
F  Peserta didik  membahas isi dialog  tersebut.
Elaborasi
F  Peserta didik bertangung jawab merespon dialog rumpang yang diberikan guru dengan cara melengkapinya menggunakan expressions apology, and  politeness.
F  Peserta didik mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru.
Konfirmasi
F  Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang melengkapi dialog rumpang yang telah dilakukannya.
Kegiatan Akhir
F  Peserta didik  dan guru mengadakan refleksi.
F  Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada pertemuan yang akan datang, yaitu menentukan makna teks fungsional pendek berupa instruksi dan daftar barang.

E. Sumber belajar
·      Priyana, dkk. 2008. Scaffolding English for Junior High School Students Grade VII. Jakarta : Depdiknas
·      Wardiman, dkk. 2009. English in Focus for Grade VII Junior High School. Bandung : Disdik Jabar
·      Script percakapan yang memuat expression asking and giving information, to thanks/gratitude, apology, and politeness.

F. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Merespon ungkapan-ungkapan :
Ø  Meminta dan memberi informasi

Ø  Ungkapan terima kasih

Ø  Permintaan maaf

Ø  Kesantunan

Tes tulis


Tes tulis

Tes tulis

Tes tulis

Isian singkat


Isian singkat

Isian singkat

Isian singkat

Complete the following dialogue with expressions asking and giving information in the box!
Complete the following dialogue with expressions gratitude!
Complete the following dialogue with expressions apology!
Complete the following dialogue with expressions politeness!

Lampiran instrument/soal :
Complete the following dialogue with expressions asking and giving information in the box!
Where is my shoes                               Behind the chair
Your book is on the table.                    Do you see my brooch
Where is Spot?                                     The pen is inside the book

1.      Mrs Sugawa          : Okan, …?
Okan                      : Your shoes is under the table.
2.      Mr. Felani             : Dear, do you see my book?
Mrs. Felani                        : …
3.      Lisa            : Dion, …?
Dion          : Spot is on the chair.
4.      Fikar          : Lola, where are you?
Lola           : …
5.      Eli              : …?
Aya            : Your brooch is beside piles of books.
6.      Soleh         : Anti, do you know where the pen is?
Anti            : …

Complete the following dialogue with expressions gratitude and apology!

1.      Mother       : Rudi, Can you help me with the groceries?
Rudi           : Of course, Mom.
Mother       : …, Dear.
Rudi           : You’re welcome.
2.      Simon        : Erik, can I borrow your book?
Erik            :Sure, here it is.
Simon        : Thanks a lot.
Erik            : …
3.      Grandmother         : Can you bring me a glass of water?
Sopie                     : Here it is.
Grandmother         : …, Dear.
Sopie                     : My pleasure.
4.      Kasih         : Did you see my novel? I lost it yesterday.
Mila           : I’m sorry, I don’t.
Kasih         : …
5.      Mother       : Santo, have you bought me some sugar?
Santo         : …, Mom. I forgot.
Mother       : Never mind.
6.      Father        : Andi, did you break that glass?
Andi           : Yes, I did. …
Father        : That’s quite all right.

Complete the following dialogue with expressions politeness!
1.      Riki                        : Is it your book?
Jamal         : …?
Riki                        : I said it your book.
2.      Jamal         : I think you’re sitting on my jacket.
Riki                        : …, I didn’t know that this was your seat.
Jamal         : That’s all right.
3.      Mr. Andi    : …, I’d like a box of chocolates for my friend.
Dina          : Yes, sir.

Pedoman Penilaian
Nilai Peserta didik =

Mengetahui,
Kepala SMPN Satap 1 Babakanmindi,




Abdul Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP  19630305 198602 1 005

Curugkembar,       Agustus  2016
Guru Mata Pelajaran,




Dadan Suandi, S.Pd.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah              : SMPN Satap 1 Babakanmindi.
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi    : 3.   Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan       interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar       : 3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima
Alokasi Waktu             : 4 x 40 menit ( 2x pertemuan )

1.      Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu mengungkapkan berbagai tindak tutur :
·         Menyapa yang belum/sudah dikenal
·         Memperkenalkan diri sendiri/orang lain
Pertemuan kedua
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu mengungkapkan berbagai tindak tutur (memerintah/ melarang)

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )

2.      Materi Pembelajaran
Example dialogue of greeting and introduce your self
Ary  : Hi, I am Ary. What’s your name?
Heru  : Hi. I’m Heru.
            Example dialogue of  introduce other
Ranti : Nana, this is Tina. She is our new classmate.
Nana : I am Nana. Nice to meet you?
Tina   :It is nice to meet you, too.
Example dialogue of  commanding and prohibitions
Father    : Look at the yard. It’s dirty. Sweep the yard, please.
Dony      : Sure.
Father    : Thanks, dear.
Father: Rony. Don’t touch the fence. The paint is still wet.
Rony  : Oh, I’m sorry.

3.      Metode Pembelajaran
Contextual Teaching Learning
·         Pemodelan
·         Konstruktivisme 

4.      Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
 Kegiatan Awal
F  Mengondisikan kelas (mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F  Apersepsi (Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang greeting and introduce)
F  Motivasi (Peserta didik diberi gambaran tentang manfaat greeting and introduce)
F  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

Kegiatan Inti
Eksplorasi
F  Peserta didik mendengarkan dialog  tentang  greeting and introduce yang diperankan dua orang peserta didik dan dipercaya mampu melakukannya dengan tekun dan penuh perhatian.
F  Peserta didik membahas cara mengucapkan ungkapan-ungkapan sapaan (greeting and introduce dan respon sapaan yang tepat dalam dialog tersebut dan berlatih menirukannya.
F  Peserta didik duduk berpasangan
F  Peserta didik mendapatkan informasi dari guru tentang ilustrasi yang akan diperankannya.
Elaborasi
F  Peserta didik secara berpasangan mendiskusikan tentang dialog yang akan diperankan sesuai ilustrasi yang telah disampaikan oleh guru.
F   bertanya jawab (berdialog) tentang greeting and introduce sesuai dengan ilustrasi yang diberikan.
Konfirmasi
F  Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang berdialog yang telah dilakukannya.
   Kegiatan Akhir
F  Peserta didik  dan guru mengadakan refleksi.
F  Peserta didik mendapatkan informasi pembelajaran selanjutnya, yaitu commanding and prohibition.
Pertemuan kedua
 Kegiatan Awal
F  Mengondisikan kelas (mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F  Apersepsi (Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang commanding and prohibition)
F  Motivasi (Peserta didik diberi gambaran tentang manfaat commanding and prohibition)
F  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
F  Peserta didik membaca contoh dialog  yang di dalamnya terdapat commanding and prohibition dengan tekun dan teliti.
F  Peserta didik duduk berpasangan.
Elaborasi
F  Peserta didik bertanya jawab (berdialog) tentang commanding and prohibition sesuai dengan ilustrasi yang diberikan.
Konfirmasi
F  Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang berdialog yang telah dilakukannya.
   Kegiatan Akhir
F  Peserta didik  dan guru mengadakan refleksi.
F  Peserta didik mendapatkan informasi pembelajaran selanjutnya, yaitu berdialog tentang meminta dan memberi informasi.
5. Sumber belajar
·      Priyana, dkk. 2008. Scaffolding English for Junior High School Students Grade VII. Jakarta : Depdiknas
·      Wardiman, dkk. 2009. English in Focus for Grade VII Junior High School. Bandung : Disdik Jabar
·      Script percakapan yang di dalamnya terdapat ungkapan greeting, introduce your self and other, prohibitions and commanding.

6. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
1.      Menyapa yang (belum/sudah dikenal)
2.      Memperkenalkan diri sendiri/orang lain.
3.      Memerintah/melarang


Unjuk kerja
Unjuk kerja
Unjuk kerja


Uji petik kerja
Uji petik kerja
Uji petik kerja



Create a dialogue with using greeting!
Create a dialogue about introduce!
Create a dialogue with using commanding/prohibitions!
Pedoman Penilaian
Nilai Peserta didik =
Mengetahui,
Kepala SMPN Satap 1 Babakanmindi,



Abdul Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP  19630305 198602 1 005

Curugkembar,       Juli   2015
Guru Mata Pelajaran,




Dadan Suandi, S.Pd.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah          : SMPN Satap 1 Babakanmindi
Mata Pelajaran         : Bahasa Inggris
Kelas/Semester         : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi   : 3.     Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan      interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar      : 3.2  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
Alokasi Waktu             : 4 x 40 menit ( 2x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu :
  • Bertanya dan menjawab tentang meminta dan memberi informasi
  • Bertanya dan menjawab tentang mengucapkan terima kasih
Pertemuan kedua
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu :
  • Bertanya dan menjawab tentang meminta maaf
  • Bertanya dan menjawab tentang mengungkapkan dan merespons kesantunan

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )

B. Materi Pembelajaran
Example  dialogue of expressions asking and giving information
Budi            : Where do you usually play tennis?
Tina            : We play at the tenis court next to the post office.

Example  dialogue of expressions gratitude
Budi            : Thank you, Tina. I’ll come.
Tina            : You’re welcome. See you, then.

Example  dialogue of expressions apology
Situation : Diana forget to feed her cat, Dora. Her mother is upset.
Diana: Mom, I’m sorry, I forgot to feed Dora.
Mother: What? How could you forget? Oh, OK… Never mind. But next time don’t forget.

Example  dialogue of expressions politeness
Mrs. Abbas            : Excuse me, I’d like a box of chocolates for my friend.
Assistant    : Yes, Madam..

C. Metode Pembelajaran: Three-Phase Technique





D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
 Kegiatan Awal
F  Mengondisikan kelas (mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F  Apersepsi (Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang expressions asking and giving information, expressions gratitude)
F  Motivasi (Peserta didik diberi gambaran tentang manfaat expressions asking and giving information, expressions gratitude)
F  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
F  Peserta didik membaca contoh dialog  yang di dalamnya terdapat expressions asking and giving information, expressions gratitude dengan tekun dan teliti.
F  Peserta didik duduk berpasangan.
Elaborasi
F  Peserta didik bertanya jawab (berdialog) tentang expressions asking and giving information, expressions gratitude sesuai dengan ilustrasi yang diberikan.
Konfirmasi
F  Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang berdialog yang telah dilakukannya.
   Kegiatan Akhir
F  Peserta didik  dan guru mengadakan refleksi.
F  Peserta didik mendapatkan informasi pembelajaran selanjutnya, yaitu expressions apology and politeness.
Pertemuan kedua
 Kegiatan Awal
F  Mengondisikan kelas (mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F  Apersepsi (Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang expressions apology and politeness)
F  Motivasi (Peserta didik diberi gambaran tentang manfaat expressions apology and politeness)
F  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
F  Peserta didik membaca contoh dialog  yang di dalamnya terdapat expressions apology and politeness dengan tekun dan teliti.
F  Peserta didik duduk berpasangan.
Elaborasi
F  Peserta didik bertanya jawab (berdialog) tentang expressions apology and politeness sesuai dengan ilustrasi yang diberikan.
Konfirmasi
F  Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang berdialog yang telah dilakukannya.
   Kegiatan Akhir
F  Peserta didik  dan guru mengadakan refleksi.
F  Peserta didik mendapatkan informasi pembelajaran selanjutnya, yaitu memberi instruksi.

E. Sumber belajar
·      Priyana, dkk. 2008. Scaffolding English for Junior High School Students Grade VII. Jakarta : Depdiknas
·      Wardiman, dkk. 2009. English in Focus for Grade VII Junior High School. Bandung : Disdik Jabar
·      Script percakapan yang di dalamnya terdapat ungkapan meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan dan merespons kesantunan

F. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Bertanya dan menjawab
tentang :
  1. Meminta dan memberi informasi


  1. Mengucapkan terima kasih

  1. Meminta maaf


  1. Mengungkapkan dan merespons kesantunan





Unjuk Kerja


Unjuk Kerja

Unjuk Kerja

Unjuk kerja





Uji petik kerja


Uji petik kerja

Uji petik kerja

Uji petik kerja





Create a dialogue with using expression asking and giving information!

 Create a dialogue with using expression gratitude!

Create a dialogue with using expression apology!

Create a dialogue with using expression politeness!

Pedoman penilaian
Nilai peserta didik =
           
Mengetahui,
Kepala SMPN Satap 1 Babakanmindi,




Abdul Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP  19630305 198602 1 005

Curugkembar,                            2015
Guru Mata Pelajaran,




Dadan Suandi, S.Pd.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah          : SMPN Satap 1 Babakanmindi
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester         : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi   : 2.    Memahami makna dalam  teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar      : 2.1   Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional  pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Alokasi Waktu             : 4 x 40 menit ( 2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu :
o   Menentukan makna dalam teks lisan fungsional pendek berupa instruksi dan daftar  benda / barang
  • Mengidentifikasi tujuan teks fungsional
  • Mengidentifikasi bentuk teks fungsional
Pertemuan kedua
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu :
  • Menentukan makna dalam teks lisan fungsional pendek berupa ucapan selamat dan pengumuman.
  • Mengidentifikasi tujuan teks fungsional
  • Mengidentifikasi bentuk teks fungsional

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )

B.   Materi Pembelajaran

Contoh instruksi (instruction)
1.      park here
2.      push
3.      keep tidy
4.      put off your shoes
5.      put your bag here
6.      turn of your computer before you leave the room
7.      put the rubbish into the dustbin
Contoh daftar barang/benda
 Things in the classroom
1.      Clock                7. Bag    
2.      Chair                8. Ruler  
3.      Table                 9. Cupboard               
4.      Pen                   10. Eraser
5.      Book                 11. Window     
6.      Door                 12. Pencil


Contoh pengumuman
Announcement
For : Students of grades VII and VIII

The school holds a Story Telling Competition on 28 October at the school hall.
For more information and registration, contact Laila at the Student’s Association office.

                                                                               Student’s Association office
Contoh ucapan selamat
Dear Eliza,
I wish you happiness and success in your life.
                                            Love,
                                           Lina
C. Metode Pembelajaran
     Contextual Teaching Learning
  • Pemodelan
  • Inquiry

D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Kegiatan Awal
F  Mengondisikan kelas (mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F  Apersepsi (Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang instruction and list item/thing)
F  Motivasi (Peserta didik diberi gambaran tentang manfaat instruction and list item/thing)
F  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
F  Peserta didik mendengarkan dengan rasa hormat dan penuh perhatian pembacaan instruction and list item/thing yang dilakukan seorang peserta didik sebagai model dan dipercaya mampu melakukannya.
Elaborasi
F  Peserta didik dengan tekun, berani dan bertanggung jawab menentukan makna dalam teks lisan fungsional pendek berupa instruction and list item/thing  yang didengarnya tersebut.
F  Peserta didik mengidentifikasi tujuan teks fungsional tersebut.
F  Peserta didik mengidentifikasi bentuk teks fungsional tersebut.
Konfirmasi
F  Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang makna teks fungsional pendek (instruction and list item/thing) tersebut.
 Kegiatan Akhir
F  Peserta didik  dan guru mengadakan refleksi.
F  Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada pertemuan yang akan datang, yaitu menentukan makna teks fungsional pendek berupa ucapan selamat dan pengumuman.

Pertemuan kedua
Kegiatan Awal
F  Mengondisikan kelas (mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F  Apersepsi (Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang greeting card  and announcement)
F  Motivasi (Peserta didik diberi gambaran tentang manfaat greeting card  and announcement)
F  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
F  Peserta didik mendengarkan dengan rasa hormat dan penuh perhatian pembacaan greeting card  and announcement yang dilakukan seorang peserta didik sebagai model dan dipercaya mampu melakukannya
Elaborasi
F  Peserta didik dengan tekun, berani dan bertanggung jawab menentukan makna dalam teks lisan fungsional pendek berupa greeting card  and announcement  yang didengarnya tersebut.
F  Peserta didik mengidentifikasi tujuan teks fungsional tersebut.
F  Peserta didik mengidentifikasi bentuk teks fungsional tersebut.
Konfirmasi
F  Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang makna teks fungsional pendek (greeting card  and announcement) tersebut.
 Kegiatan Akhir
F  Peserta didik  dan guru mengadakan refleksi.
F  Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada pertemuan yang akan datang, yaitu mengidentifikasi  makna teks fungsional pendek.

E. Sumber belajar
·      Priyana, dkk. 2008. Scaffolding English for Junior High School Students Grade VII. Jakarta : Depdiknas
·      Wardiman, dkk. 2009. English in Focus for Grade VII Junior High School. Bandung : Disdik Jabar
·      Teks fungsional pendek berupa instruksi, daftar barang, ucapan selamat, dan pengumuman.

F. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1. Menentukan makna dalam teks lisan fungsional pendek berupa:
   - Instruksi
         - Daftar  benda/
            barang
        -Ucapan selamat
        - Pengumuman
2. Mengidentifikasi tujuan teks fungsional
3. Mengidentifikasi bentuk teks fungsional
Tes tulis








Tes tulis

Tes tulis

Uraian








Uraian

Uraian
o   Listen the text and answer the questions!







o   What is the purpose of functional text above?
o   What is kind of functional text above?

Pedoman Penilaian
Nilai Peserta didik =

Mengetahui,
Kepala SMPN Satap 1 Babakanmindi,




Abdul Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP  19630305 198602 1 005

Curugkembar,       Agustus  2016
Guru Mata Pelajaran,




Dadan Suandi, S.Pd.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah          : SMPN Satap 1 Babakanmindi
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester         : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi   : 2.    Memahami makna dalam  teks lisan fungsional pendek sangat sederhana  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar      : 2.2  Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional    pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Alokasi Waktu             : 4 x 40 menit ( 2 x pertemuan)

1.    Tujuan Pembelajaran
      Pertemuan pertama
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu :
·      Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek berupa instruction dan  shopping list
·      Mengidentifikasi makna interpersonal teks lisan fungsional pendek pendek berupa instruction dan  shopping list.
·      Mengidentifikasi makna tersirat dalam teks lisan fungsional pendek pendek berupa instruction dan  shopping list.
      Pertemuan kedua
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu :
·      Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek berupa greeting card and announcement
·      Mengidentifikasi makna interpersonal teks lisan fungsional pendek pendek berupa greeting card and announcement
·      Mengidentifikasi makna tersirat dalam teks lisan fungsional pendek pendek berupa greeting card and announcement

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )

2.    Materi Pembelajaran
Teks lisan fungsional pendek :
·         Instruction
·         Shopping list
·         Greeting card
·         Announcement

3.    Metode Pembelajaran
Contextual Teaching Learning
·         Pemodelan
·         Inquiry

4.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Kegiatan Awal
F  Mengondisikan kelas (mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F  Apersepsi (Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang teks fungsional pendek berupa instruction and shopping list)
F  Motivasi (Peserta didik diberi gambaran tentang manfaat teks fungsional pendek berupa instruction and shopping list)
F  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
F  Peserta didik mendengarkan dengan rasa hormat dan penuh perhatian pembacaan teks fungsional pendek berupa instruction and shopping list yang dilakukan seorang peserta didik sebagai model dan dipercaya mampu melakukannya
Elaborasi
F  Peserta didik dengan tekun, berani, dan bertanggung jawab mengidentifikasi makna gagasan dalam teks fungsional pendek berupa instruction and shopping list yang telah didengarnya tersebut.
F  Peserta didik mengidentifikasi makna interpersonal teks fungsional pendek tersebut.
F  Peserta didik mengidentifikasi makna tersirat teks fungsional pendek tersebut.
Konfirmasi
F  Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang makna gagasan,  interpersonal, dan makna tersirat teks fungsional pendek (instruction and shopping list) tersebut.
 Kegiatan Akhir
F  Peserta didik  dan guru mengadakan refleksi.
F  Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada pertemuan yang akan datang, yaitu menentukan makna teks fungsional pendek berupa ucapan selamat dan pengumuman.

Pertemuan kedua
Kegiatan Awal
F  Mengondisikan kelas (mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F  Apersepsi (Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang teks fungsional pendek berupa greeting card  and announcement)
F  Motivasi (Peserta didik diberi gambaran tentang manfaat teks fungsional pendek berupa greeting card  and announcement)
F  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
F  Peserta didik mendengarkan dengan rasa hormat dan penuh perhatian pembacaan teks fungsional pendek berupa greeting card  and announcement yang dilakukan seorang peserta didik sebagai model dan dipercaya mampu melakukannya
Elaborasi
F  Peserta didik dengan tekun, berani, dan bertanggung jawab mengidentifikasi makna gagasan dalam teks fungsional pendek berupa greeting card and announcement yang telah didengarnya tersebut.
F  Peserta didik mengidentifikasi makna interpersonal teks fungsional pendek tersebut.
F  Peserta didik mengidentifikasi makna tersirat teks fungsional pendek tersebut.
Konfirmasi
F  Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang makna gagasan,  interpersonal, dan makna tersirat teks fungsional pendek (greeting card  and announcement) tersebut.
 Kegiatan Akhir
F  Peserta didik  dan guru mengadakan refleksi.
F  Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada pertemuan yang akan datang, yaitu
mengidentifikasi  makna teks fungsional pendek.

5. Sumber belajar
·      Priyana, dkk. 2008. Scaffolding English for Junior High School Students Grade VII. Jakarta : Depdiknas
·      Wardiman, dkk. 2009. English in Focus for Grade VII Junior High School. Bandung : Disdik Jabar
·      Teks fungsional pendek berupa instruksi, daftar barang, ucapan selamat, dan pengumuman.




6. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1.   Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek berupa:
-   Instruksi

-   Shopping list
-   Greeting card
       -  Announcement


2.      Mengidentifikasi makna interpersonal teks lisan fungsional pendek







3.    Mengidentifikasi makna tersirat dalam teks lisan fungsional pendek



Tes lisan

Tes tulis       


Unjuk    
kerja

Tes tulis










Tes tulis
  



Daftar pertanyaan
Game


Melengkapi


T/F


Pilihan ganda

Menjodoh
kan

Respon dg tindakan

Uraian





Listen and answer the questions orally!
 Listen and mention as many shopping list items as you can remember
Listen to the announcement and fill in the blank spaces

Write down T/F for the statements below

Choose the best answer by crossing a, b, c, or d

Match the statements in list A and B

Listen to the instruction and do it!


What is meaning implied of  short functional text?

Pedoman Penilaian
Nilai Peserta didik =

Mengetahui,
Kepala SMPN Satap  Babakanmindi,




Abdul Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP  19630305 198602 1 005

Curugkembar,       Agustus 2016
Guru Mata Pelajaran,




Dadan Suandi, S.Pd.















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           : SMPN Satap 1 Babakanmindi
Mata Pelajaran         : Bahasa Inggris
Kelas/Semester         :       VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi   : 4.    Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar     : 4.1    Mengungkapkan makna tindak tutur dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Alokasi Waktu         : 8 x 40 menit ( 4 x pertemuan )

. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu memberi instruksi.
Pertemuan kedua
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu menyebutkan daftar barang.
Pertemuan ketiga
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu mengucapkan selamat
Pertemuan keempat
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu mengumumkan sesuatu dengan singkat

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )

B. Materi Pembelajaran
Teks fungsional pendek berbentuk :
·         Instruksi
·         Daftar barang
·         Ucapan selamat
·         Pengumuman

C. Metode Pembelajaran: Three-Phase Technique

D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
 Kegiatan Awal
F  Mengondisikan kelas (mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F  Apersepsi (Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang instruksi)
F  Motivasi (Peserta didik diberi gambaran tentang cara memberi instruksi)
F  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
F  Peserta didik mendengarkan contoh memberi instruksi dengan tekun dan teliti.
Elaborasi
F  Peserta didik memberi instruksi dengan baik dan benar
Konfirmasi
F  Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang cara memberi instruksi yang telah dilakukannya.
   Kegiatan Akhir
F  Peserta didik  dan guru mengadakan refleksi.
F  Peserta didik mendapatkan informasi pembelajaran selanjutnya, yaitu menyebutkan daftar barang.

Pertemuan kedua
 Kegiatan Awal
F  Mengondisikan kelas (mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F  Apersepsi (Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang daftar barang)
F  Motivasi (Peserta didik diberi gambaran tentang cara menyebutkan daftar barang)
F  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
F  Peserta didik mendengarkan contoh mmenyebutkan daftar barang dengan tekun dan teliti.
Elaborasi
F  Peserta didik menyebutkan daftar barang dengan baik dan benar
Konfirmasi
F  Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang cara menyebutkan daftar barang yang telah dilakukanya.
   Kegiatan Akhir
F  Peserta didik  dan guru mengadakan refleksi.
F  Peserta didik mendapatkan informasi pembelajaran selanjutnya, yaitu memberi ucapan selamat.

Pertemuan ketiga
 Kegiatan Awal
F  Mengondisikan kelas (mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F  Apersepsi (Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang ucapan selamat)
F  Motivasi (Peserta didik diberi gambaran tentang cara mengucapkan selamat)
F  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
F  Peserta didik mendengarkan contoh mengucapkan selamat dengan tekun dan teliti.
Elaborasi
F  Peserta didik mengucapkan selamat dengan baik dan benar.
Konfirmasi
F  Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang cara mengucapkan selamat yang telah dilakukannya.
   Kegiatan Akhir
F  Peserta didik  dan guru mengadakan refleksi.
F  Peserta didik mendapatkan informasi pembelajaran selanjutnya, yaitu mengumumkan sesuatu.

Pertemuan keempat
 Kegiatan Awal
F  Mengondisikan kelas (mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F  Apersepsi (Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang pengumuman)
F  Motivasi (Peserta didik diberi gambaran tentang cara mengumumkan)
F  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
F  Peserta didik mendengarkan contoh mengumumkan dengan tekun dan teliti.
Elaborasi
F  Peserta didik mengumumkan sesuatu secara singkat dengan baik dan benar
Konfirmasi
F  Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang mengumumkan sesuatu yang telah dilakukannya.
   Kegiatan Akhir
F  Peserta didik  dan guru mengadakan refleksi.
F  Peserta didik mendapatkan informasi pembelajaran selanjutnya, yaitu memberi instruksi.

E. Sumber belajar
·      Priyana, dkk. 2008. Scaffolding English for Junior High School Students Grade VII. Jakarta : Depdiknas
·      Wardiman, dkk. 2009. English in Focus for Grade VII Junior High School. Bandung : Disdik Jabar
·      Teks fungsional pendek berbentuk instruksi, daftar barang, pengumuman dan ucapan selamat

F. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1.Memberi instruksi

2.Menyebut daftar benda



3.Mengucapkan selamat




4.Mengumumkan dengan
   singkat


Tes lisan

Unjuk kerja



Unjuk kerja




Unjuk kerja

1.Membahasakan   
   Gambar
2.Uji Petik



3.Uji Petik




4. Uji Petik


1.  Give an instruction based on   the picture shown!
2.  Mention 5 things you have in :
     a. Your bag
     b. Your bedroom
3.  What would you say to a   
     friend :
     a. on his/her birthday
     b. in weekends
     c. if he/she has got the best  in class
4.  inform your friend about the
     coming flag ceremony  
     through an announcement


Pedoman penilaian
Nilai peserta didik =
           
Mengetahui,
Kepala SMPN Satap 1 Babakanmindi,



Abdul Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP  19630305 198602 1 005

Curugkembar,                            2015
Guru Mata Pelajaran,



Dadan Suandi, S.Pd.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             : SMPN Satap 1 Babakanmindi
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi     : 4. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat  sederhana  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar       : 4.2 Mengungkapkan makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Alokasi Waktu             : 8 x 40 menit ( 4 x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu memberi instruksi secara lisan.
Pertemuan kedua
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu menyebutkan daftar barang yang dibutuhkan.
Pertemuan ketiga
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu memberi ucapan selamat
Pertemuan keempat
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu mengumumkan sesuatu

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )

B. Materi Pembelajaran
Teks fungsional pendek berbentuk :
·         Instruksi
·         Daftar barang
·         Ucapan selamat
·         Pengumuman

C. Metode Pembelajaran: Three-Phase Technique

D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
 Kegiatan Awal
F  Mengondisikan kelas (mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F  Apersepsi (Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang instruksi)
F  Motivasi (Peserta didik diberi gambaran tentang cara memberi instruksi)
F  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
F  Peserta didik mendengarkan contoh memberi instruksi dengan tekun dan teliti.
Elaborasi
F  Peserta didik memberi instruksi dengan baik dan benar
Konfirmasi
F  Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang cara memberi instruksi yang telah dilakukannya.
   Kegiatan Akhir
F  Peserta didik  dan guru mengadakan refleksi.
F  Peserta didik mendapatkan informasi pembelajaran selanjutnya, yaitu menyebutkan daftar barang.

Pertemuan kedua
 Kegiatan Awal
F  Mengondisikan kelas (mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F  Apersepsi (Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang daftar barang)
F  Motivasi (Peserta didik diberi gambaran tentang cara menyebutkan daftar barang)
F  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
F  Peserta didik mendengarkan contoh menyebutkan daftar barang dengan tekun dan teliti.
Elaborasi
F  Peserta didik menyebutkan daftar barang yang dibutuhkan dengan baik dan benar
Konfirmasi
F  Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang cara menyebutkan daftar barang yang telah dilakukanya.
   Kegiatan Akhir
F  Peserta didik  dan guru mengadakan refleksi.
F  Peserta didik mendapatkan informasi pembelajaran selanjutnya, yaitu memberi ucapan selamat.

Pertemuan ketiga
 Kegiatan Awal
F  Mengondisikan kelas (mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F  Apersepsi (Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang ucapan selamat)
F  Motivasi (Peserta didik diberi gambaran tentang cara mengucapkan selamat)
F  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
F  Peserta didik mendengarkan contoh mengucapkan selamat dengan tekun dan teliti.
Elaborasi
F  Peserta didik mengucapkan selamat dengan baik dan benar.
Konfirmasi
F  Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang cara mengucapkan selamat yang telah dilakukannya.
   Kegiatan Akhir
F  Peserta didik  dan guru mengadakan refleksi.
F  Peserta didik mendapatkan informasi pembelajaran selanjutnya, yaitu mengumumkan sesuatu.

Pertemuan keempat
 Kegiatan Awal
F  Mengondisikan kelas (mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F  Apersepsi (Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang pengumuman)
F  Motivasi (Peserta didik diberi gambaran tentang cara mengumumkan)
F  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
F  Peserta didik mendengarkan contoh mengumumkan dengan tekun dan teliti.
Elaborasi
F  Peserta didik mengumumkan sesuatu dengan baik dan benar
Konfirmasi
F  Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang mengumumkan sesuatu yang telah dilakukannya.
   Kegiatan Akhir
F  Peserta didik  dan guru mengadakan refleksi.
F  Peserta didik mendapatkan informasi pembelajaran selanjutnya, yaitu melafalkan kata.

E. Sumber belajar
·      Priyana, dkk. 2008. Scaffolding English for Junior High School Students Grade VII. Jakarta : Depdiknas
·      Wardiman, dkk. 2009. English in Focus for Grade VII Junior High School. Bandung : Disdik Jabar
·      Teks fungsional pendek berbentuk instruksi, daftar barang, pengumuman dan ucapan selamat

F. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1.      Memberi insruksi secara lisan.

2.      Menyebutkan daftar barang yang dibutuhkan.

3.      Memberi ucapan selamat



4.      Mengumumkan sesuatu


Tes lisan


Tes lisan


Unjuk kerja


Unjuk kerja

Membahasakan gambar

Uraian


Uji Petik



Uji Petik

1. Give instruction to your
    friend based on the picture.

2. Mention the things that you
   find in your bedroom

3. Congratulate your friend on   
    his / her success in doing       
    something
  
4. Tell your friend about the 
    coming school holiday
Pedoman penilaian
Nilai peserta didik =
           
Mengetahui,
Kepala SMPN Satap 1 Babakanmindi,



Abdul Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP  19630305 198602 1 005

Curugkembar,                            2015
Guru Mata Pelajaran,



Dadan Suandi, S.Pd.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah             : SMPN Satap 1 Babakanmindi
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi     :  5. Memahami  makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar       :  5.1 Membaca nyaring bermakna kata, frasa, dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Alokasi Waktu             : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)

A.       Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu:
Ø Melafalkan kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar
Ø Membaca kata frasa dan kalimat dengan intonasi yang benar
Pertemuan kedua
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu membaca nyaring dengan baik dan benar

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )

B.     Materi Pembelajaran
·         Pronunciation (lafal)
·         Stress (tekanan)
·         Intonation (intonasi)

C.       Metode Pembelajaran:  Three-Phase Technique

D.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
 Kegiatan Awal
F  Mengondisikan kelas (mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F  Apersepsi (Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang lafal dan intonasi)
F  Motivasi (Peserta didik diberi gambaran tentang cara mengucapkan lafal dan intonasi yang baik dan benar)
F  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
F  Peserta didik mencermati teks fungsional pendek dengan tekun dan teliti.
Elaborasi
F  Peserta didik melafalkan kata, frasa dan kalimat teks tersebut dengan baik dan benar.
F  Peserta didik membaca kata frasa dan kalimat teks tersebut dengan intonasi yang benar
Pertemuan kedua
F  Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu membaca nyaring dengan baik dan benar
Konfirmasi
F  Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang cara membaca kata frasa dan kalimat dengan intonasi yang benar
   Kegiatan Akhir
F  Peserta didik  dan guru mengadakan refleksi.
F  Peserta didik mendapatkan informasi pembelajaran selanjutnya, yaitu membaca nyaring teks fungsional pendek.
Pertemuan kedua
 Kegiatan Awal
F  Mengondisikan kelas (mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F  Apersepsi (Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang membaca nyaring)
F  Motivasi (Peserta didik diberi gambaran tentang cara membaca nyaring)
F  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
F  Peserta didik mencermati teks fungsional pendek dengan tekun dan teliti.
Elaborasi
F  Peserta didik membaca nyaring dengan baik dan benar
Konfirmasi
F  Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang cara membaca nyaring yang benar
   Kegiatan Akhir
F  Peserta didik  dan guru mengadakan refleksi.
F  Peserta didik mendapatkan informasi pembelajaran selanjutnya, yaitu mengidentifikasi teks fungsional pendek berbentuk instruksi.

E.  Sumber belajar
·      Priyana, dkk. 2008. Scaffolding English for Junior High School Students Grade VII. Jakarta : Depdiknas
·      Wardiman, dkk. 2009. English in Focus for Grade VII Junior High School. Bandung : Disdik Jabar
·      Teks fungsional pendek

F.   Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Melafalkan kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar
Ø  Membaca kata frasa dan kalimat dengan intonasi yang benar
Ø  Membaca nyaring dengan baik dan benar
Tes unjuk kerja

Tes unjuk kerja

Tes unjuk kerja 
Uji petik kerja

Uji petik kerja

Uji petik kerja
Ø  Read the sentences aloud!


Ø  Read the all the sentences loudly and carefully.

Ø  Read aloud the text.
Pedoman penilaian
Nilai peserta didik =
           
Mengetahui,
Kepala SMPN Satap 1 Babakanmindi,



Abdul Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP  19630305 198602 1 005

Curugkembar,                            2015
Guru Mata Pelajaran,



Dadan Suandi, S.Pd.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah             : SMPN Satap 1 Babakanmindi
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi     : 5. Memahami  makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar       :  5.2 Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek  sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Alokasi Waktu             : 4 x 40 menit ( 2 x pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu :
·   Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk instruksi dan daftar barang
·   Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks yang dibaca
·      Membahas tujuan teks fungsional yang telah dibahas.
Pertemuan kedua
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu :
§  Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk  kartu ucapan dan pengumuman
§  Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks yang dibaca
·         Membahas tujuan teks fungsional yang telah dibahas

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B.  Materi Pembelajaran
Short functional text :
·    Instruction
·      List items
·      Greeting card
·      Announcement

C.  Metode Pembelajaran: Three-Phase Technique

D.  Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
 Kegiatan Awal
F  Mengondisikan kelas (mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F  Apersepsi (Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang instruksi dan daftar barang)
F  Motivasi (Peserta didik diberi gambaran tentang manfaat instruksi dan daftar barang)
F  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
F  Peserta didik membaca teks fungsional pendek berbentuk instruksi dan daftar barang dengan tekun dan teliti.
Elaborasi
F  Peserta didik mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk instruksi dan daftar barang.
F  Peserta didik mengidentifikasi ciri kebahasaan teks yang dibaca
F  Peserta didik membahas tujuan teks fungsional yang telah dibahas
Konfirmasi
F  Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang informasi, ciri kebahasaan, dan tujuan teks fungsional pendek berbentuk instruksi dan daftar barang.
   Kegiatan Akhir
F  Peserta didik  dan guru mengadakan refleksi.
F  Peserta didik mendapatkan informasi pembelajaran selanjutnya, yaitu greeting card.
Pertemuan kedua
 Kegiatan Awal
F  Mengondisikan kelas (mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F  Apersepsi (Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang kartu ucapan dan pengumuman)
F  Motivasi (Peserta didik diberi gambaran tentang manfaat kartu ucapan dan pengumuman)
F  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
F  Peserta didik membaca teks fungsional pendek berbentuk kartu ucapan dan pengumuman dengan tekun dan teliti.
Elaborasi
F  Peserta didik mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk kartu ucapan dan pengumuman
F  Peserta didik mengidentifikasi ciri kebahasaan teks yang dibaca
F  Peserta didik membahas tujuan teks fungsional yang telah dibahas
Konfirmasi
F  Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang informasi, ciri kebahasaan, dan tujuan teks fungsional pendek berbentuk kartu ucapan dan pengumuman.
   Kegiatan Akhir
F  Peserta didik  dan guru mengadakan refleksi.
F  Peserta didik mendapatkan informasi pembelajaran selanjutnya, yaitu birthday card.

E.   Sumber belajar
·      Priyana, dkk. 2008. Scaffolding English for Junior High School Students Grade VII. Jakarta : Depdiknas
·      Wardiman, dkk. 2009. English in Focus for Grade VII Junior High School. Bandung : Disdik Jabar
·      Teks instruksi, daftar barang, kartu ucapan, dan pengumuman

F.   Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk instruksi, daftar barang, kartu ucapan, dan pengumuman
2.      Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks yang dibaca
3.      Membahas tujuan masing-masing teks fungsional yang telah dibahas.
Tes tulis



Tes  tulis

Tes tulis

Uraian



Uraian

Uraian

Answer the question below!



What is the characteristic of the text!
What’s the purpose of the text?

Pedoman penilaian
Nilai peserta didik =
Mengetahui,
Kepala SMPN Satap 1 Babakanmindi,



Abdul Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP  19630305 198602 1 005

Curugkembar,                            2015
Guru Mata Pelajaran,



Dadan Suandi, S.Pd.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah             : SMPN Satap 1 Babakanmindi
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi     : 6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional  pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar       :  6.1 Mengungkapkan makna gagasan dalam teks tulis fungsional pendek  sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Alokasi Waktu             : 6 x 40 menit ( 3 x pertemuan )

A.     Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu melengkapi teks fungsional pendek (birthday card dan greeting card)
 Pertemuan kedua
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu menyusun kata/urutan kata menjadi kalimat yang padu
Pertemuan ketiga
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu menulis teks fungsional pendek (birthday card dan greeting card)

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B.       Materi Pembelajaran
Birthday card digunakan untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada yang merayakannya.
       Sebuah birthday card terdiri dari bagian-bagain berikut :
1. Greeting (salam), misalnya : Dear …
2. Body/Message, yaitu isi/pesan
3. Complimentary closing, misalnya : Love
4. Sender, yaitu pengirim kartu
Example :
Dear Eliza

I wish you happiness and success in your life.

                                                    Love,
                                                     Lina

Greeting Card
Hello, Felli

How’s going?
We’re waiting for your coming…
Please, go home.

                                        Miss you so much
                                        Hana, you beloved sister
                                        Mum and Dad

C. Metode Pembelajaran: Three-Phase Technique


D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
 Kegiatan Awal
F  Mengondisikan kelas (mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F  Apersepsi (Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang birthday card dan greeting card.
F  Motivasi (Peserta didik diberi gambaran tentang melengkapi birthday card dan greeting card)
F  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
F  Peserta didik membaca teks birthday card dan greeting card dengan tekun dan teliti.
F  Peserta didik  dengan bimbingan guru membahas isi birthday card dan greeting card tersebut.
Elaborasi
F  Peserta didik melengkapi teks fungsional pendek (birthday card dan greeting card)
F  Peserta didik mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru.
Konfirmasi
F  Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang birthday card dan greeting card yang lengkapnya.
Kegiatan Akhir
F  Peserta didik  dan guru mengadakan refleksi.
F  Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada pertemuan yang akan datang, yaitu menyusun kata acak menjadi kalimat yang padu.

Pertemuan kedua
 Kegiatan Awal
F  Mengondisikan kelas (mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F  Apersepsi (Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang birthday card dan greeting card.
F  Motivasi (Peserta didik diberi gambaran tentang melengkapi birthday card dan greeting card)
F  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
F  Peserta didik memahami kata-kata yang disediakan sekaligus mengartikannya dengan tekun dan teliti.
Elaborasi
F  Peserta didik menyusun kata/urutan kata menjadi kalimat yang padu
F  Peserta didik mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru.
Konfirmasi
F  Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang urutan kata yang tepat.
Kegiatan Akhir
F  Peserta didik  dan guru mengadakan refleksi.
F  Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada pertemuan yang akan datang, yaitu menulis birthday card dan greeting card

Pertemuan ketiga
 Kegiatan Awal
F  Mengondisikan kelas (mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F  Apersepsi (Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang langkah retorika birthday card dan greeting card.
F  Motivasi (Peserta didik diberi gambaran tentang cara menulis birthday card dan greeting card)
F  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
F  Peserta didik membaca teks birthday card dan greeting card dengan tekun dan teliti.
F  Peserta didik  dengan bimbingan guru membahas langkah retorika/bagian teks birthday card dan greeting card tersebut.

Elaborasi
F  Peserta didik menulis teks fungsional pendek (birthday card dan greeting card)
F  Peserta didik mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru.
Konfirmasi
F  Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang menulis teks birthday card dan greeting card yang telah dilakukanya.
   Kegiatan Akhir
F  Peserta didik  dan guru mengadakan refleksi.

E. Sumber belajar
·      Priyana, dkk. 2008. Scaffolding English for Junior High School Students Grade VII. Jakarta : Depdiknas
·      Wardiman, dkk. 2009. English in Focus for Grade VII  Junior High School. Bandung : Disdik Jabar
·      Teks birthday card dan greeting card

F. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·         Melengkapi teks fungsional pendek (birthday card dan greeting card)

·         Menyusun kata/urutan kata menjadi kalimat yang padu

·         Menulis teks fungsional pendek (birthday card dan greeting card)


Tes tulis



Tes tulis


Tes tulis
Melengkapi



Menyusun  Kalimat

Esai
Complete  the following birthday card and greeting card with the words provided in the box!

Arranged the jumbled words   into good sentences
  
Make a greeting card (choose the topic you prefer: Happy birthday, Wedding, Season’s greeting)

Lampiran instrumen/soal :
Complete  the following greeting card with the words provided in the box.
Spend some time                      party                wait to see you
It’s been two months                last  time          I miss you
For Mira,
A best friend

Hi, Mira! How are you? … since the … we played basketball in my school yard. Let’s meet again and … at my house. How about having an “ayam bakar” … with my family? Can’t …
                                                                                                                              Love and Hug,
                                                                                                                                          Nina

Fill in the blanks the following birthday card with the words provided in the box.
wish                 birthday           today               starting        happy
Dear Dony,
            … you a very happy …. May … be  your … day for a … life.
                                                                              Yours,
                                                                              Anna                                                                           




Arranged the jumbled words  into good sentences
1.    you – a – happy – very – wish – birthday
2.    today – be – may – starting – your – for – day – a – life – happy
3.    wish – I – you – and – happiness – success – in – your – life
4.    we – waiting – are – your – for – waiting
5.    go – please – soon - home
Your teacher celebrates his birthday on 15 November. Write a birthday card and send it to him.

Read the following situation carefully then write its greeting card.
1.      Nina writes a greeting card to his best friend Fiza in Bandung. She writes that she wants to visit his sometimes and goes around Bandung all day long.
2.      Tika writes to her friend, Alifa, in Sukabumi that she misses her very much and asks Alifa to write her about Alifa’s activity lately.

Pedoman Penilaian
Nilai Peserta didik =

Mengetahui,
Kepala SMPN Satap 1 Babakanmindi,




Abdul Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP  19630305 198602 1 005

Curugkembar,                                 2015
Guru Mata Pelajaran,




Dadan Suandi, S.Pd.



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah             : SMPN Satap 1 Babakanmindi
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi     : 6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional  pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar       :  6.2 Mengungkapkan langkah retorika dalam teks tulis fungsional pendek  sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Alokasi Waktu             : 4 x 40 menit ( 2 x  Pertemuan )

A.  Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu membuat teks fungsional pendek (announcement dan short message)
     
      Pertemuan kedua
Pada akhir pembelajaran, peserta didik mampu menggunakan langkah retorika dalam menulis teks fungsional pendek (announcement dan short message)

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )

B. Materi Pembelajaran
Teks announcement biasanya terdiri atas bagian-bagian berikut :
    1. Head, misalnya Announcement
    2. Body, yaitu isi atau pesan dari pengumuman
    3. Closing, misalnya For more information, contact …
    4. Writer, yaitu pihak yang mengumumkan
Example :
ANNOUNCEMENT
Assignment for year VII students

Go to the library and borrow an english magazine. Find an article on school life and write a summary. nSubmit it next week.

See Mrs. Ratna in the teacher’s room for further information.

Mrs. Ratna
Teks short message biasanya terdiri atas bagian-bagian berikut :
1. Greeting (salam)
2. Body/message
3. Complimentary closing
4. Sender
Example :
Dear Nanda,

Please meet me at the library at 3:30 p.m. I’ll be waiting at the main entrance.

                                                                                                     See you later,
                                                                                                           Mega
C.     Metode Pembelajaran: Three-Phase Technique

D.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
 Kegiatan Awal
F  Mengondisikan kelas (mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F  Apersepsi (Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang announcement  dan  short message)
F  Motivasi (Peserta didik diberi gambaran tentang cara membuat teks announcement dan short message)
F  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
F  Peserta didik membaca contoh teks announcement dan short message dengan tekun dan teliti.
F  Peserta didik  dengan bimbingan guru membahas isi teks announcement dan short message tersebut.
Elaborasi
F  Peserta didik membuat teks fungsional pendek berbentuk announcement dan short message dengan cara melengkapi teks yang dirumpangkan tersebut.
F  Peserta didik mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru.
Konfirmasi
F  Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang melengkapi teks announcement  dan short message yang dirumpangkan tersebut.
Kegiatan Akhir
F  Peserta didik  dan guru mengadakan refleksi.
F  Peserta didik menerima informasi pembelajaran pada pertemuan yang akan datang, yaitu menggunakan langkah retorika dalam menulis teks fungsional pendek.

Pertemuan kedua
 Kegiatan Awal
F  Mengondisikan kelas (mengucapkan salam, berdoa, menyapa dan mengecek kehadiran peserta didik)
F  Apersepsi (Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang langkah retorika teks announcement dan short message)
F  Motivasi (Peserta didik diberi gambaran tentang cara menulis teks announcement dan short message berdasarkan langkah retorika)
F  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
F  Peserta didik membaca contoh teks announcement dan short message dengan tekun dan teliti.
F  Peserta didik  dengan bimbingan guru membahas langkah retorika teks announcement dan short message tersebut.
Elaborasi
F  Peserta didik menulis teks fungsional pendek berbentuk announcement dan short message dengan menggunakan langkah retorika..
F  Peserta didik mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru.
Konfirmasi
F  Peserta didik mendapat penguatan dari guru tentang menulis teks fungsional pendek berbentuk announcement dan short message dengan menggunakan langkah retorika yang telah dilakukannya.
Kegiatan Akhir
F  Peserta didik  dan guru mengadakan refleksi.

E.     Sumber belajar
·      Priyana, dkk. 2008. Scaffolding English for Junior High School Students Grade VII. Jakarta : Depdiknas
·      Wardiman, dkk. 2009. English in Focus for Grade VII Junior High School. Bandung : Disdik Jabar
·      Announcement text dan short message

F.      Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1.      Membuat teks fungsional pendek (announcement dan short message)




2.      Menggunakan langkah retorika dalam menulis teks fungsional pendek (announcement dan short message)
 Tes tulis






Tes tulis
Melengkapi






 Uraian

Complete the following announcement with the words in the box!

Complete each short message below. Then clues will guide you.

Write  a short announcement about a student activity at your school. Use the outline (langkah retorika) below.

Write a short message based on the given situation (Mrs. Ratna leaves early. She wants to leave a message for her daughter, Sinta  to sweep the floor, wash the dishes, don’t leave the lamp on)

Lampiran instrument/soal :
Complete the following announcement with the words in the box!
clean         sweep         dustbin             turn off                        close
                         ANNOUNCEMENT
            For : Year VII students
           
Before you leave the classroom :
1.         … the blackboard.
2.         … the floor.
3.         Put the rubbish in the …
4.         … the lamp.
5.         … the windows and doors.

Thank you,
 Mr. Gary
           
            Write an announcement. The school board is going to have a meeting on Thursday, 10th March, 2015 at 10 o’clock. School will be over at 9:30.
                        There will be a …
                        On … at …
The school …

Complete each short message below. Then clues will guide you.
  1. Write a note to your father. Ask him to pick you up at school at 3:00 p.m.. Tell him that you will be waiting at the gate.
Dad,
… at 3:00 p.m. I’ll be
  1. Leave a note for your friend, Dinda. Tell her that you are sorry. You will not be able to meet her on Friday. Ask her to call you later.
Dinda,
I’m …, I can’t … Just
Call …

  1. Write a note to your sister, Lisa. Tell her that you have to go early. Ask her to come to school.
 Lisa,
I have …, just …

Write  a short announcement about a student activity at your school. Use the outline (langkah retorika) below.
                                        Head …
Body …………………………………………………………...
………………………………………………………………….

Closing ………………………………………………………..

Writer …………………………………………………………

Write a short message based on the given situation (Mrs. Ratna leaves early. She wants to leave a message for her daughter, Sinta  to sweep the floor, wash the dishes, don’t leave the lamp on)

Pedoman Penilaian
Nilai Peserta didik =

Mengetahui,
Kepala SMPN Satap 1 Babakanmindi,




Abdul Asikin, S.Pd.I., M.M.Pd.
NIP  19630305 198602 1 005

Curugkembar,                        2015
Guru Mata Pelajaran,




Dadan Suandi, S.Pd.







































Comments

Popular posts from this blog

PROGRAM PENGAYAAN/LES KELAS IX

PROGRAM KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR (PENGAYAAN)   KELAS IX SMPN SATU ATAP BABAKANMINDI TAHUN PELAJARAN 2015-2016 A. PENDAHULUAN Pendidikan Nasional berfungsi untuk mengembangkan mutu kehidupan dan martabat manusia dalam rangka upaya mewujudkan tujuan nasional. Tetapi seiring dengan bergeraknya waktu, dapat diketahui bahwa pendidikan belum mampu menjawab tantangan dan fungsi pendidikan tersebut, hal ini disebabkan bukan semata kesalahan pengelola, melainkan pula lebih pada aspek kurangnya minat belajar siswa. Kegiatan pendidikan bukan suatu kegiatan yang murah apalagi berkaitan dengan “Mutu”. Dalam keadaan ekonomi masyarakat sedang mengalami kelesuan ditambah dengan biaya hidup yang serba mahal maka dana untuk pendidikan amatlah sulit. Banyak tantangan siswa yang harus segera diatasi, tetapi sarana prasarana dan kurangnya bimbingan belajar merupakan masalah yang selalu menjadi ganjalan. Hal ini umumnya selalu dihadapi oleh sekolah-sekolah di daerah, yaitu keinginan siswa

ANALISIS DONGENG "ADA KUPU-KUPU, ADA TAMU"

LK- 2.5 Analisis Dongeng Nama                          : Dadan Suandi, S.Pd. NUPTK                       : 6853 7616 6220 0002 Asal Sekolah            : SMPN 1 Curugkembar Bacalah dengan cermat dongeng di bawah ini! Ada Kupu-Kupu, Ada Tamu    Karya : Seno Gumira Adjidarma Taman di depan rumah kami kecil, penuh bunga. Aku tidak pernah tau nama-nama bunga itu. Aku tau semua bunga itu indah. Aku duduk di teras rumah, merasakan hangat matahari yang menerpaku. Aku sedang berpikir bagaimana bisa bunga ciptaan manusia lebih mahal dari ciptaan Tuhan.  Aku sedang berpikir tentang keberadaan bunga dan kulihat kupu-kupu itu datang, pergi dan datang lagi.             “ Wah, akan ada tamu ” kata istriku             “ Pasti? ”             “ Iya. Pasti ”             “ Kok bisa pasti ? ”             “ Bukankah kalau ada kupu-kupu tandanya pasti ada tamu ”             Aku melihat kupu-kupu itu dan berpikir tentang tamu.             “ Jangan-jangan tamu itu mau

Unsur Instrinsik dan Ekstrinsik Cerpen” Beras Aking”

Nama                     : Dadan Suandi, S.Pd. NUPTK                   : 6853761662200002 Asal Sekolah       : SMPN 1 Curugkembar Mengerjakan LK Tagihan LK 3.6 Analisis Unsur Instrinsik dan Ekstrinsik Cerpen” Beras Aking” BERAS AKING o leh : Ayu Pangestu INI pilihanku ! Aku harus menjalankan usaha beras aking ini!” tekadku tegas dalam hati Ya , aku tak mungkin menutup usahaku ini, yang sudah berjalan hampir satu tahun. Usaha yang tidak membawa keuntungan banyak, tapi ada kebanggaan di hati. Itu karena pengkonsumsi beras akingku adalah masyarakat miskin yang tidak mampu lagi membeli beras yang harganya sudah menggila, sementara cacing di perut terus menuntut atas kelaparannya. Dan usahaku ini adalah solusi untuk mereka dan cacing itu.Ya, makan nasi aking adalah sebuah pilihan rakyat miskin untuk tetap hidup. Aku tahu abah tidak suka dengan usahaku ini. Permasalahannya karena keuntungan yang aku peroleh kurang dari cukup. Untuk bisa membahagiakan bapak dan ibu